PopulerSains dan Teknologi

Tahun 2020 Kamu Dapat Mengirim Pesan Hanya Dengan Berfikir

Start-up teknologi New York City yang disebut Ctrl-Labs sedang mengerjakan gelang elektromiografi, yang bisa membaca gelombang otak dan menerjemahkan gelombang tersebut secara langsung ke teks di layar komputer, tanpa harus mengetikkan kata dengan jari kita sendiri. Dua orang ahli ilmu saraf berada di belakang proyek tersebut, yakni Dr Patrick Kaifosh dan Dr Thomas Reardon, yang terakhir ini telah menemukan Internet Explorer. Kedua orang ini tahu persis apa yang mereka lakukan saat memikirkan pemikiran manusia di atas sebuah mesin, dan membuat mesin itu menjadi identitas utama dan identitas sekunder manusia.

Seberapa sering kita melakukan pencarian informasi menggunakan Google? Google telah menggantikan pengetahuan aktual yang mungkin kita pelajari di sekolah. Seberapa cepat semua informasi di dunia menjadi begitu relatif sehingga kita merasa seolah-olah kita dibanjiri data ? Sehingga efek destabilisasi teknologi terhadap individualitas dan kedirian akan terus membawa perubahan pada abad ke-21, di mana informasi dari setiap orang dapat tersebar dengan mudah, baik informasi yang kita ucapkan secara langsung, maupun informasi yang kita simpan di pikiran kita selama ini.

Dr. Kaifosh berkata: “Kami sedang mengembangkan sistem untuk menghubungkan output saraf Anda ke mesin yang terhubung dengan otot yang mengendalikan ucapan Anda. Sama seperti Anda tidak memikirkan otot mana yang Anda aktifkan saat berbicara, Anda tidak perlu memikirkannya. bagaimana Anda mengkomunikasikan teks ke layar komputer”.

binary
Binary-Pixabay

Akhirnya, apakah semua komunikasi akan terbagi menjadi satu arus informasi, satu forum atau grup obrolan yang menggantikan semua pemikiran dan gagasan pribadi Anda? Pertimbangkan baik-baik konsekuensi dari penggunaan perangkat lunak gelombang otak ini. Jika pikiran semua orang di sekitar Anda dapat ditransmisikan dalam bentuk teks ke layar komputer, maka Anda akan kehilangan privasi karena pikiran Anda dapat dibaca secara langsung. Bukan hanya pikiran tentang apa yang Anda pikirkan hari ini tetapi bisa jadi ide-ide jenius Anda akan mudah diketahui oleh orang lain ketika Anda menggunakan perangkat ini.

Apakah Anda punya sesuatu untuk disembunyikan? Apakah keintiman pikiran terlalu rahasia dan indah untuk ditransmisikan secara instan? Nah, Facebook dan Tesla keduanya juga mengerjakan teknologi membaca gelombang otak. Elon Musk ingin memasukkan pikiran ke komputer, Zuckerberg ingin mengakhiri semua privasi di Bumi. Jika ini benar-benar terjadi dan semua orang menggunakan perangkat yang sama untuk mengirim pesan ke orang lain, akankah Anda menggunakan perangkat ini?

Nampaknya privasi manusia tidak akan menjadi hal yang rahasia lagi di masa depan, namun pastikan bahwa apa yang Anda pikirkan adalah hal yang positif sehingga membawa dampak dan pengaruh baik dalam upaya penyebaran informasi positif di tengah masyarakat abad 21.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline