Tips dan Trik

Wawancara Kerja ? Jangan Lakukan 9 Hal Ini

AKUPAHAM.COM – Menghadiri wawancara kerja setelah perburuan pekerjaan yang melelahkan terasa seperti dunia akhirnya ada di pihak kamu. Tapi jangan senang dulu, kamu memerlukan sedikit persiapan dan latihan sebelum menghadiri wawancara kerja.

Berikut adalah sembilan hal yang harus dihindari selama wawancara kerja.

Berpakaian dengan Tidak Tepat

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam hal berpakaian. Konfirmasikan dahulu kepada mereka terkait pakaian seperti apa yang diperbolehkan dan yang tidak. Setelah itu kamu tinggal menyesuaikannya.

Datang Terlambat

Terlambat memberikan kesan buruk bagi manajer HR dan pewawancara. Jangan buang waktu mereka dan datanglah tepat waktu.

Bersikap Tidak Sopan dan Mengeluh

Tidak peduli seberapa buruk lalu lintas atau cuaca di luar, hindari memberi tahu mereka tentang hal itu. Mungkin membuat kamu terkesan pada kesan pertama yang salah. Menerima panggilan telepon atau mengunyah permen karet selama wawancara itu mengganggu dan tidak profesional. Gunakan hanya kata-kata yang tepat dan cobalah untuk mempertahankan kontak mata.

Menjelek-jelekkan Bos atau Perusahaan Kamu Saat Ini

Orang-orang telah bekerja dengan banyak perusahaan berbeda selama bertahun-tahun. Selalu ada sedikit peluang bahwa pewawancara atau seseorang di perusahaan itu dapat mengenal mantan atasan kamu. Melakukan hal ini mungkin mengkhawatirkan pewawancara, membuat mereka berpikir bahwa kamu mungkin akan berbicara buruk tentang mereka juga suatu hari nanti.

Sumber Foto: pixabay.com

Bahasa Tubuh yang Mengganggu

Tidak ada yang lebih buruk daripada terlihat tidak tertarik selama wawancara. Membungkuk membuat kamu tampak malas sementara mencondongkan tubuh ke depan terlihat agresif. Jangan melipat tangan, menggigit kuku, atau memutar rambut. Duduklah dengan tegak dan jangan terlalu gugup.

Pengetahuan yang Terbatas tentang Perusahaan

Perusahaan mungkin mempertanyakan niatmu jika kamu datang dengan sedikit pengetahuan tentang perusahaan tersebut. Lihatlah situs web perusahaan, anggota dewan dan laporan tahunan sebelumnya.

Tidak Bertanya

Tampak serius dan tertarik dengan mengajukan pertanyaan tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Berbicara Banyak tentang Kehidupan Pribadi Kamu

Menjadi personable adalah hal yang baik. Tetapi terlalu banyak memunculkan detail pribadi ketika tidak diminta itu adalah hal yang mengganggu dan tidak relevan. Berikan detail hanya untuk pertanyaan yang diajukan.

Menyinggung atau Mempermalukan Pewawancara

Perhatikan reaksi pewawancara terhadap semua yang kamu katakan. Jika kamu secara tidak sengaja mengatakan sesuatu yang tidak pantas, yang terbaik adalah berhenti dan meminta maaf sebelum memperbaikinya lagi.

Sumber: The Jakarta Post

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close