Populer

Ini Tempat Wisata Ramah Anak di Yogyakarta untuk Momen Liburan Sekolah

AkuPaham – Libur sekolah hampir tiba. Yuk rencanakan liburan singkat ke luar kota untuk momen bersantai dengan keluarga, terutama untuk memanjakan anak setelah ujian sekolah berakhir. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan stres di masa pandemi ini yang mengharuskan mereka lebih sering belajar online dari rumah. Ke Yogyakarta saja yuk untuk refreshing sejenak!

Ya, Yogyakarta punya banyak sekali tempat wisata yang ramah anak dan juga asyik dikunjungi bersama keluarga. Kulinernya pun enak-enak. Selain itu kota ini juga bisa dicapai dengan transportasi umum seperti bus dan travel. Kamu bisa memilih naik travel agar tidak perlu repot-repot nyetir Jakarta – Yogyakarta. Cukup pesan bus dan travel Jakarta Yogya dengan mudah lewat Traveloka dan kamu pun tinggal duduk manis menikmati perjalanan.

Nah sebagai referensi, berikut ada 3 destinasi wisata ramah anak di Yogyakarta yang bisa masuk dalam itinerary liburan kamu bersama keluarga di momen libur sekolah nantinya.

1. Taman Pintar

Taman Pintar Jogja. Sumber: Aneka Wisata

Taman yang berada di pusat Kota Yogyakarta ini bisa jadi pilihan tempat wisata yang menarik, edukatif dan juga menyenangkan untuk dikunjungi. Taman seluas 1,2 hektar ini memiliki 10 wahana, 64 zona dan 1470 alat peraga interaktif yang bisa dinikmati lho!

Tak perlu khawatir karena disini ada pemandu yang siap menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin terlontar dari anak yang penasaran dengan berbagai alat peraga yang ada di taman ini. Untuk alat peraganya, tersedia alat peraga tiga dimensi, digital dan juga Augmented Reality (AR).

Jangan sampai ketinggalan melihat berbagai alat peraga unggulan yang ada di taman ini, seperti Simulasi gempa, generator Van de Graff, Harpa tak Berdawai, Spektrum Warna, Dinding Berdendang. AR Anatomy, AR Digital Aquarium dan juga gamelan.

Disini anak-anak bisa mempelajari banyak hal baru sambil bermain karena memang tempat wisata ini memadukan antara pusat sains atau ilmu pengetahuan dengan suasana yang rekreatif dan juga menyenangkan.

Ada juga gedung planetarium yang siap untuk dijelajahi lho! Bisa juga ke wahana Kampung Kerajinan dimana kamu bisa melihat berbagai kreatifitas budaya Yogyakarta dalam hal kerajinan, seperti kreasi gerabah, gerabah lukis, lukis kaos hingga membatik.

Tersedia juga playground ramah anak lengkap dengan banyak permainan yang tentunya akan menghibur si kecil. Di bagian outdoor terdapat Zona Etika Lalu Lintas dimana si kecil bisa praktek berkendara aman di jalanan dengan berbagai rambu lalu lintas yang harus diperhatikan.

Oh ya, taman ini berada dekat dengan Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societeit Militair dan Gedung Agung sehingga kamu bisa sekalian mampir ke berbagai tempat wisata menarik di sekitarnya.

2. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark. Sumber: Kellogs NYC

Dari namanya saja sudah kelihatan jika tempat wisata ini menawarkan wisata edukatif dan juga menyenangkan untuk anak serta orang dewasa. Di tempat wisata ini terdapat wahana menonton film dengan format 2D hingga 8D yang bisa dinikmati segala usia.

Ada juga Cakra Manggilingan atau bianglala besar nan tinggi yang memungkinkan kamu dan keluarga menikmati indahnya Kota Yogyakarta dari ketinggian. Ada juga banyak wahana menarik lainnya yang bisa dinaiki, seperti kora-kora, Kursi Mabur, Family Coaster dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membawa si kecil mengunjungi wahana Panggon Lunjak yang menggabungkan trampolin dan juga sling shot yang pasti bisa membuat si kecil kegirangan lompat kesana kemari. Khusus untuk orang dewasa, coba uji nyali ke wahana House of Terror yang mirip dengan wahana rumah hantu yang mendebarkan.

Di sini juga ada Dino Park dan House of Batik yang sarat dengan edukasi seputar batik dan juga jenis-jenis dinosaurus. Anak-anak pasti suka!

3. Kids Fun Park Yogyakarta

Kids Fun Park. Sumber: Family Goer

Satu lagi tempat wisata taman bermain lengkap di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Ini tempat yang tepat untuk bermain di berbagai wahana permainan yang seru. Disini terdapat 23 wahana yang bisa dinikmati anak-anak lho! Mulai dari flying fox, bombom car, rafting dan yang paling ramai peminatnya adalah bermain gokart. Anak bisa naik gokart sendiri atau gokart double dengan ditemani oleh orang tua.

Tenang, ada juga kok pilihan wahana permainan yang bisa dinikmati semua umur. Ada juga wahana Aqua Splash yang mirip waterpark untuk menghibur si kecil yang suka bermain air. Disini terdapat kolam dengan berbagai air mancur dan perosotan seru yang bisa dicoba lho!

Nah terdengar menyenangkan bukan liburan ke Yogyakarta bersama keluarga? Yuk segera rencanakan liburanmu dengan beli tiket bus travel yang diinginkan dan beli tiket masuk ke tempat wisata yang ingin dikunjungi secara online dengan mudah. Pakai Traveloka juga bisa lho!

Meski masih dalam suasana pandemi, namun bepergian ke luar kota tetap bisa dilakukan dengan  menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Selamat berlibur dan jangan lupa pakai masker, dan rajin cuci tangan!

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button