InspirasiTips dan Trik

Passing Grade UGM 2020 Terbaru Jurusan IPA / IPS – Universitas Gadjah Mada

Passing Grade UGM 2020 – Passing grade merupakan suatu presentase nilai yang digunakan sebagai pedoman untuk meluluskan seseorang dalam program studi di perguruan tinggi tertentu. Passing grade bisa juga didefinisikan sebagai batas nilai minimal yang harus seseorang penuhi ketika hendak memilih suatu program studi di perguruan tinggi tertentu. Setiap kampus mematok persentase passing grade yang berbeda-beda. Passing grade UGM tentu akan berbeda dengan kampus atau universitas lain. Setiap tahun angka persentase di setiap kampus pasti mengalami perubahan karena peminat program studi juga mempengaruhi. Perlu diketahui bahwa setiap kampus tidak pernah mempublikasikan nilai passing grade secara resmi.

Passing grade UGM menjadi perbincangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang akan masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. UGM ialah salah satu kampus terbaik di Kota Pelajar, Yogyakarta serta merupakan PTN favorit di Indonesia. Banyaknya kampus di Kota Pelajar dan biaya hidup yang murah dibanding kota lain menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Ukuran atau passing grade biasanya digunakan untuk mendaftar universitas melalui jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun Ujian Masuk UGM. Sebelum mengikuti tes jalur masuk sebaiknya lebih dulu mengenal program studi yang Kamu pilih dan bagaimana keketatan pada prodi tersebut dengan lainnya.

Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mulanya didirikan pada periode awal kemerdekaan. UGM di daulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggara pendidikan tinggi nasional. Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi tersebut merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi telah lebih dulu didirikan, diantaranya, yaitu Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, serta Akademi Ilmu Politik yang berlokasi di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten, yang kemudian disahkan dengan Peraturan Pemerintahan No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Tinggi menjadi Universitas. Sehingga tidak heran jika passing grade UGM menjadi satu hal yang harus diperhatikan bagi calon pendaftar. Walaupun Peraturan Pemerintah yang menjadi acuan berdirinya tertanggal 16 Desember 1949, UGM memperingati hari ulang tahun tanggal 19 Desember karena lekat dengan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

UGM Jaman Dahulu. Sumber: Kagama
UGM Jaman Dahulu. Sumber: Kagama

Nama Gadjah Mada memiliki makna tersendiri. Di dalamnya terkandung semangat dan teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Semangat Gadjah Mada inilah yang nantinya harus dimiliki mahasiswa baru. Teladan tersebut juga diterjemahkan ke dalam rumusan jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan. Sehingga tidak heran UGM menjadi pilihan calon mahasiswa walaupun untuk mencapai passing grade UGM tidaklah mudah.

Awal berdiri Universitas Gadjah Mada memiliki 6 fakultas diantaranya, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Hewan. UGM terus melakukan pengembangan baik dari fakultas, gedung kampus hingga fasilitas yang disediakan. Pada tanggal 19 Juli 1952 di Surabaya dibuka cabang Fakultas Hukum, Sosial serta politik. Cabang Surabaya pada bulan November 1954 dilepaskan dan dimasukkan sebagai salah satu fakultas pada Universitas Airlangga. Kemudian pada tahun 1952 Fakultas Hukum, Sosial dan Politik ditambah dengan Ekonomi menjadi Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (HESP). Bulan September tahun yang sama, Fakultas Pertanian menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Jurusan-jurusan di dalam setiap fakultas tersebut memiliki passing grade UGM yang berbeda-beda. Passing grade tersebut dipengaruhi oleh daya tampung setiap program studi. Jadi bagi Kamu yang ingin masuk fakultas tersebut perhatikan passing grade UGM pada setiap program studi.

September 1955 terjadi perubahan besar-besaran, perubahan fakultas pada saat itu, yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi dipisahkan menjadi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Farmasi. Kemudian, bagian Bakaloreat Biologi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi ditingkatkan menjadi Fakultas Biologi. Fakultas Hukum, Sosial, Ekonomi dan Politik dikembangkan menjadi tiga fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Sosial dan Politik. Bakaloreat Ilmu Pasti dan Bakaloreat Ilmu Alam Bagian Sipil Fakultas Teknik dijadikan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam. Fakultas Sastra, Pedagogik dan Filsafat berkembang menjadi 3 fakultas meliputi Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Filsafat. Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 2 bagian diantaranya, yaitu Bagian Pendidikan dan Bagian Bagian Pendidikan Jasmani. Kemudian juga ada perubahan nama pada Fakultas Kedokteran Hewan menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan. Banyaknya fakultas juga menjadi dasar untuk diterapkannya passing grade di UGM.

