Pulau Maratua, Kaltim. Sumber: ksmtour.com

Liburan Wisata di Pulau Terluar Indonesia yang Bisa Anda Coba

Wisata Indonesia РBerlibur di tempat yang terkenal seperti Bali, Lombok, Yogyakarta, Karimun Jawa sudah banyak dilakukan. Namun, Indonesia yang terkenal sebagai negara kepulauan ini memiliki banyak pulau yang letaknya berada di bagian terluar Indonesia bahkan beberapa diantaranya hanya berjarak beberapa meter dari negara sebelah.

Jika Anda memiliki waktu yang cukup lama, Anda bisa mencoba untuk berlibur di pulau terluar Indonesia berikut.

Wisata Indonesia: Pulau Asu, Nias

Pulau Asu, Nias. Sumber: blogspot.com
Pulau Asu, Nias. Sumber: blogspot.com

Wisata Indonesia yang pertama adalah Pulau Asu, Nias, Sumatra Utara. Pulau ini menjadi salah satu tujuan bagi para peselancar tidak hanya yang berasal dari Indonesia namun juga dari luar negeri. Pulau ini termasuk ke dalam bagian dari kepulauan Haniko. Dengan ombak yang memiliki ketinggian sekitar 4-7 meter ini serta ombak panjang yang bisa mencapai 200 meter, tidak heran jika pulau ini sangat disukai oleh para peselancar. Tidak hanya keelokan ombaknya yang menjadi daya tarik, pulau yang di tinggali oleh sekitar 20 kepala keluarga ini memiliki butiran pasir lembut serta air laut yang jernih yang akan membuat Anda berlama-lama di pulau yang ada di Kabupaten Nias ini.

Wisata Indonesia: Pulau Berhala, Sumatera Utara

Pulau Berhala, Jambi. Sumber: wp.com
Pulau Berhala, Jambi. Sumber: wp.com

Kedua adalah Pulau Berhala. Pulau yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Dengan luas sekitar 2,5 ha, pulau ini masih memiliki kondisi yang alami, kaya akan flora dan fauna, berbukit rimbun, banyaknya batuan cadas, hamparan pasir putih yang eksotis yang menjadi daya tarik. Untuk bisa melihat pemandangan sekitar dari pulau yang ada di Sumatra Utara ini, Anda bisa naik ke Mercusuar. Aktivitas wisata Indonesia di pulau Berhala lainnya yang bisa Anda lakukan adalah berkemah, mengamati penyu yang bertelur ataupun snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Wisata Indonesia: Pulau Nusa Manuk, Tasikmalaya

Pulau Nusa Manuk. Sumber: blogspot.com
Pulau Nusa Manuk. Sumber: blogspot.com

Ketiga adalah Pulau Nusa Manuk. Siapa sangka pulau yang berbatasan langsung dengan Australia ini berada di wilayah Tasikmalaya, jawa Barat. Dengan pantai yang menjorok ke daratan serta ombak yang tidak terlalu besar ini memungkinkan Anda untuk bisa untuk berselancar dan berenang dengan santai. Selain itu, Anda bisa sekedar berjalan-jalan dan menikmati pemandangan yang ada di pulau misalnya melihat burung dari berbagai negara yang sedang bermigrasi atau monyet.

Wisata Indonesia: Pulau Nusa Barong, Jember

Pulau Nusa Barong, Jember. Sumber: blogspot.com
Pulau Nusa Barong, Jember. Sumber: blogspot.com

Keempat adalah Pulau Nusa Barong. Pulau yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur ini ternyata adalah pulau terluar di bagian selatan Jawa. Keindahan pulau ini tidak kalah dengan pulau Phi. Saat Anda berlibur di pulau ini, Anda akan menemukan gugusan batu yang tersusun indah dengan hamparan pasir putih. Nuansa alami lebih terasa dengan banyaknya flora dan fauna. Untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa snorkeling di sekitar pantai.

Wisata Indonesia: Pulau Maratua, Kaltim

Pulau Maratua, Kaltim. Sumber: ksmtour.com
Pulau Maratua, Kaltim. Sumber: ksmtour.com

Kelima adalah Pulau Maratua. Indonesia terkenal dengan keindahan lautnya yang memiliki beragam spesies baik terumbu karang ataupun ikan. Wisata Indonesia Pulau Maratua yang berada di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan Kalimantan Timur ini, berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina. Bagi Anda pencinta diving, tempat ini sangat cocok untuk Anda. DI pulau ini, Anda tidak hanya bisa melihat jernihnya air laut dengan pasir putih namun juga bisa menikmati keindahan terumbu karang dan ratusan jenis ikan.

Wisata Indonesia: Pulau Alor, NTT

Pulau Alor. Sumber: phinemo.com
Pulau Alor. Sumber: phinemo.com

Wisata Indonesia yang keenam adalah Pulau Alor. Pulau Alor berada di ujung timur dari kepulauan Nusa Tenggara dan masuk ke wilayah kabupaten Alor, NTT yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Di pulau ini, Anda bisa berwisata religi, budaya dan alamnya. Keindahan bawah laut di Pulau Alor sudah diakui dunia sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pulau terindah kedua setelah Kepulauan Karibia.

Itulah wisata Indonesia yang sangat sayang untuk dilewatkan. Semoga artikel ini bisa menjadi rekomendasi untuk liburanmu berikutnya ya!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *