Biografi TokohInspirasiPopuler

Biografi Vladimir Putin: Perjuangan Seorang Agen Rahasia Menjadi Presiden Rusia Seumur Hidup

Siapa yang tidak kenal dengan presiden Rusia yang sangat nasionalis juga berkharisma, Vladimir Putin. Ia merupakan salah satu presiden terpopuler yang ditakuti dunia. Tapi tahukah kamu bahwa sang presiden juara judo ini adalah anak dari seorang mandor pabrik? Itu hanya beberapa fakta unik tentang Putin. Jadi, tunggu apalagi? Yuk simak kisah biografi Putin selengkapnya berikut ini.

Subscribe Channel AkuPaham

Rangkuman Biografi Putin Terlengkap

  • Nama Lengkap : Vladimir Vladimirovich Putin
  • Nama Panggilan : Presiden Putin
  • Tempat, Tanggal Lahir : Kota Leningrad (St. Petersburg), 7 October 1952
  • Kebangsaan : Rusia
  • Nama Ayah : Vladimir Spiridonovich Putin
  • Nama Ibu : Maria Ivanovna Putina
  • Pasangan : Lyudmila Shkrebneva (Menikah dari 1983 hingga 2013)
  • Anak : Mariya Putina dan Katerina Tikhonova
  • Pendidikan : S1 Sarjana Hukum di Saint Petersburg State University & S3 (Ph.D.) di Saint Petersburg Mining Institute
  • Jabatan : Presiden (2012 – Sekarang), Perdana Menteri (2008 – 2012), Presiden (2000 – 2008), Perdana Menteri (1999-2000)
  • Partai Politik : Independen (1991 – 1995; 2001 – 2008; 2012 – Sekarang)
  • Hobi : Olahraga beladiri Judo (sabuk hitam), Berkuda

Profil Vladimir Putin dalam Kehidupan Masa Kecil dan Remaja

Biografi Vladimir Putin Muda - AkuPaham. Sumber Enputinkremlinru
Biografi Vladimir Putin Muda – AkuPaham. Sumber Enputinkremlinru

Vladimir Vladimirovich Putin atau yang lebih akrab dikenal dengan Vladimir Putin lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di Kota Leningrad yang sekarang berganti nama menjadi kota St. Petersburg. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan seorang mandor pabrik (Vladimir Spiridonovich Putin) dan istrinya (Maria Ivanovna Putina). Sewaktu duduk di bangku sekolah pada sekitar tahun 1960-an, Putin bukan hanya siswa yang rajin belajar tetapi juga selalu aktif dalam berorganisasi. Ia bergabung dalam organisasi stasiun radio di sekolahnya. Beberapa sumber mengatakan Ia sangat menggemari lagu The Beatles dan lagu barat lainnya. Hal itu terlihat saat Ia sering memutarnya di radio sekolah.

Cerita Vladimir Putin dalam Masa Pendidikan di Universitas

Putin mengambil jurusan hukum di Universitas Negeri St. Petersburg atau Saint Petersburg State University. Selain itu, Ia sudah dikenalkan berbagai macam olahraga sedari dini. Sehingga pada saat berkuliah, Ia pernah menjadi juara Judo di universitasnya. Wah nambah lagi ya Pahamers fakta unik tentang presiden Putin. Pada tahun 1975, Ia lulus dari fakultas hukum dan memperoleh gelar sarjana hukum atau LLB. Pada tahun 1990, Putin sempat menjadi asisten rektor hubungan internasional di almamaternya dahulu Universitas Negeri St. Petersburg. Di kota tersebut juga Putin pernah menjadi penasehat untuk Ketua Dewan Kota St. Petersburg. Nah fakta unik berikutnya ternyata Putin melanjutkan studi doktor di Institut Pertambangan St. Petersburg atau Saint Petersburg Mining University dan pada Juni 1997 Ia memperoleh gelar Ph.D. Berikutnya kita akan membahas tentang biodata Putin khususnya pada kehidupan pernikahannya.

