Sains dan Teknologi

Sebuah Sekolah di Cina Mengawasi Muridnya melalui Teknologi Pengenal Wajah

AkuPaham – Sebuah sekolah di Cina menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mengawasi dan menganalisis perilaku dari para murid. Teknologi ini memindai wajah dari setiap murid di sekolah tingkat atas di Hangzhou setiap 30 detik sekali. Setiap 30 detik, alat ini akan merekam ekspresi wajah dari murid dan mengelompokkannya menjadi senang, marah, takut, bingung dan upset. Sistem ini juga merekam aktivitas murid seperti menulis, membaca, mengangkat tangan serta tidur di atas meja.

Menurut Global Times, sistem ini bernama “sistem manajemen perilaku di kelas,” yang juga bertugas untuk melakukan absensi, membayar makanan para murid di kantin melalui scan wajah, dan meminjam buku atau alat lainnya dari perpustakaan.

Sekolah di Cina Mengawasi Muridnya melalui Teknologi Pengenal Wajah
Sekolah – Freepik

Wakil kepala sekolah menjelaskan bahwa walau menggunakan sistem ini privasi dari para murid tetap terjaga, karena sistem tidak menyimpan gambar aktual dari kelas, dan menyimpan data yang ada di server lokal. Teknologi pengenal wajah memang telah menyebar luas di China, yang sebagian besar digunakan untuk memprediksi kejahatan sebelum terjadi.

Namun tahun lalu, perusahaan Qihoo 360 menutup ratusan channel pengintai livestreaming setelah peningkatan kekhawatiran tentang privasi. Channel tersebut menyiarkan rekaman dari kamera yang berada di lokasi publik seperti restoran, kolam renang, kelas, yang hanya dilindungi dengan kata kunci.

Tetapi sistem pengamanan canggih tengah naik daun di Cina. Hal ini diakibatkan kenaikan tingkat kekerasan dan ‘praktik yang dipertanyakan’ di kalangan taman kanak-kanak. Di Beijing semua taman kanak-kanak wajib memiliki sistem pengawas, beberapa di antara bahkan terhubung langsung dengan kantor polisi setempat yang ikut mengawasi.

Penggunaan sistem pengenal wajah meningkat tajam di Cina, untuk meningkatkan efisiensi dan memperbaiki dan mengawasi kebijakan yang ada. Kamera biasanya digunakan untuk menangkap pejalan kaki yang kerap menyeberang tidak di zebra cross, menemukan buronan, bahkan memprediksi kejahatan sebelum terjadi.

Saat ini bukan hanya Cina yang memperkenankan sistem pengawasan di sekolah. Pada awal tahun 2018, pemerintahan di ibu kota India, New Delhi mengatakan akan mengimplementasikan kamera pengawas di seluruh sekolah negeri, yang memungkinkan orang tua mengawasi anak mereka kapan pun.

Sumber: Business Insider

 

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close