BisnisPopuler

Transaksi Festival Belanja Online 11/11 di Tiongkok Patahkan Rekor 2018

AKUPAHAM.COM – Festival diskon besar-besaran 11 November kini memang sudah menjadi tren di berbagai negara. Festival diskon untuk belanja online ini pertama kali diselenggarakan oleh Alibaba Group pada tahun 2009 untuk menyemarakkan single’s day. Single’s day sendiri memiliki konsep yang berlawanan dari valentine’s day dimana hari tersebut digunakan masyarakat Tiongkok untuk merayakan kesendirian. Pada hari tersebut, kebanyakan orang akan memanjakan diri sendiri dengan cara berbelanja.

Transaksi Festival Belanja Online 11/11 di Tiongkok Patahkan Rekor 2018. Sumber: Pixabay
Transaksi Festival Belanja Online 11/11 di Tiongkok Patahkan Rekor 2018. Sumber: Pixabay

Tahun ini, Taylor Swift memeriahkan acara countdown yang menjadi tradisi sebelum festival belanja online tersebut dimulai. Acara yang digelar Alibaba Group di Shanghai pada 10 November kemarin sangat meriah. Selain karena ramainya antusias pembeli, hal ini juga dikarenakan Taylor Swift memiliki banyak penggemar di Tiongkok. Selain Taylor Swift yang merupakan salah satu penyanyi dengan bayaran termahal di dunia, acara tersebut juga menghadirkan Hana Kanazawa, G.E.M Jackson Yee, dan Lang Lang.

Dalam waktu kurang lebih 15 jam setelah festival diskon tersebut dimulai, transaksi konsumen Alibaba secara keseluruhan telah mencapai 213.5 milyar yuan. Jumlah tersebut mematahkan rekor tahun 2018, dimana total transaksi konsumen Alibaba mencapai sekitar 213.5 milyar yuan. Tahun ini, data menunjukkan bahwa total transaksi keseluruhan pada situs yang dinaungi oleh Alibaba Group telah mencapai lebih dari 268 milyar yuan. Besarnya diskon pada festival ini pun sukses menarik minat para pembeli dari negara lain, pembeli dari Amerika, Jepang, Australia, dan Taiwan juga berbondong-bondong ikut memborong berbagai barang diskon. Selain Alibaba, platform belanja online lain seperti TaoBao, Pinduoduo dan JD pun juga ikut berpartisipasi dalam kemeriahan festival diskon belanja ini.

Sumber: South China Morning Post

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close