Biografi Vladimir Putin dalam Kehidupan Pernikahan

Biografi Putin bersama istri dan anak-anaknya – AkuPaham. Sumber Time

Putin menemukan tambatan hatinya, Lyudmila Shkrebneva, kemudian keduanya menikah pada tahun 1983. Lyudmila adalah seorang ahli bahasa asing. Keduanya mempunyai dua anak perempuan bernama Mariya Putina dan Katerina Tikhonova. Sayangnya setelah kurang lebih 30 tahun menikah, Putin beserta istrinya resmi bercerai pada tahun 2013.

Subscribe Channel AkuPaham

Karir Putin di dalam Pemerintahan Rusia

Biografi Putin, Mantan Agen Rahasia Rusia KGB – AkuPaham. Sumber BBCI

Karir bekerja Putin diawali pada tahun 1975 saat dirinya menjadi agen rahasia di badan intelijen Uni Soviet bernama KGB atau Komite Keamanan Negara. Selama menjadi mata-mata elit Rusia, Putin sempat ditempatkan di beberapa tempat atau daerah, salah satunya pada tahun 1985 hingga 1990 Ia ditugaskan bekerja di Dresden, Jerman Timur. Dirinya menyamar sebagai pak Adamov. Profil putin sangat kental dengan jabatannya saat di KGB. Selama kurang lebih 16 tahun Ia berkarir akhirnya pada Agustus 1991 harus mengundurkan diri dari KGB. Pengalamannya yang sangat cemerlang selama bekerja di perusahaan tersebut membuatnya dipercaya untuk sebagai direktur Layanan Keamanan Federal atau FSB yang bisa dikatakan merupakan penerus agen KGB antara tahun 1998 dan 1999. Dalam kurun waktu yang kurang lebih sama, Putin juga menjabat sebagai sekretaris Dewan Keamanan Rusia. Wah benar-benar menarik ya membahas biografi putin dari sisi karirnya menjadi agen rahasia.

Pada tahun 1991 hingga 1994, Putin mulai masuk ke dalam pemerintahan. Ia menjabat sebagai ketua komite hubungan luar negeri kantor walikota Leningrad atau yang sekarang dikenal dengan kota St. Petersburg. Selama dua tahun berikutnya yaitu tahun 1994 – 1996, dirinya menduduki jabatan wakil ketua pemerintah kota St. Petersburg yang pertama sepanjang sejarah bersamaan dengan jabatan lainnya sebagai ketua komite hubungan eksternal dalam rangka membantu walikota pada saat itu yang tidak lain adalah mentor sekaligus gurunya Anatoly Sobchak sebelum akhirnya pada Agustus 1996 Putin beserta keluarga harus pindah ke Moskow dan bekerja langsung membantu Presiden Boris Yeltsin di Kremlin.

Selang tiga tahun kemudian tepatnya pada Agustus 1999, Vladimir Putin diangkat menjadi perdana menteri ditunjuk langsung oleh presiden Rusia pada saat itu, Boris Yeltsin. Kemudian pada Desember 1999: Presiden Yeltsin mengundurkan diri tiba-tiba dan menunjuk Putin menjadi Presiden sementara. Wah sungguh beruntung ya menyaksikan biografi Putin dari sisi karirnya di pemerintahan yang sangat cemerlang. Hanya butuh beberapa bulan tepatnya pada Maret 2000 untuknya terpilih menjadi Presiden Rusia dengan memenangkan pemilu di putaran pertama dengan perolehan suara lebih dari 50. Ia sosok yang sangat nasionalis dan rela berkorban apapun demi bangsa dan negaranya, Ia pernah berkata, “Kita mempunyai tujuan bersama yaitu menjadi bangsa Rusia yang kuat”. Pada periode pertama masa jabatannya yaitu pada tahun 2000 hingga 2004, Putin sangat fokus pada permasalahan dalam negeri Rusia seperti perang Chechnya dan Oligarki era Yeltsin. Rakyat Rusia percaya padanya setelah melihat satu demi satu masalah dalam negeri mereka terselesaikan saat Vladimir Putin menjabat. Sehingga tidak heran bahwa pada tahun 2004 yaitu di masa terakhir jabatannya Ia pun terpilih kembali menjadi Presiden kedua kalinya. Meskipun untuk beberapa waktu Ia mendapatkan kritik besar atas sikapnya pada media.

