Populer

Tous Les Jours Meminta Maaf Setelah Toko Diduga Menolak untuk Menulis Ucapan Selamat Natal

Belum lama ini jagat internet Indonesia diramaikan oleh viralnya video yang menunjukkan salah satu toko Tous Les Jours, Franchise Toko Roti asal Korea Selatan, menolak untuk menulis salam Natal.

Dalam video tersebut, toko yang diyakini berlokasi di Jakarta, memasang selebaran yang mengatakan bahwa produk Tous Les Jours harus sejalan dengan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan UU Jaminan Produk Halal dan tidak boleh membuat tulisan selamat Natal dan hari raya agama lain, termasuk Valentine.

Selebaran tersebut mengatakan toko diperbolehkan untuk menulis ucapan yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam, seperti “I Love U” dan “you’re the best”.

Pada selebaran tersebut tidak dijelaskan artikel mana dari UU Jaminan Produk Halal yang dimaksud.

Pada hari Jum’at, perusahaan membantah tuduhan bahwa Tous Les Jours mendukung fanatisme agama. Mereka mengunggah pernyataan resmi tentang komitmennya terhadap toleransi agama.

Tous Les Jours Meminta Maaf Setelah Toko Diduga Menolak untuk Menulis Ucapan Selamat Natal. Sumber: Instagram touslesjours

“Terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami” kata pernyataan tersebut.

“Dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan/atau antar golongan. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous Les Jours selama ini.”

Perdebatan tentang apakah umat Islam boleh mengatakan “Selamat Natal” kepada orang Kristen berulang setiap tahun saat Natal menjelang di Indonesia. Beberapa Muslim Indonesia percaya bahwa mengucapkan orang Kristen selamat Natal adalah pelanggaran syariah. Sebagian yang lain tidak.

Pada 2017, sebuah toko roti bernama Chocolicious mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan menolak untuk menulis ucapan Natal pada kue-nya, hal tersebut memicu perdebatan online.

Sumber: The Jakarta Post

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close