Kesehatan

Syaraf Kejepit – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya dengan Tepat

Syaraf Kejepit – Syaraf memiliki peranan yang amat penting dalam tubuh manusia. Jika ada salah satu syaraf yang terganggu, maka tubuh kita akan merasakan sensasi yang tidak nyaman. Tak jarang membuat penderitanya sulit tidur dan mengganggu kegiatan sehari-hari akibat sakit yang luar biasa. Syaraf kejepit atau Pinched Nerve dalam bahasa inggris merupakan kondisi di mana syaraf tertekan oleh bagian sekitarnya sehingga syaraf mengirimkan sinyal seperti rasa nyeri kepada penderitanya. Rasa nyeri pada penderita syaraf kejepit sangat bervariasi, tergantung dari gangguan atau kerusakan pada syaraf tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, akan memungkinkan syaraf tersebut semakin rusak dan sulit untuk disembuhkan, oleh sebab itu tak ada salahnya jika kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter syaraf jika dirasa rasa sakit yang kamu alami sangat mengganggu dan diakibatkan oleh syarat kejepit.

Apa Penyebab Syaraf Kejepit?

Pinched Nerve
Pinched Nerve – Mahnoor Tips & Tricks

Syaraf Kejepit dapat diakibatkan oleh tekanan yang hebat pada daerah syaraf. Tekanan ini biasanya diakibatkan oleh gerakan yang terus berulang dalam jangka waktu yang cukup lama. Tekanan ini dapat terjadi ketika syaraf tertekan di antara jaringan dengan ligamen, tendon, atau tulang. Sehingga syaraf tidak mampu menahan tekanan dan harus terjepit di antara tekanan tersebut. Rasa nyeri akibat syarat kejepit umumnya dapat dirasa pada daerah punggung, leher, dan bahu. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dirasakan pada daerah tubuh lainnya karena tergantung kasus yang dihadapi.

Kebiasaaan yang dapat menyebabkan syaraf kejepit

Angkat Barang Berat
Angkat Barang Berat-journal.sociolla.com
  1. Posisi postur tubuh yang tidak baik, khususnya daerah tulang belakang
  2. Rematik atau arthritis di daerah pergelangan tangan
  3. Berat badan yang berlebihan
  4. Melakukan olahraga yang berat
  5. Stress karena pekerjaan yang berulang

Dari lima poin di atas, kamu harus bijak dalam memperlakukan tubuhmu agar syaraf tidak cidera diakibatkan oleh tekanan yang hebat pada daerah syarafmu. Biasakanlah untuk selalu menjaga postur tubuh tetap sesuai dan melakukan olahraga yang sesuai dengan kekuatan tubuhmu. Karena jika sudah terjadi syaraf terjepit maka akan cukup sulit untuk memulihkannya. Di sisi lain, jika kamu membiarkan rasa nyeri terus menjalar pada tubuhmu dikarenakan syaraf kejepit maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, di mana jaringan lunak atau pelindung di daerah syaraf akan pecah. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menyebabkan pembengkakan, tekanan yang kuat, serta jaringan parut. Lebih parahnya lagi akan merusak syaraf secara permanen jika tidak ditangani secara serius dan tepat.

Gejala Syaraf Kejepit

Pinched Nerve
Pinched Nerve-stjudesclinic.com.au

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, pastikan bahwa kamu memiliki gejala di bawah ini.

  1. Mati rasa seperti kebas pada daerah leher atau punggung bagian bawah
  2. Terasa sakit yang luar biasa seperti sensasi terbakar yang menjalar
  3. Sering kesemutan
  4. Kekuatan otot yang melemah pada bagian yang menderita syaraf kejepit
  5. Merasakan sakit seperti ditusuk-tusuk jarum

Ketika kamu merasakan lima gejala di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena kondisi tersebut akan semakin memburuk jika kamu melakukan gerakan yang salah.

Pengobatan Syaraf Kejepit

medicin
medicin-Pixabay

Ada beberapa cara untuk melakukan pengobatan pada penderita syaraf kejepit, karena tergantung dari seberapa sakit yang dirasa oleh penderita. Begitu juga dengan jangka waktu pengobatan yang harus ditempuh karena kasus setiap orang mungkin akan berbeda. Kamu mungkin harus istirahat total ketika menjalani pengobatan ini atau dilarang melakukan kegiatan yang sangat berat. Adapaun obat yang biasa disarankan oleh dokter adalah:

  1. Aspirin, naproxen, dan ibuprofen untuk mengurangi bengkak
  2. Kortikosteroid oral untuk mengurangi rasa nyeri
  3. Injeksi steroid untuk mengurangi bengkak dan rasa sakit yang tak tertahankan

Namun jika kasus syaraf kejepit yang kamu derita sudah sangat serius, operasi mungkin dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengembalikan posisi syaraf kamu pada kondisi semula.

Tetap jaga kesehatan syarafmu dengan melakukan olahraga yang dianjurkan oleh dokter, atau dari terapis rehabilitasi medis mu. Dan jangan lupa untuk terus membaca AkuPaham karena banyak sekali informasi menarik yang dapat menambah wawasanmu tentang syaraf kejepit.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close