Info BeasiswaPendidikan

Surat Rekomendasi LPDP yang Baik dan Benar

Surat rekomendasi LPDP – Dalam proses melamar beasiswa, biasanya penyedia dana beasiswa akan menyaratkan surat rekomendasi di dalam aplikasi. Namun mulai muncul pertanyaan dari beberapa kandidat, yakni siapakah orang yang tepat untuk memberikan surat rekomendasi di dalam aplikasi beasiswa tersebut.

Banyak yang keliru dan salah dalam mengartikan surat rekomedasi lpdp, di mana pelamar beranggapan bahwa semakin tinggi jabatan seseorang yang memberikan surat rekomendasi lpdp maka akan semakin berpengaruh, namun pada kenyataannya ini adalah hal yang amat keliru. Beberapa diantaranya juga ada yang beranggapan bahwa dengan melampirkan surat rekomendasi lpdp lebih dari satu rekomendasi akan dapat meyakinkan interviewer, namun lagi-lagi ini adalah kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pelamar lpdp. Lantas surat rekomendasi ldpd seperti apa yang dapat membantumu?

Berikut adalah surat rekomendasi lpdp yang harus kamu gunakan

1 – Direkomedasikan Oleh Orang yang Kenal Dekat

Cara menjadi jutawan di usia dua puluhan
Orang dekat- Pixabay

Surat rekomendasi lpdp akan semakin kuat jika kamu mendapatkannya dari seseorang yang mengenalmu dengan baik dan cukup akrab, karena dengan begitu, orang yang merekomendasikan dapat melihat potensimu dengan baik. Mereka juga akan lebih terbuka untuk memberikan surat rekomendasi yang benar-benar akurat, bukan hanya berisi angin kosong belaka. Sehingga penyedia dana beasiswa dapat menilai dengan baik dari surat rekomendasi tersebut. Orang yang mungkin kamu jadikan sebagai rekomendator adalah dosen pembimbing skripsi, dosen mata kuliah, ketua jurusan, tokoh masyarkat atau atasan kerjamu. Namun pastikan bahwa mereka memang mengenal baik dirimu sehingga dapat menuliskan surat rekomendasi lpdp dengan jelas dan gamblang.

2 – Direkomendasikan Oleh Orang yang Kenal Cukup Lama

LGD LPDP
LGD LPDP-Bizkaiatalent.eus

Jika kamu meminta surat rekomendasi lpdp kepada seseorang yang baru kamu kenal dalam sebulan, mungkin ini akan menjadi bencana bagimu. Bagaimana mungkin orang tersebut dalam mengenalimu dengan baik, bahkan mengetahui sederet potensi yang kamu miliki jika baru kamu kenal dalam sebulan. Sehingga harus selalu kamu pastikan bahwa orang yang akan menjadi rekomendatormu memiliki hubungan yang cukup lama denganmu, semisal lebih dari setahun. Hal ini akan memudahkan pemberi rekomendasi untuk menggali dan mengenali potensimu lebih jauh, baik dari segi akademis maupun non akademis.

3- Direkomendasikan Oleh Orang yang Tepat

Beasiswa LPDP Afirmasi
Mata-Entrepreneur.com

Kebanyakan pelamar lpdp direkomendasikan oleh orang yang memiliki jabatan yang sangat tinggi, seperti rektor, pembantu rektor, dekan, atau bahkan menteri. Hal ini tentu tidak akan membantu kamu untuk dapat lulus dari seleksi lpdp, sebaliknya ini akan menjadi boomerang bagimu karena orang yang merekomendasikanmu tidak mengenal baik dirimu, atau mungkin mereka tidak mengenalmu sama sekali. Kedudukan surat rekomendasi lpdp dalam proses seleksi memiliki peranan yang sangat penting karena interviewer dapat menilaimu dari aspek luar, yakni sudut pandang rekomendator. Namun apa jadinya jika ternyata surat rekomendasimu berasal dari orang yang tidak mengenalmu dengan baik, atau bahkan rekomedator tidak dapat menjelaskan dengan jelas sisi baikmu? Nah, ini tentu akan menjadi sesuatu yang amat bias di mata interviewer.

Dalam mendapatkan surat rekomendasi lpdp, tidak harus dari orang yang memiliki jabatan tinggi atau dari orang yang memiliki pengaruh besar di negeri ini. Namun carilah orang yang mengenal pribadimu dengan baik, mengenal potensimu secara jelas, dan orang yang pernah dan selalu hadir di setiap proses akademismu karena mereka lah yang lebih mengerti tentang seluruh kelebihanmu. Dan jika kamu seorang karyawan, mintalah surat rekomendasi ldpd dari atasan kerja yang langsung berhubungan denganmu.

Selamat berjuang dalam proses beasiswa lpdp, dan jika kamu masih ingin mencari sumber referensi terpercaya mengenai lpdp, kamu dapat mengunjungi laman AkuPaham karena di sana banyak sekali artikel menarik yang dapat menambah wawasan terkait seleksi lpdp dan surat rekomendasi lpdp.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close