PopulerSains dan Teknologi

Sistem Pendingin Ala Paris, Bukan AC Lho

AKUPAHAM.COM – Kota Paris melalui deputi walikota Jean-Louis Missika mengumumkan bahwa pihaknya tengah berencana untuk memperluas sistem pendingin urban ramah lingkungan. Selama 30 tahun kebelakang, pemerintah Paris telah bekerja sama dengan Engie, utilitas asal Prancis untuk mengoperasikan sistem pendingin di kota tersebut. Bukan AC, Sistem pendingin urban ramah lingkungan tersebut adalah sistem pendingin yang menggunakan jaringan pipa air bawah tanah.

Dalam rencana perluasan, pipa tersebut nantinya akan disalurkan ke rumah-rumah serta perusahaan kecil. Jaringan pipa sepanjang 75km yang saat ini dioperasikan oleh Engie, mengalirkan air dari Sungai Seine ke gedung-gedung sekitar jalur pipa tersebut. Namun pelanggannya masih terbatas pada rumah sakit, museum, pusat perbelanjaan dan hotel saja.

Ide untuk memperluas layanan ini merupakan terobosan untuk menekan jumlah air conditioner atau AC yang penggunaannya dalam skala rumah tangga terus meningkat karena pengaruh pemanasan global. Pada 25 Juli musim panas tahun ini, Paris mencatatkan rekor temperatur tertinggi dalam sejarah kota tersebut dimana suhu mencapai 40.6 derajat selsius.

Sistem Pendingin Ala Paris, Bukan AC Lho. Sumber: Pixabay
Sistem Pendingin Ala Paris, Bukan AC Lho. Sumber: Pixabay

Missika menyatakan bahwa pihaknya ingin menekan penggunaan AC di lingkup residensial dikarenakan efeknya yang buruk terhadap lingkungan. Missika menyatakan program yang diberi nama Climespace cooling network ini akan menjadi yang terbesar di Eropa 20 tahun mendatang. Pihaknya berharap bahwa nantinya sistem yang saat ini hanya menjangkau 43% dari kota Paris tersebut akan menjangkau 100% di tahun 2039.

Tahun 2020 mendatang, pemerintah kota Paris akan membuka lelang untuk operator baru bagi Climespace cooling network. Persyaratan utamanya adalah harus mengutamakan perluasan dari Climespace cooling network tersebut. Meski menolak perusahaan mana saja yang kemungkinan ikut dalam lelang, seorang narasumber menyatakan sudah ada beberapa perusahaan utilitas asal Prancis seperti Dalkia dan Idex yang sudah tertarik.

Sumber: Reuters

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close