UGM Jaman Dahulu. Sumber: Pinimg
UGM Jaman Dahulu. Sumber: Pinimg

Kemudian pada tahun 1960 hingga tahun 1963 UGM terus mengalami perubahan. Dimulai dari berkembangkan fakultas, program studi, adanya fakultas yang dibubarkan hingga didirikannya Briro Penyelenggara Kuliah-Kuliah Khusus. Pada tahun 1964 Institusi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), FKIP diintegrasikan ke dalam Institusi tersebut. Pada tahun 1969 fakultas ke-18 lahir yakni Fakultas Peternakan yang merupakan peningkatan Bagian Peternakan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan. Passing grade UGM untuk program studi pada jurusan tersebut bisa Kamu lihat di penjelasan sebelumnya.

Tahun 1983 didirikan 3 fakultas baru, yaitu Fakultas Non-Gelar Ekonomi, Fakultas Non-Gelar Teknologi dan Fakultas Pascasarjana. Tetapi pada wal tahun 1992 Fakultas Pascasarjana berubah menjadi Sekolah Pascasarjana. Kemudian Fakultas Non-Gelar Ekonomi diintegrasikan dalam Fakultas Ekonomi dan Fakultas Non-Gelar Teknologi masuk dalam Fakultas teknik Program Diploma. Tahun 2006 program pendidikan pascasarjana dibedakan menjadi Program Pascasarjana Monodisiplin dan Program Pascasarjana Multidisiplin. Untuk tahun 2009 UGM memiliki Program Diploma sejumlah 26, 69 Program Sarjana Reguler, 21 Program Sarjana Swadaya, 88 Program Magister Monodisiplin, 16 Program Magister Multidisiplin, 23 Program Spesialis dan 32 Program Doktor. Passing grade UGM tidak bisa dijadikan acuan penerimaan pada program studi yang ada.

Fakultas-fakultas UGM beserta Departemennya

Nama Fakultas Nama Departemen/Program Studi
Fakultas Biologi Biologi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Akuntasi, ekonomi dan manajemen
Fakultas Farmasi Biologi Farmasi, Farmakologi dan Farmasi Klinik, Farmasetika dan Kimia Farmasi
Fakultas Filsafat Filsafat Agama, Filsafat Barat dan Filsafat Timur
Fakultas Geografi Geografi Lingkungan, Geografi Pembangunan dan Sains Informasi Geografi
Fakultas Hukum Hukum Adat, Administrasi Negara, Agraria, Dagang, Internasional, Islam, Lingkungan, Pajak, Pedata, Pidana dan Tata Negara
Fakultas Ilmu Budaya Antar Budaya, Antropologi, Arkeologi, Bahasa dan Sastra serta Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen dan kebijakan, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Politik dan Pemerintahan serta Sosiologi
Fakultas Kedokteran Gigi Bedah Mulut dan Maksilofasial, Biologioral, Biomedika Kedokteran Gigi, Dental Hygie, Ilmu Biomaterial Kedokteran Gigi, Konservasi Gigi, Ortondosia
Fakultas Kedokteran Hewan Anatomi, Biokimia, Farmakologi, Fisiologi, Patologi, Reproduksi
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Gizi Kesehatan, Histologi, Ilmu Bedah, Ilmu Penyakit Dalam
Fakultas kehutanan Teknologi Hasil Hutan, Manajemen Hutan, Silvikutur
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fisika, Kimia, Matematika
Fakultas Pertanian Budidaya Pertanian, Perikanan, Tanah
Fakultas Peternakan Nutrisi dan Makanan Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan
Fakultas Psikologi psikologi
Fakultas Teknik Geodesi, Geologi, Kimia, Sipil dan Lingkungan
Fakultas Teknologi Pertanian dan Biosistem Teknologi Industri Pertanian

Passing Grade UGM

Selain ditentukan oleh banyaknya peminat program studi, passing grade UGM juga ditentukan oleh daya tampung masing-masing fakultas yang di dalamnya ada beberapa program studi. Universitas gadjah Mada memiliki berbagai program pendidikan seperti program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis dan diploma. Program Internasional juga diselenggarakan beberapa fakultas baik pada program sarjana maupun pascasarjana.

Passing grade UGM merupakan skor atau nilai yang bisa digunakan untuk siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Passing grade UGM termasuk kedalam kategori yang tinggi dikarenakan UGM merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Tidak heran bahwa banyak yang ingin masuk universitas ini. Passing grade UGM di bawah ini juga bisa kamu jadikan patokan untuk mengejar skor ketika berlatih.

