Pendidikan

Seberapa tinggi kita bisa mendirikan bangunan?

Jika ditanya apakah bangunan yang paling tinggi saat ini, tentu sebagian besar dari kamu sudah mengetahuinya. Ya, benar! Burj khalifah di Dubai. Bangunan super tinggi ini memiliki tinggi 828 meter. Sebelum Burj Khalifa, di posisi kedua terdapat Shanghai Tower yang memiliki tinggi 632 m, kemudian di posisi ketiga terdapat Mekkah Royal Tower dengan tinggi 601 m. Bangunan-bangunan tinggi ini terlihat sangat menakjubkan, dan tambah menakjubkan karena buah tangan dari pekerjaan manusia.

Tentunya setelah Burj Khalifa akan ada lagi bangunan lebih tinggi yang akan dibangun, yaitu Jeddah Tower. Bangunan ini akan memiliki tinggi sekitar 3280 kaki atau 1000 meter. Jeddah Tower  akan menjadi bangunan tertinggi di dunia dan akan menjadi bangunan pertama yang memiliki tinggi 1 kilometer. Bangunan super tinggi ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Apakah akan ada bangunan yang dibangun lebih tinggi dari Jeddah tower setelah tahun 2020? Lalu seberapa tinggikah manusia dapat membangun sebuah bangunan?

Kendala membangun bangunan tinggi.

Seberapa tinggi kita bisa mendirikan bangunan?
Shanghai Tower- Pixabay

Angin.

Kamu tentunya merasa sangat senang saat dihampiri angin sepoi-sepoi di siang hari dengan panas terik yang membakar. Berbeda dengan yang kamu rasakan, angin sepoi-sepoi ini bisa menjadi sangat kencang di tempat yang tinggi. Seperti pohon tinggi yang bergoyang terkena angin, maka bangunan super tinggi pun dapat bergoyang. Agar tidak bergoyang diterpa angin kencang, pastinya sebuah bangunan super tinggi harus memiliki fondasi dan struktur inti yang sangat kuat.

Burj Khalifah sendiri memiliki struktur inti berupa beton bertulang, dengan berat 110.000 ton. Agar terlindung dari kencangnya angin dan tetap kuat walau diterjang gempa, Burj Khalifah dibangun di atas fondasi yang terdiri dari 192 tiang yang masing-masing memiliki panjang 43 m dan diameter 1.5. Fondasi ini ditanam di kedalaman 50 m, beton penyangganya dipasang hingga ketinggian 606 meter atau lantai 156, dan sisanya dibangun menggunakan baja ringan.

Elevator

Seberapa tinggi kita bisa mendirikan bangunan?
Burj Khalifa- Pixabay

Tentunya menggunakan tangga di bangunan super tinggi bukanlah menjadi pilihan. Walau demikian hingga saat ini kabel elevator hanya dapat mengangkat beban hingga ketinggian 600 m, jika lebih dari itu maka elevator akan jatuh akibat bebannya sendiri. Karenanya kita harus berganti-ganti elevator untuk naik di bangunan super tinggi. Pada Burj Khalifah pemberhentian elevator tertinggi berada di ketinggian 638 m. ketinggian ini bisa dicapai penumpang elevator setelah berkendara sejauh 504 m, tentunya dengan elevator ini.

Untuk menyediakan elevator untuk gedung Jeddah Tower, terpilihlah perusahaan Kone setelah bersaing dengan begitu banyak perusahaan seperti Otis, Mitsubishi dan Toshiba. Perusahaan ini telah merilis material bernama Ultrarope. Material ini diklaim dapat mengangkat beban hingga ketinggian 1 km, dan lebih ringan 1/7 dibanding baja. Hingga saat ini elevator dan transportasi di dalam gedung adalah penghalang untuk dibangunnya sebuah gedung super duper tinggi. Semiga ultrarope ini bisa menjadi jawaban untuk masalah ini.

Biaya

Seberapa tinggi kita bisa mendirikan bangunan?
Makkah Royal Clock Tower- ProTenders

Selain kendala-kendala di atas, membangun bangunan super tinggi tentunya akan sangat menguras kantong. Burj khalifah sendiri dibangun dengan biaya yang sangat mahal yaitu, 1500.000.000 USD. Sedangkan Jeddah Tower yang saat ini masih dalam tahap konstruksi akan diperkirakan akan menelan biaya 1600.000.000 USD. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah gedung bukan?

Seberapa tinggi manusia bisa membangun sebuah bangunan?

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa manusia bisa membangun sebuah bangunan yang lebih rendah dari bulan, karena jika membangun lebih tinggi dari bulan kemudian bulan menambrak gedung tersebut, maka dapat dipastikan gedung tersebut akan hancur. Begitu banyak pendapat terkait kemampuan manusia untuk membangun sebuah gedung super duper tinggi. Beberapa tahun lalu sebelum Burj Khalifah berdiri mungkin bangunan dengan tinggi 800 m belumlah terpikirkan. Pada kenyataannya di 2018, bangunan yang akan mengalahkan Burj Khalifah tengah dibangun saat ini. Mungkin suatu saat manusia akan menemukan solusi dan teknologi untuk membangun gedung yang semakin tinggi, asalkan kita memiliki lahan yang cukup sebagai fondasi dari gedung tersebut. Karena semakin tinggi sebuah gedung, maka fondasinya harus semakin luas juga untuk dapat menopang gedung tersebut.

Itulah tadi ulasan singkat tentang ketinggian banguanan yang bisa manusia bangun.  Jangan lupa baca artikel lainnya seputar dunia pendidikan di sini ya!

Sumber: Aku-bisa, BBC, City Lab.

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

2 Comments

    1. Belum ada yang bisa memastikan. Selama manusia terus belajar dan mengembangkan teknologi untuk menopang bangunan tinggi, dan teknologi untuk mendirikannya, saya rasa manusia bisa saja membangun bangun setinggi impian mereka. Mungkin setinggi gunung Everest atau setinggi Puncak Jaya Wijaya di Indonesia, siapa yang tahu? 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close