Populer

Seorang Blogger Asal Jepang Tewas Setelah Memberikan Seminar

AkuPaham – Pada Minggu Malam, seorang blogger produktif asal Jepang yang juga pakar keamanan cyber, Kenichiro Okamoto, mengadakan seminar di kota Fukuoka tentang bagaimana menulis di internet. Selama dua jam acara berlangsung, Kenichiro Okamoto memberikan banyak kiat tentang bagaimana menangani berbagai masalah blog seperti yang telah ia hadapi selama bertahun-tahun, bagaimana meningkatkan traffic, menarik pembaca, kesalahan ketik hingga ancaman hokum dan permusuhan yang kerap terjadi di internet.

Setelah seminar berlangsung, Kenichiro pergi ke kamar mandi dan mendapat serangan dari seseorang yang mengakibatkan ia kehilangan nawanya. Kenichiro ditusuk hingga tewas oleh seorang penyerang yang kemudian menyerahkan dirinya kepada polisi. Penyerang bernama Hidemitsu Matsumoto, pria berusia 42 tahun. Dia mengatakan bahwa dia memiliki dendam pada Kenichiro dikarenakan pertukaran secara online yang mereka lakukan dan dia kemudian memutuskan untuk membunuh Kenichiro.

Sebelum menyerahkan diri, seorang pengguna dengan nama Teino Sensei memposting keterangan bahwa mereka berencana untuk menyerah dan bertanggung jawab atas apa yang telah mereka lakukan. Teino sensei dan kenichiro telah cukup lama bentrok dalam dunia maya. Kenichiro sendiri telah membuat daftar ratusan akun dan nama alias yang digunakan Teino Sensei untuk menganggunya sejak tahun 2016.

Pada tanggal 2 Mei, Kenichiro mempublikasikan sebuah tulisan yang mendeskripsikan bagaimana layanan blognya yaitu Hatena telah membekukan akun Teino Sensei setiap kali ada laporan yang masuk. Bagaimanapun hal ini tidak membuatnya berhenti dari membuat akun baru. Kenichiro juga mengatakan bahwa “tidak masalah bagi orang-orang seperti saya yang terbiasa dengan kata-kata kasar, kebanyakan orang takut dengan itu.”

Namun hingga saat ini polisi belum memberikan kepastian bahwa Matsumoto adalah Teino Sensei, pembunuhan ini adalah sebuah pengingat yang buruk bahwa kejahatan online bias saja mengakibatkan konsekuensi yang fatal pada kehidupan nyata.

Sumber: The Verge

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close