Biografi Putin, Presiden Rusia Seumur Hidup – AkuPaham. Sumber NT News

Pada masa jabatan 2 periodenya tahun 2000 hingga 2008, ekonomi Rusia tumbuh dengan sangat pesat. Sayangnya, pada tahun 2008, Ia harus menjadi perdana menteri karena aturan untuk presiden di Rusia yang boleh menjabat hanya dua periode berturut-turut; Dmitry Medvedev menjadi Presiden. Namun, berkat kesabaran dan konsistensinya memakmurkan Rusia, pada tahun 2012 Ia terpilih kembali menjadi Presiden untuk ketiga kalinya dengan perolehan suara unggul 63.6%. Terakhir, pada tahun 2018, Putin lagi-lagi mencalonkan diri kembali sebagai presiden dan terpilih kembali. Luar biasa ya biografi Vladimir Putin ini khususnya dalam menjadi presiden kesayangan rakyat Rusia.

Biografi Vladimir Putin: Fakta-Fakta Unik dan Kontroversial

  • Juni 2000: Bertemu Presiden AS Bill Clinton di Moskow; Keduanya menandatangani perjanjian kontrol senjata; Putin tidak setuju dengan rencana AS terkait pengembangan sistem pertahanan rudal nasional.
  • Desember 2000: Membebaskan Edmond Pope, orang Amerika, dari hukuman penjara 20 tahun karena spionase (pengintaian atau mata-mata).
  • April 2001: Dituduh membungkam kebebasan pers; Pemerintah Rusia mengambil alih stasiun TV NTV.
  • Juni 2001: Bertemu dengan Presiden Bush: “Rusia dan Amerika Serikat bukanlah musuh. Kita tidak saling mengancam. Dan kita bisa menjadi sekutu yang sepenuhnya baik.”
  • September 2001: Rusia berjanji untuk membantu kampanye anti-terorisme AS setelah serangan 11 September. Putin menjanjikan peningkatan pasokan senjata untuk pasukan anti-Taliban di Afghanistan.
  • 2014: Aneksasi Rusia terhadap wilayah Crimea; Memulai konflik dengan Ukraina.
  • 2015: Intervensi militer di Suriah untuk mendukung rezim Bashar Al-Assad.
  • 2017: Rusia dituduh campur tangan dalam pemilu Presiden Amerika Serikat 2016.
  • April 2019: Bertemu Kim Jong Un untuk membahas isu panas nuklir di wilayah Korea
  • Agustus 2019: Membelikan es krim untuk Erdogan dan menunjukan jet tempur terbaru Rusia Su-57.
  • 2020: Digosipkan akan segera berhenti menjadi presiden karena masalah kesehatan.
  • September 2021: Ukraina melakukan latihan militer dengan pasukan NATO; Putin memperingatkan bahwa perluasan infrastruktur militer NATO di Ukraina akan melewati “garis merah”.
  • November 2021: Meminta Presiden AS Joe Biden atas jaminan hukum bahwa NATO tidak akan memperluas ke timur atau menempatkan sistem senjata yang mengancam wilayah Rusia; AS dan NATO telah menolak tuntutan Putin.
  • Februari 2022: Memperingatkan bahwa aksesi Ukraina ke NATO akan mendorong Ukraina untuk merebut kembali Crimea.
  • 24 Februari 2022: Mengumumkan operasi militer khusus untuk demiliterisasi dan denazifikasi di Ukraina; Tujuan lainnya melindungi masyarakat Donbas (berbahasa Rusia) yang selama 8 tahun menghadapi penghinaan dan genosida oleh rezim Kyiv.
Biografi Putin Naik Kuda dan Memancing – AkuPaham. Sumber Daily Mail

