Traveling

Work and Holiday Visa: Liburan sambil cari uang

Working Holiday Visa – Liburan di negara asing tanpa khawatir jika kehabisan uang di tengah jalan, tentu bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bukan? Saat ini pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Australia memberikan kamu, anak muda kesempatan untuk berlibur sembari bekerja di Australia, jadi liburan ala backpacker kamu tidak dihantui dengan kehabisan uang di tengah jalan.

Apa itu Working Holiday Visa atau WHV?

WHV adalah singkatan dari Work and Holiday Visa. WHV adalah kerja sama pemerintah Indonesia dan Australia yang dimulai pada tahun 2009, program ini ditujukan untuk pemuda yang ingin berlibur sekaligus bekerja di Australia selama satu tahun. Program ini dibuka untuk 1000 orang per tahun.

Tujuan diadakannya program ini adalah untuk mendorong pertukaran budaya dan membentuk ikatan yang kuat antar negara yang bekerja sama.

Apa yang bisa kamu lakukan di Australia dengan Visa ini?

Yang bisa kamu lakukan di Australia setelah mendapat visa WHV adalah:

  1. Tinggal di Australia selama 12 bulan
  2. Bekerja di australia ( Bekerja di satu tempat atau kepada satu employer paling lama 6 bulan)
  3. Belajar maksimal 4 bulan
  4. Keluar dan masuk Australia sesuka hati kamu selama visa valid
  5. Mengajukan diri untuk WHV kedua jika kamu sudah bekerja di Australia bagian utara khusus di bidang pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

Siapa saja yang dapat mendaftar program WHV?

  1. Berusia 18 sampai 30 tahun (belum memasuki usia 31 tahun)
  2. Memiliki paspor valid dengan minimal masa berlaku 12 bulan
  3. Sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi minimal selama 2 tahun yang dibuktikan dengan surat aktif kuliah dan KTM (Kartu tanda mahasiswa) dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Untuk yang telah lulus dibuktikan dengan melampirkan Ijazah perguruan tinggi.
  4. Tidak membawa anak kecil ke Australia bersama kamu.
  5. Memiliki dana sejumlah minimal AUD 5000$
  6. Memiliki minimal score 32 untuk TOEFL IBT dan 4.5 untuk IELTS.

Berapa biaya yang saya siapkan untuk membuat WHV?

Untuk biaya pembuatan Visa yang dikenakan pemerintah Australia berubah-ubah, namun kamu bisa menyiapkan sekitar 5.000.000 IDR, selain Visa kamu juga harus menyiapkan biaya untuk cek kesehatan, sekitar 200.000- 300.000 IDR di rumah sakit yang telah dipilih oleh kedutaan Australia. Biaya lainnya adalah biaya untuk tes bahasa Inggris, untuk tes IELTS di British council saat ini biayanya sekitar 2.900.000 IDR. Jadi biaya yang harus kamu siapkan untuk pengurusan Visa adalah 8.200.000 IDR atau bahkan lebih, disarankan untuk menyiapkan biaya lebih. Baiklah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close