Tips dan Trik

Tips Aman Bersepeda Sambil Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik sambil berolahraga terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kinerja dan memperpanjang latihan.

Namun, jika kamu tidak berhati-hati, bersepeda atau berlari di jalan saat mengenakan headphone atau earphone dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Terutama, jika kamu menggunakan perangkat yang dapat meredam kebisingan atau fitur noise-cancellation.

Mungkin bahaya yang menyertai saat bersepeda sambil mendengarkan lagu favorit di jalan raya tidak cukup untuk membuatmu patah semangat, jadi inilah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan bersepeda, seperti yang disusun oleh CNET:

Menggunakan Satu Earbud

Sumber Foto: pixabay.com

Cara termudah untuk tetap dapat menikmati beat-beat dari lagu favoritmu dan tetap aman dalam bersepeda adalah dengan hanya menggunakan satu earbud saja. Dengan cara ini kamu masih dapat menikmati musik di satu telinga dan telinga yang lain mendengarkan suara klakson, kendaraan yang melaju, dan suara lainnya yang bisa membuat kamu tetap aman berkendara.

Pastikan Volume Tetap Rendah

Sumber Foto: pixabay.com

Turunkan volume dan pastikan headphone atau earphone masih memungkinkan kamu untuk mendengar lingkungan sekitar. Usahakan tidak menggunakan perangkat yang memiliki fitur noise-cancellation; karena hal tersebut bisa membuatmu tidak mendengar suara lalu lintas di sekitar.

Cobalah Tipe “Bone Conduction Headphones”

Sumber Foto: welovecycling.com

Gadget berteknologi tinggi ini bekerja dengan mendekode gelombang suara dan mengirimkannya langsung ke kokleamu sebagai getaran melalui tulang pipi, melewati gendang telinga. Dengan perangkat ini, kamu tidak perlu mencolokkan earphone ke telinga sama sekali.

Bluetooth Speaker

Sumber Foto: husandhem.co.uk

Alternatif untuk ‘bone conduction headphones’ adalah dengan menggunakan Bluetooth speaker kecil dan menempelkannya ke ransel atau pakaianmu. Tentu saja, orang lain akan mendengarkan musikmu juga, tetapi alternatif ini masih lebih baik daripada bersepeda dengan gangguan yang berisiko tinggi.

Helm Bluetooth

Sumber Foto: amazon.co.uk

Helm diperlukan saat bersepeda, oleh karena itu, mengenakan helm berkemampuan Bluetooth mungkin merupakan alternatif yang baik untuk memastikan keselamatanmu dalam perjalanan yang menyenangkan.

Berhenti Saat Ingin Menyesuaikan Musik

Sumber Foto: executivestyle.com.au

Bersepeda sambil mengatur volume, mengganti lagu, atau memperbaiki earphone atau speakermu adalah ide yang buruk. Menepi untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan, dan lanjutkan begitu kamu sudah siap untuk pergi.

Sumber: The Jakarta Post

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close