Subscribe Channel AkuPaham

Profil Vladimir Putin: Penghargaan, Pengakuan, dan Gelar Kehormatan

Penghargaan Sipil dari Negara-Negara Lain

Tanggal / TahunNegaraBintang KehormatanPemberi PenghargaanCatatan
28 May 2019KazakhstanOrde / Bintang Jasa NazarbayevElbasy Nursultan Nazarbayev
8 June 2018CinaOrde / Bintang Jasa PersahabatanPresiden Xi JinpingGelar Kehormatan Tertinggi
22 November 2017KyrgyzstanOrde / Bintang Jasa ManasPresiden Almazbek Atambayev
3 October 2017TurkmenistanOrde / Bintang Jasa Kontribusi Pada Pengembangan KoperasiPresiden Gurbanguly Berdimuhamedow
16 October 2014SerbiaOrde / Bintang Jasa Republik SerbiaPresiden Tomislav NikolićGrand Collar, Gelar Kehormatan Tertinggi Serbia
11 July 2014KubaOrde / Bintang Jasa José MartíPresiden Raúl CastroGelar Kehormatan Tertinggi Cuba
4 October 2013MonacoOrde / Bintang Jasa Saint-CharlesPangeran AlbertGelar Kehormatan Tertinggi Monaco
2 April 2010VenezuelaOrde / Bintang Jasa the LiberatorPresiden Hugo ChávezGelar Kehormatan Tertinggi Venezuela
10 September 2007UAEOrde / Bintang Jasa ZayedSyekh KhalifaGelar Kehormatan Tertinggi UAE
12 February 2007Arab SaudiOrde / Bintang Jasa Abdulaziz al SaudRaja AbdullahGelar Kehormatan Tertinggi Arab Saudi
2007TajikistanOrde / Bintang Jasa Ismoili SomoniGelar Kehormatan Tertinggi Tajikistan
22 September 2006PrancisLégion d’honneur, Grand-CroixPresiden Jacques ChiracGrand-Croix (Grand Cross), Gelar Kehormatan Tertinggi Prancis
2004KazakhstanOrde / Bintang Jasa Golden EagleGelar Kehormatan Tertinggi Kazakhstan
7 March 2001VietnamOrde / Bintang Jasa Ho Chi MinhGelar Kehormatan Tertinggi Kedua Vietnam

Gelar Doktor Kehormatan

TahunUniversitas / Institusi
2019Universitas Tsinghua, Cina
2011Universitas Belgrade, Serbia
2001Universitas Athens, Yunani
2001Universitas Negeri Yerevan, Armenia
2001Universitas Baku Slavic, Kyrgyzstan

Penghargaan Lainnya

Tanggal / TahunPenghargaanCatatan
15 November 2011Confucius Peace PrizePusat Penelitian Perdamaian Internasional Cina menganugerahkan Hadiah Perdamaian Konfusius kepada Putin atas penolakan Putin terhadap pengeboman NATO di Libya pada tahun 2011, dan juga memberikan penghormatan atas keputusannya untuk berperang di Chechnya pada tahun 1999.
24 March 2011Orde / Bintang Jasa Saint SavaPenghargaan tertinggi dari Gereja Ortodoks Serbia
February 2011Vladimir Putin PeakParlemen Kirgistan menamai sebuah puncak di pegunungan Tian Shan Puncak Vladimir Putin.
5 October 2008Vladimir Putin AvenueJalan pusat Grozny, ibu kota Republik Chechnya, diubah namanya dari Victory Avenue menjadi Vladimir Putin Avenue, seperti yang diperintahkan oleh Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov.
December 2007Expert: Person of the YearMajalah Bisnis Rusia menobatkan Putin sebagai Person of the Year.
2007Time: Person of the Year“Pada tahun terakhirnya sebagai presiden Rusia yang paling sukses. Di dalam negeri, dia berhasil mengamankan masa depan politiknya. Di luar negeri, dia memperluas pengaruhnya dan tidak selalu larut dalam urusan global.”
2006Orde / Bintang Jasa Sheikh ul-IslamDiberikan atas peran Putin dalam dialog lintas agama antara Muslim dan Kristen di wilayah tersebut.

