Bisnis

Telkom Group Menyiapkan USD 500 Juta Untuk Berinvestasi Dalam Startup

AKUPAHAM.COM – Telkom Group, penyedia jaringan dan layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, telah menyiapkan USD 300 hingga 500 juta untuk investasi. Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung transformasi digital perusahaan milik negara dengan berinvestasi di startup, Daily Social melaporkan.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa investasi dalam platform digital, seperti startup, penting untuk keberlanjutan Telkom. “Industri telekomunikasi memiliki pengeluaran modal yang sangat tinggi, itu sebabnya kita perlu beralih dari hanya [berinvestasi dalam] infrastruktur digital untuk memasukkan platform digital juga,” katanya.

Telkom venture, Metra Digital Innovation (MDI) Ventures, akan mengelola uang. Pendanaan baru ini, dijuluki Telkom Fund II, ditujukan untuk pertumbuhan dan tahap awal start-up. Namun, sumber uang belum diungkapkan.

MDI Ventures kebanyakan mengumpulkan uang dari investor lokal. Ketika mereka pertama kali didirikan pada tahun 2015, Telkom menyuntikkan 100 juta dolar AS, diikuti oleh 40 juta dolar AS lainnya pada Mei 2019. Mereka mulai menerima investasi asing pada September 2019, dengan Kookmin Bank Korea Selatan sebagai salah satu mitra terbatas mereka. Tahun lalu, mereka meluncurkan Dana Centauri bekerja sama dengan KB Investasi Korea Selatan, dengan dana USD 150 juta yang siap diinvestasikan untuk memulai tahap pertumbuhan.

Hingga saat ini, MDI Ventures telah berinvestasi di 35 perusahaan baru secara global, termasuk aplikasi peminjaman kredit Indonesia Kredivo. Usaha asing mereka termasuk Geniee Jepang dan Whispir Australia.

Sumber: KrAsia

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close