Setelah kamu mengetahui sejarah dari UGM, sekarang yuk lihat daftar passing grade UGM terbaru 2020 SBMPTN 2020 berikut:

Passing Grade UGM 2020 Jurusan IPA – Universitas Gadjah Mada


Program Studi Passing Grade
Pendidikan Dokter 60.70%
Farmasi 56.53%
Ilmu Komputer 55.80%
Teknik Elektro 55.65%
Teknik Kimia 55.62%
Teknik Sipil dan Lingkungan 54.60%
Teknik Industri 54.00%
Pendidikan Dokter Gigi 53.35%
Teknik Mesin 52.76%
Arsitektur 52.61%
Perencanaan Wilayah dan Kota 52.26%
Gizi Kesehatan 52.04%
Pembangunan Wilayah 51.26%
Teknik Nuklir 50.30%
Teknik Geologi 49.65%
Teknologi Informasi 48.54%
Elektronika dan Instrumentasi 48.44%
Teknik Geodesi dan Geomatika 48.10%
Fisika Teknik 47.46%
Budidaya Perikanan 45.53%
Kedokteran Hewan 45.19%
Ilmu Keperawatan 45.04%
Biologi 44.72%
Teknik Pertanian 44.61%
Kimia 43.50%
Matematika 43.44%
Ilmu Keperawatan Gigi 43.08%
Statistika 43.04%
Teknologi Hasil Hutan 42.25%
Ilmu dan Industri Peternakan 41.72%
Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis 41.60%
Teknologi Hasil Perikanan 41.25%
Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian 40.66%
Geografi dan Ilmu Lingkungan 40.60%
Kartografi dan Penginderaan Jauh 40.56%
Mikrobiologi Pertanian 40.51%
Teknologi Industri Pertanian 40.36%
Geofisika 40.19%
Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan 40.16%
Agronomi 40.15%
Manajemen Hutan 39.80%
Budidaya Hutan 39.50%
Kehutanan 39.50%
Pemuliaan Tanaman 39.33%
Penyuluhan dan Kom Pertanian 39.30%
Fisika 39.20%
Ilmu Tanah 39.02%
Manajemen Sumberdaya Perikanan 38.69%

Passing Grade UGM 2020 Jurusan IPS – Universitas Gadjah Mada


Program Studi Passing Grade
Akuntansi 60.51%
Ilmu Hubungan Internasional 58.85%
Manajemen 58.12%
Ilmu Komunikasi 56.71%
Ilmu Hukum 55.37%
Psikologi 55.25%
Ilmu Ekonomi 55.04%
Ilmu Administrasi Negara 53.62%
Ilmu Pemerintahan 51.40%
Sastra Inggris 41.90%
Ilmu Filsafat 41.68%
Sastra Jepang 41.68%
Sosiologi 40.96%
Sastra Indonesia 40.90%
Antropologi Budaya 40.84%
Arkeologi 40.50%
Ilmu Sejarah 40.21%
Ilmu Sosiatri 40.09%
Pariwisata 40.28%
Sastra Nusantara 39.62%
Sastra Arab 39.58%
Sastra Perancis 39.28%
Sastra Asia Barat 39.25%
Bahasa Korea 39.22%

Pada tahun 2020, Passing grade UGM tergolong sebagai passing grade yang relatif tinggi berdasarkan data SBMPTN 2020.

Demikianlah informasi seputar Passing Grade UGM terbaru yang bisa menjadi acuan untuk Kamu. Kuliah di universitas sekelas UGM memang menjadi impian banyak orang, sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia maka UGM pun melakukan seleksi ketat dalam penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru. Oleh karena itu, passing grade UGM bisa dijadikan tolak ukur sampai sejauh mana kesiapan kamu menghadapi ujian seleksi masuk UGM. Informasi mengenai daya tampung tiap jurusan juga sangat penting untuk diketahui. Jadi, terus belajar, berlatih, dan pantang menyerah menghadapi ujian SBMPTN 2020. Semoga bermanfaat! Ikuti info-info lainnya seputar pendidikan seperti passing grade UGM di atas hanya di AkuPaham ya!

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Subscribe Channel AkuPaham

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Rendra Saputra

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

2 Comments

  1. hai kak, terima kasih untuk infonya, aku mau tanya kalau misalkan dari jurusan IPA bisa ke psikologi ngga? nanti tesnya saintek atau soshum? terima kasih kak 🙏.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close