Daftar Kutipan Terpopuler dari Biografi Vladimir Putin Yang Menginspirasi

Tidak lengkap rasanya membahas biografi Vladimir Putin tanpa menyinggung tentang kutipan atau kata-kata bijak dari presiden Rusia tersebut. Berikut kata-kata Putin paling populer yang berhasil dirangkum oleh tim AkuPaham.

Biografi Vladimir Putin Muda – AkuPaham. Sumber Reckon Talk
  1. “Lebih baik digantung karena kesetiaan daripada dihargai karena pengkhianatan”
  2. “Orang yang menghancurkan seluruh bangsa tidak memiliki hak untuk mengajari kita tentang demokrasi dan nilai-nilai hidup bebas”
  3. “Tidak boleh seorang pun dibiarkan melakukan kekerasan dan menginjak-injak hukum.”
  4. “Arti dari kehidupan kita adalah cinta. Dimulai dari cinta kepada keluarga, kepada anak-anak, kepada tanah air. Fenomena ini adalah inti dari setiap tindakan kita dan menjadi prioritas utama yang harus kita kejar. Saya sangat yakin bahwa kita akan berhasil.”
  5. “Saya memiliki kehidupan pribadi yang tidak ingin ada campur tangan orang lain dan itu harus dihormati.”
  6. “Bagaimana caranya mengontrol berat badan? Adalah dengan tidak makan yang berlebihan. Dan bagaimana seseorang tetap bugar? Tetap melakukan olahraga. Tidak ada yang ajaib.”
  7. “Teroris tidak mempunyai bangsa atau agama.”
  8. “Sejarah membuktikan bahwa segala bentuk pemerintahan diktator dan otoriter hanyalah sementara. Hanya pemerintah demokrasi saja yang tidak sementara. Apapun itu kekurangannya, belum ada sistem yang lebih unggul daripada demokrasi.”
  9. “Saya tidak pernah membaca buku orang-orang yang telah mengkhianati Tanah Air.”
  10. “Kemampuan untuk berkompromi bukan sekedar kesopanan diplomatik terhadap pasangan, tetapi dengan mempertimbangkan dan menghormati kepentingan pasangan kamu.”
  11. “Jika kamu bercita-cita menjadi pemimpin negaramu, kamu harus berbicara bahasa kamu sendiri, demi Tuhan.”
  12. “Teroris selalu menjadi ancaman bagi seseorang. Jika kita takut pada mereka, artinya mereka telah menang.”
  13. “Demokrasi Rusia adalah kekuatan rakyat Rusia dengan tradisi dari pemerintahan kami sendiri, nasional kami sendiri, dan bukan realisasi standar yang dipaksakan dari luar kepada kami.”
  14. “Sebagian besar penduduk di dunia belum mampu membeli perumahan yang nyaman, pendidikan dan perawatan kesehatan yang berkualitas.”
  15. “Mereka yang ingin memerangi korupsi harus membersihkan diri terlebih dahulu.”
  16. “Kekuatan militer kami merupakan penjamin keamanan dan kemerdekaan Rusia.”
  17. “Kegiatan politik di Rusia harus sangat transparan. Sehingga, pembiayaan kegiatan politik apapun yang berasal dari luar negeri adalah hal yang wajib diwaspadai oleh negara.”
  18. “Untuk memaafkan para teroris itu terserah Tuhan, tetapi untuk mengirim mereka kepada-Nya, itu terserah saya.”
  19. “Ada dua hal yang terdapat di dalam hukum internasional: pertama adalah prinsip integritas teritorial dan kedua adalah hak untuk menentukan nasib sendiri.”
  20. “Saya dibesarkan di dalam keluarga yang sangat sederhana, bahkan keluarga pekerja. Baik ayah maupun ibu saya adalah warga negara biasa.”
  21. “Terorisme sekali lagi menunjukkan kepada kita bahwa mereka sengaja dipersiapkan untuk tidak henti-hentinya menciptakan korban manusia. Ini harus segera diakhiri. Tidak seperti sebelumnya, sangat penting untuk menyatukan kekuatan dari seluruh komunitas dunia melawan teror.”
  22. “Jika suatu bangsa tidak mampu melestarikan dirinya sendiri dan kehilangan pandangan vital dan cita-cita, tidak perlu musuh asing pun maka ia akan runtuh dengan sendirinya.”
  23. “Di antara negara-negara besar, dapat dipastikan akan selalu ada titik temu dan titik tegang.”
  24. “Hal penting untuk menekan tindakan ekstremis dalam bentuk apapun dari semua sisi, terlepas dari mana asalnya.”
  25. “Jika kamu ingin sikap pribadi saya, saya akan memberitahu kamu bahwa saya tidak peduli dengan orientasi seksual seseorang.”
  26. “Saya rasa setiap orang harus memiliki keyakinan di dalam diri dan hatinya. Yang terpenting adalah bukan dari tampilan luar (untuk masalah iman), tetapi keadaan batin dari jiwa.”
  27. “Kamu harus mematuhi hukum, selalu, tidak hanya saat petugas menangkapmu di suatu tempat.”
  28. “Kita semua memang berbeda, namun saat kita meminta berkat Tuhan, kita tidak boleh lupa sedikitpun bahwa Tuhan menciptakan kita sama.”
  29. “Kita tidak lagi di dalam Perang Dingin dan tindakan untuk menyadap teman-teman tentu tidak bisa diterima.”
  30. “Aksi protes dan propaganda adalah dua hal yang sedikit berbeda.”
  31. “Terkadang perlu kesunyian dan kesepian untuk membuktikan bahwa kamu benar.”
  32. “Di atas segalanya, kita hendaknya mengakui bahwa runtuhnya Uni Soviet merupakan sebuah bencana geopolitik utama abad ini.”
Profil Vladimir Putin Naik Kuda di Pergunungan – AkuPaham. Sumber NBC News

