InspirasiPopuler

Yuk, Pahami Manfaat Website untuk Sekolah!

Hi Pahamers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pentingnya sebuah sekolah mempunyai website resmi. Kenapa ini topik yang penting bagi sebuah instansi pendidikan termasuk sekolah? Hal ini dikarenakan semakin pesatnya teknologi informasi khususnya internet yang memungkinkan seseorang dengan mudah mencari informasi tentang sebuah sekolah dengan maksud dan tujuan tertentu. Misalnya saat orang tua ingin mencari sekolah terbaik untuk anak-anak mereka di mesin pencari Google. Jadi, yuk simak penjelasan selengkapnya soal pentingnya sebuah sekolah mempunyai website resmi.

Fungsi-fungsi website sekolah

Tahukah kamu bahwa website mempunyai banyak manfaat untuk instansi pendidikan salah satunya sekolah? AkuPaham berhasil mengumpulkan poin-poin sebagai berikut:

  • Meningkatkan Reputasi Sekolah

Mempunyai sebuah website merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan reputasi sebuah sekolah. Sebagai contoh, ketika calon siswa atau orang tua calon siswa ingin mencari tahu tentang sekolah tersebut dan mengetikkan namanya di Google, namun hasil pencarian tidak menampilkan website resmi sekolah tersebut. Mereka akan berpikir dua kali karena mereka tidak dapat menemukan website resmi yang kredibel untuk sekolah tersebut. Secara otomatis hal tersebut akan menurunkan reputasi sekolah.

  • Sebagai media informasi sekolah dengan wali siswa

Website sekolah juga menjadi media resmi selain sosial media untuk sekolah memberikan informasi penting dan berguna kepada orang tua atau wali murid. Sebagai contoh adalah saat memberikan pengumuman libur dan masuk sekolah, pengambilan rapot, dan lain sebagainya.

  •  Memperkenalkan berbagai fasilitas sekolah

Kegunaan website sekolah yang berikutnya adalah memperkenalkan fasilitas-fasilitas sekolah yang ada kepada target calon siswa beserta orang tuanya. Hal ini untuk memastikan semua kebutuhan siswa tersebut dapat terpenuhi mulai dari fasilitas laboratorium, AC, komputer, kantin higienis, lapangan basket, dan lain-lain.

  • Mempromosikan sekolah

Sebuah sekolah pastinya ingin banyak calon siswa yang melamar di tahun ajaran baru. Dengan begitu sekolah akan mencapai target kuota jumlah siswa sekolah tersebut dengan tetap memperhatikan kualitas calon siswa yang berhasil masuk sekolah tersebut.

  • Memberitahu informasi kelulusan siswa

Tentunya website memang dijadikan sebagai sarana untuk membagikan informasi penting kepada target audiens. Contohnya kepada calon siswa atas kelulusan mereka masuk sekolah tersebut, kepada para siswa yang menunggu pengumuman kelulusan mereka baik siswa tingkat akhir ataupun kelas berapapun. Sehingga website menjadi media resmi dan lengkap yang dapat dipercaya oleh para siswa dan wali murid.

  • Menampilkan profil sekolah

Sebuah website sekolah biasanya memuat profil sekolah yang berisikan visi dan misi lengkap, sehingga para calon wali murid mendapatkan bayangan akan ekspektasi dan dari sekolah terhadap para muridnya kelak. Hal ini membuat para calon orang tua menjadi yakin jika visi dan misi sekolah sesuai dengan ekspektasi mereka.

  • Menampilkan struktur organisasi sekolah

Struktur organisasi sekolah memberikan gambaran umum terkait dengan fungsi dari masing-masing mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, wali kelas, TU, dan lainnya. Sehingga terdapat kejelasan bagaimana sebuah sekolah tersebut dijalankan sehari-hari.

  • Meningkatkan mutu Tenaga Pengajar dalam pendidikan

Website sekolah juga dapat memberikan informasi mengenai profil para guru mulai dari pelatihan yang diikuti, jenjang pendidikan yang ditempuh, hingga pengalaman mengajarnya. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan mutu tenaga pengajar tersebut dan membagikannya kepada calon siswa.

Apa itu domain

Sebelumnya kita telah membahas seberapa penting website sekolah beserta fungsinya. Sekarang kita akan membahas tentang pengertian domain dan mengapa perlu diperhatikan untuk website sekolah.

Jadi apa itu domain? Domain adalah nama yang kita gunakan untuk sebuah website dan berkaitan dengan alamat IP di internet. Nah, nama domain ini biasanya muncul setelah @ pada sebuah alamat email atau setelah www. pada sebuah alamat situs web. Sebagai contoh, akupaham.com mempunyai nama domain akupaham, atau www.niagaweb.co.id mempunyai domain niagaweb. Domain berfungsi untuk memudahkan kita untuk mengingat suatu web dibandingkan alamat IP yang berisikan angka dan sulit untuk diingat seperti 104.18.108.8.

Sejauh ini siapapun dapat membeli nama domain, termasuk instansi pendidikan seperti sekolah. Di Indonesia, sekolah mempunyai TLD (top-level domain) sch.id. Contohnya sekolah Taruna Nusantara mempunyai website tarunanusantara.sch.id.

Kamu dapat memiliki domain dengan membelinya dengan periode tertentu melalui penyedia hosting seperti niagaweb. Biasanya para penyedia hosting memberikan banyak promo promo murah saat kamu akan membeli sebuah domain.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan kita mengenai pentingnya website sekolah dan belajar sedikit tentang apa itu domain website. Hal yang menarik adalah untuk membuat sebuah website sekolah kita tidak perlu lagi membuatnya sendiri dari nol karena sudah banyak jasa pembuatan web yang ada di internet dengan harga yang terjangkau. Jangan lewatkan artikel-artikel menarik lainnya di AkuPaham membahas banyak hal mulai dari pendidikan, biografi, teknologi, dan lainnya. Sampai jumpa!

AkuPaham Team

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close Subscribe Card