Pendidikan

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kamu yang sekarang tengah persiapan UN kelas 3 SMA, SMK atau MA, tentunya harus mulai memikirkan tentang jurusan apa yang akan kamu ambil untuk kuliah kamu bukan? Memilih jurusan kuliah memang tidak semudah memilih jurusan di SMA, yang biasanya memilki dua sampai tiga pilihan jurusan. Di bangku perkuliahan, jurusan yang bisa kamu ambil dan pilih sangat bervariasi dan pastinya kamu harus memilih dengan hati-hati, jangan sampai ‘salah jurusan’. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih jurusan kamu saat memasuki kehidupan di universitas.

Perhatikan Minat Kamu

Sumber: www.thebalance.com

Bukan hanya satu dua orang yang memilih jurusan dengan alasan lagi banyak peminatnya. Ini adalah suatu kesalahan kalau akhirnya kamu menyesali pilihan kamu, kamu enggak merasa nyaman sama studi yang kamu ambil, atau malah enggan meneruskan kuliah. Memilih paling bijak adalah dengan memperhatikan minat kamu ya. Ingat! Minat bukan bakat. Kenapa demikian? Selama jurusan itu adalah minat kamu, kamu akan merasa nyaman dan enjoy ngejalaninnya dan merasa tidak terpaksa, sedangkan bakat tidak terdapat pada semua orang, namun kerja keras dan semangatlah yang menentukan. Contohnya, kamu menyukai musik, lalu kamu memutuskan untuk masuk jurusan musik, tapi kamu baru menyukai musik 3 tahun belakangan dan baru menyadari musik adalah minat kamu setelah 3 tahun bermusik. Kemudian kamu memiliki teman yang sudah pegang alat musik dari bayi, dan masuk kuliah ke jurusan musik. Apakah hasilnya akan sama? tentu berbeda, kamu mungkin akan lebih lamban dan dia sudah melesat jauh entah kemana saat kamu masih meraba-raba, namun tidak ada satu pun yang bisa menjamin kalau dia akan menjadi lebih sukses dari kamu. Maka kerja keras adalah hal yang akan membedakan kamu dan dia.

Ingat Latar Belakang Pendidikan Kamu

Sumber: www.pixabay.com

Untuk masuk ke universitas di Indonesia ada berbagai macam peraturan, salah satunya adalah anak IPA boleh masuk jurusan IPS dan anak IPS enggak bisa masuk jurusan IPA (tertentu). Kenapa demikian? Karena akan sangat sulit untuk anak IPS mengejar ketertinggalan pelajaran selama 3 tahun yang dipelajari oleh anak IPA. Jika kamu adalah anak IPS dan masuk ke jurusan IPA tentu kamu akan kesulitan dan harus memulai semuanya dari nol, seperti pom bensin. Tapi, kalau kamu merasa itu adalah minat kamu, mungkin kamu bisa mencoba untuk ikut kursus persiapan, dan kembali lagi pada keyakinan kalau semua bisa teratasi dengan kerja keras.

Fokus!

Sumber: www.medium.com

Cara paling efisien dalam menentukan sesuatu yang pilihannya sangat banyak adalah mengerucutkannya. Dari sekian banyak pilihan, pilihlah lima yang sesuai dengan minat kamu, lalu cari tahu apa saja yang akan kamu pelajari dari jurusan-jurusan tersebut. Fokuslah dengan jurusan yang paling sesuai dengan minat kamu, latar belakang pendidikan kamu dan pastinya kapasitas kamu. Kapasitas itu juga termasuk waktu kamu untuk kuliah, jika kamu kuliah sambil bekerja, mungkin perkuliahan dengan jadwal sangat padat kurang cocok buat kamu atau kamu bisa memilih jurusan yang akan mendukung pekerjaan kamu. Setelah itu, pilihlah dua jurusan yang menurut kamu paling tepat buat kamu, dan fokuslah untuk tes penerimaan untuk kedua jurusan tersebut.

Carilah Referensi Sebanyak-Banyaknya

Sumber: www.thebalance.com

Untuk mendukung kamu lebih fokus memilih jurusan, ada baiknya kamu mencari sebanyak-banyak referensi dan informasi tentang jurusan yang akan kamu pilih. Carilah referensi dari universitas terkait dan referensi dari personal. Jika kamu belum memiliki banyak kenalan yang sudah berstatus ‘mahasiswa’, kamu bisa tanya pendapat orang tua kamu atau pendapat-pendapat personal yang bisa kamu baca dari blog-blog atau review personal yang ada di internet.

Nah, setelah tips-tips di atas yang bisa kamu lakukan adalah bekerja keras untuk masuk di jurusan tersebut. Setelah diterima di jurusan tersebut, ingatlah ini adalah pilihan yang kamu ambil dan buat sendiri, dan kamu harus bertanggung jawab menyelesaikannya hingga akhir, jangan mangkir di tengah jalan ya. Baiklah! Selamat mencoba!

Tags

You are special, you are unique, so don’t try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close