Nah itulah biografi Putin, Presiden Rusia seumur hidup terlengkap versi AkuPaham. Jika kamu ingin melihat biografi Vladimir Putin dalam bentuk yang menarik seperti animasi, kamu bisa mengunjungi channel YouTube AkuPaham. Di kanal YouTube AkuPaham kamu bisa menonton biografi-biografi tokoh lainnya baik tokoh nasional atau Indonesia maupun dunia. Jangan lupa subscribe juga ya agar kamu tidak ketinggalan info menarik dari AkuPaham.

Referensi: legacy.npr.org, vietnamtimes.org.vn, insider.com, jagranjosh.com, wikipedia.com

Biografi Tokoh

Tokoh Nasional

Biografi Soekarno | Biografi BJ Habibie | Biografi RA Kartini | Biografi Jendral Sudirman | Biografi Moh Hatta | Biografi Mardigu Wowiek | Biografi Rocky Gerung | Biografi Jokowi | Biografi Prabowo Subianto | Biografi Ki Hajar Dewantara | Biografi Nadiem Makarim | Biografi SBY | Biodata Gen Halilintar

Tokoh Teknologi & Bisnis Dunia

Biografi Steve Jobs | Biografi Elon Musk | Biografi Bill Gates | Biografi Mark Zuckerberg | Biografi Jack Ma | Biografi Jeff Bezos

Tokoh Ilmuwan Dunia

Biografi Isaac Newton | Biografi Albert Einstein | Biografi Nikola Tesla | Biografi Thomas Alva Edison 

Tokoh Olahraga Dunia

Biografi Lionel Messi | Biografi Cristiano Ronaldo | Biografi Valentino Rossi

Tokoh Lainnya

Biografi Muhammad Yunus | Biografi Freddie Mercury | Biografi John Lennon | Biodata Atta Halilintar | Biodata Nissa Sabyan | Biodata Blackpink | Biografi Vladimir Putin

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Rendra Saputra

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close Subscribe Card