Biografi Steve Jobs

Biografi Steve Jobs Sang Pendiri Apple yang Perfeksionis (INFOGRAFIS)

Biografi Steve Jobs (INFOGRAFIS) – Berikut ini akan kami informasikan kepada Anda tentang biografi Steve Jobs singkat. Steve Jobs merupakan seorang tokoh bisnis dan penemu asal Amerika Serikat. Steve Jobs adalah pendiri Apple Computer sekaligus juga penemu Apple Computer. Ini adalah perusahaan ternama dan terkemuka yang kemudian berkembang menjadi Apple Inc. Steve bersamaan dengan pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula dan lainnya telah merancang, mengembangkan dan juga memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertamanya yang sukses secara komersial, yakni seri Apple II.

Biografi Steve Jobs

  • Nama : Steve Paul Jobs
  • Tanggal lahir : 24 Februari 1955
  • Tempat lahir : San Francisco, California, Amerika Serikat
  • Agama : Buddha
  • Kewarganegaraan : Amerika Serikat
  • Orangtua : Abulfattah Jandali (ayah) dan Hoanne Carole Schieble (ibu)
  • Orangtua Angkat : Paul Reinhold Jobs (ayah) dan Clara Hagopian Jobs (ibu)

Steve Paul Jobs merupakan nama lengkap dari Steve Jobs. Ia lahir pada 24 Februari 1955 di California, Amerika Serikat. Steve Jobs yang kita kenal adalah pendiri Apple Computer. Dia adalah sosok hebat dengan karyanya yang sangat luar biasa dibidang teknologi. Pada saat dilahirkan Steve awalnya memiliki nama Abdul Lateef Jandali sampai pada akhirnya berubah saat diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs. Pada saat Steve masih balita pasangan ini mengajaknya berpindah ke Santa Clara Country, lalu dikenal sebagai Silicon Valey, di sana juga mereka mengadopsi bayi perempuan yang bernama Patti.

Kemampuan yang dimiliki Steve Jobs ini memang berkembang cukup pesat saat bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homesteat High School di Cupertino. Di sanalah ia juga bertemu dengan Steve Wozniak yang mempunyai minat sama dengan Steve Jobs di bidang elektronik.

Di tahun 1976, Steve Jobs bersama dengan Steve Wozniak dan Ronald Wayne mencoba mendirikan Apple pertamanya yang bernama Apple Computer Co, dengan mendapat pendanaan dari manajer pemasaran produk dan juga teknisi semi pensiun Intel A.C, yakni Mike Markula Jr sebelum akhirnya mendirikan Apple secara bersama – sama.

Apple Store di Kota New York
Apple Store di Kota New York

Steve Jobs dan Wozniak sudah berteman cukup lama. Steve sendiri mencoba membuat Wozniak tertarik untuk merakit komputer lalu menjualnya. Pada saat Apple terus meluas, perusahaan mulai cari eksekutif berpengalaman untuk bantu pengelolaan ekspansinya. Komputer pertama yang dikenalkan Steve Jobs dan Wozniak ini diberi nama sebagai Apple I, lalu di tahun 1977 mereka kembali kenalkan Apple II pada publik. Nah, sejak itulah penjualan Apple II berkembang cukup pesat. Dan di tahun 1980 pendiri Apple Computer sekaligus penemu Apple Computer kenalkan Apple III, akan tetapi perkembangannya tak sebaik saat kenalkan Apple II.

Di tahun 1983, Steve Jobs menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi Cola untuk memimpin Apple Computer. Di tahun tersebut, Apple mengenalkan produk terbarunya yakni Apple Lisa dengan teknologi yang lebih canggih dan tergolong sangat maju di waktu itu. Akan tetapi pada kenyataannya produk tersebut gagal di pasaran. Dan di tahun 1984, perusahaan Apple ini kembali mencoba mengenalkan produk komputer, yakni Macintosh. Ini adalah komputer pertama yang telah berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka berupa penggunaan grafis.

Steve Jobs bersama John Sculley dan Steve Wozniak
Steve Jobs bersama John Sculley dan Steve Wozniak

Macintosh menjadi komputer kecil pertama yang berhasil secara komersial dengan antarmuka penggunaan grafis. Pengembangan Macm dimulai dari Jef Raskin, lalu diambil alih Steve Jobs. Kesuksesan Macintosh menjadikan Apple menelantarkan Apple II demi kembangkan produksi Macm yang masih bertahan hingga sekarang. Tapi, dibawah kepemimpinan Sculley ternyata Steve Jobs tak temukan keserasian. Ada banyak hal yang kurang sejalan antara keduanya dan penurunan penjualan di semua industri jelang akhir 1984 terjadi, ini mengakibatkan hubungan keduanya tak baik sampai akhir tahun 1985 Sculley mengeluarkan Steve Jobs dari perusahaan Apple.

Macintosh
Macintosh

Biografi Steve Jobs dalam berbagai macam media

Biografi Steve Jobs sudah sangat populer dan diterbitkan dalam berbagai macam media seperti buku Biografi Steve Jobs karya Walter Isaacson dan masih banyak. Steve Jobs dengan kisah hidup yang menginspirasi banyak orang. Sebagai penutup, terdapat video Steve Jobs sedang berpidato di Universitas Stanford. Di dalam video tersebut, Steve Jobs menceritakan tiga hal penting yang pernah ada di dalam hidupnya dan merubah hidupnya. Yuk tonton video motivasi berikut!

Sumber: Stanford University Youtube Channel

Itulah biografi Steve Jobs pendiri dan penemu Apple Computer yang bisa kami informasikan. Semoga biografi Steve Jobs tersebut dapat bermanfaat. Ikuti terus artikel-artikel inspirasi lainnya hanya di AkuPaham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *