PopulerTraveling

Tips Mempersiapkan Mobil Kamu Untuk Traveling ke Luar Negeri

Beberapa waktu lalu Indonesia dihebohkan dengan pasangan asal Indonesia, Teddy dan Yana, yang traveling ke Eropa dengan menggunakan mobil pribadi. Traveling menggunakan mobil pribadi bukanlah tidak mungkin, walau kamu mungkin membutuhkan persiapan ekstra, bukan hanya tentang fisik kamu, tapi juga fisik dan keadaan mobil yang akan kamu gunakan selama traveling. Kira-kira apa saja yang kamu harus siapkan untuk bisa traveling menggunakan mobil pribadi kamu sendiri ya? Yuk simak tips-tips berikut ini.

Sumber: www.directionjapon.com

1) Siapkan Carnet de Passages en Douane (CDP) mobil kamu

Carnet de Passages en Douane (CDP) adalah bahasa keren dari paspor untuk mobil. CDP harus kamu miliki jika kamu ingin menggunakan mobil pribadi kamu berkeliling dunia. Di Indonesia Carnet de Passages en Douane (CDP) dikeluarkan secara resmi oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Berikut beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mengurus Carnet de Passages en Douane (CDP):

    1. Form permohonan CDP secara lengkap dan membeli blanko dokumen CPD Carnet.
    2. Paspor, SIM, KTA IMI asli dan foto copy, jika kamu belum memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) IMI, kamu bisa mengurusnya di Sekretariat IMI di daerah domisili kamu.
    3. Faktur pembelian, BPKB, STNK kendaraan asli dan masih berlaku serta foto copy.
    4. Membawa kendaraan yang akan mempergunakan fasilitas CPD. Bawa serta foto kendaraan, foto nomor mesin dan foto nomor rangka, masing-masing ukuran 8X13 cm.
    5. Surat persetujuan pemeriksaan fisik dan blanko dokumen CPD Carnet.
Sumber: www.ebay.com

2) Siapkan Roadside Assistance

Ini akan sangat dibutuhkan saat kamu meninggalkan kunci mobil di dalam mobil, atau saat aki mobil kamu bermasalah. Benda ini juga dapat membuat kamu lebih tenang di perjalanan, berjaga-jaga saat kamu melewati jalanan yang sepi atau di saat-saat sulit mengharapkan bantuan dari orang lain.

Sumber: www.pixabay.com

3) Periksa kondisi fisik kendaraan kamu sebelum berpergian

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan tentang kondisi fisik kendaraan kamu, yang bisa kamu checklist setelah kamu periksa:

    1. Sistem pendingin pada mesin, hal ini termasuk radiator, kipas pendingin, belt, termostat, dll.
    2. Kondisi ban mobil, jangan lupa untuk memastikan ban cadangan kamu dalam keadaan prima, begitu pula dengan kondisi ban yang sedang digunakan.
    3. Kemudi dan suspensi. Bagi kebanyakan orang memastikan kondisi kemudi dan suspensi mobil adalah sesuatu yang sulit, apalagi dua bagian ini bisa menjadi kesalahan sangat fatal bila tidak diperiksa dengan baik sebelum berkendara. Memeriksakan keadaan kemudi dan suspensi kepada mekanik adalah hal yang paling tepat.
    4. Ganti oli kendaraan kamu. Pastikan volume oli mobil kamu dalam keadaan pas, jika kurang, tambahkan secukupnya saja dan jangan lupa memastikan kilometer oli mobil kamu, jika kamu merasa ragu, mengganti oli mungkin menjadi pilihan terbaik.
    5. Kondisi AC kendaraan kamu. AC mobil bermasalah selama perjalanan pastinya akan menjadi sangat menyebalkan, apalagi dalam keadaan udara panas.

Semoga tips-tips tadi dapat membantu kamu menyiapkan mobil kesayangan kamu untuk menempuh perjalanan dan petualangan bersama kamu. Selamat Traveling.

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline