Traveling

Tidur Saat Pesawat Lepas Landas Tidak Baik Untuk Kesehatanmu, Kenapa?

Pesawat saat ini sudah menjadi salah satu alat transportasi masal yang banyak digunakan di seluruh dunia. Perjalanan menggunakan pesawat biasa diambil karena dinilai dapat menghemat waktu lebih banyak dibandingkan alat transportasi lainnya. Selain itu, pesawat dinilai sebagai alat transportasi yang praktis dan nyaman, dan saat ini memiliki harga yang cukup bersaing dengan alat transportasi lainnya. Bagi beberapa orang, perjalanan menggunakan pesawat sering kali digunakan sebagai waktu untuk beristirahat dari lelahnya perjalanan yang ditempuh sebelumnya atau aktivitas-aktivitas lainnya dan ini dilakukan oleh begitu banyak orang di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu jika tidur saat pesawat lepas landas tidak baik untuk kesehatanmu?

Sumber: www.thoughtco.com

Tidur saat pesawat lepas landas dapat menyebabkan masalah pada telinga penumpang. Hal ini dikarenakan tekanan udara yang terjadi di dalam pesawat. Tekanan udara saat penumpang berada di puluhan ribu kaki di udara dan ketika penumpang berada di darat tentu saja berbeda. Perbedaan tekanan ini harus disesuaikan oleh tubuh terlebih dahulu, sama halnya ketika kamu berada di dalam air. Pada saat kamu tidur tubuh akan kesulitan melakukan penyesuaian, hal ini dapat menyebabkan infeksi, pusing hingga kerusakan gendang telinga.

Apoteker Angela Chalmers menguraikan hal ini dengan cara yang lebih sains, menjelaskan bahwa:

“Perubahan ketinggian secara cepat, mempengaruhi tekanan udara di telinga, ini menyebabkan vakum di tabung Eustachi membuat telinga terasa tersumbat dan terdengar kusam. Cobalah untuk tidak tidur saat lepas landas dan turun karena saat anda tidur anda tidak akan sering menelan dan Hal ini dapat menyebabkan telinga tersumbat”

Sumber: www.gravidaseantenadas.com.

Dalam beberapa kasus yang cukup parah, perubahan tekanan secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan kehilangan pendengaran dan mimisan. Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi, saat pesawat lepas landas dan mendarat, penumpang dianjurkan untuk mengunyah permen, hal ini akan membantu produksi air liur lebih banyak dan mendorong keinginan untuk mengunyah. Mengunyah akan membantu vakum dalam telinga akan terbuka saat terjadi perubahan tekanan dalam ketinggian.

Sebenarnya banyak hal yang bisa saja mengganggu kesehatan kamu saat berpergian dengan pesawat, seperti kebersihan selimut kamu, dan aliran darah yang kurang lancar akibat terlalu lama duduk. Menjaga kesehatan sebelum dan selama berpergian serta mengkonsumsi vitamin, mungkin dapat membantu kamu dan menjadi solusi terbaik. Semoga perjalananmu menggunakan pesawat menyenangkan, save flight!

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline