Pendidikan

Salah Jurusan Kuliah dan Cara Menghadapinya

Salah jurusan memang hal yang tidak menyenangkan bagi mahasiswa, pasalnya orang yang terlanjur salah jurusan di bangku kuliah harus menderita setidaknya selama 4 tahun atau 8 semester untuk menekuni hal yang tidak disukainya. Menurut CEO Aku Pintar, terdapat 87% mahasiswa di Indonesia yang merasa salah jurusan kuliah dan sekitar 71,7% orang memilih profesi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan seorang calon mahasiswa tidak berhasil masuk ke jurusan yang dia inginkan dan terpaksa memilih jurusan yang sebenarnya tidak dia sukai namun memiliki peluang untuk berhasil di masa depan.

Di sisi lain, sistem pendidikan di Indonesia yang mengharuskan pelajar untuk mempelajari semua mata pelajaran telah menimbulkan bias. Hal tersebut tidak memberikan ruang bagi pelajar untuk memilih hal yang sangat disukai namun lebih mendorong pelajar untuk menguasai berbagai bidang dan menimbulkan kebingungan. Maka dari itu, mengetahui passion dan minat memang menjadi hal yang sangat penting. Lantas bagaimana jika kita terlanjur salah jurusan ?

Kiat Menghadapi Salah Jurusan Kuliah

1. Jalani dengan Baik

Belajar Bersama dan Berdiskusi
Belajar Bersama dan Berdiskusi

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki pilihan sama sekali dikarenakan paksaan orangtua atau terlanjur diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan tidak bisa meninggalkannya begitu saja, maka pilihan yang kamu miliki adalah bertahan. Bertahan menekuni jurusan tersebut bukanlah hal yang salah meskipun kamu tidak menyukai bidang tersebut, pasalnya kamu masih bisa mencari peluang untuk mengasah minat kamu di tempat lain. Anggap saja menjalani kuliah tersebut adalah sebuah keharusan dan setelah kamu menyelesaikannya maka kamu akan memiliki kebebasan untuk berkarier sesuai dengan passion kamu. Banyak sekali di luar sana yang sukses di jurusannya meskipun dia merasa salah jurusan dan akhirnya memutuskan untuk berbelok setelah lulus kuliah.

2. Menekuni Bidang Lain

Essay on the spot lpdp
Essay on the spot lpdp-Pixabay.com

Meskipun kamu telah salah jurusan kuliah, bukan berarti kamu harus menutup mata dan mengakhiri cita-citamu begitu saja. Lakukan hal-hal yang kamu sukai, misalkan kamu telah mengambil jurusan Sejarah namun ternyata kamu menyukai bidang IT maka carilah peluang yang akan membantumu untuk menguasai bidang tersebut. Ada banyak alternatif yang bisa kamu tempuh, salah satunya adalah dengan belajar dari teman yang dari jurusan IT atau kamu bisa mengambil les IT untuk lebih menguasai bidang tersebut. Dikarenakan kamu telah salah jurusan di jurusan Sejarah, maka sertifikat IT sebagai penunjang menjadi penting bagi kamu saat melamar pekerjaan, sehingga perusahaan tidak meragukan kemampuanmu di bidang tersebut.

3. Magang Sesuai Passion

Jika kamu melamar pekerjaan yang berbeda dengan jurusanmu, maka kemungkinan sangat kecil bagi perusahaan untuk menerima kamu. Hal ini terjadi karena kamu tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut, kecuali kamu memiliki pengalaman setidaknya sebagai karyawan magang. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka kesempatan magang untuk durasi 3 sampai 9 bulan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar hal yang kamu sukai secara professional, pasalnya posisi magang terbuka untuk semua jurusan dan hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk berbelok dari jurusan kamu sebelumnya. Jika kamu berhasil menyelesaikan magang dengan baik, maka hal ini bisa kamu jadikan batu loncatan untuk berkarier di bidang tersebut.

4. Melanjutkan Kuliah Sesuai Minat

kuliah
kuliah-huffingtonpost com

Langkah terkahir yang mungkin kamu lakukan ialah melanjutkan kuliah di jenjang strata 2 atau S2 sesuai dengan minat kamu. Namun hal ini jarang sekali terjadi di Indonesia, pasalnya untuk melanjutkan S2 kamu memerlukan banyak biaya dan memakan waktu. Di sisi lain, jika kamu lulusan S2 namun tidak memiliki pengalaman bekerja sama sekali maka sangat sulit bagi perusahaan untuk menerima kamu, karena umumnya lulusan S2 dibayar lebih tinggi dibandingkan lulusan S1. Hal yang mungkin kamu lakukan ialah dengan melanjutkan S2 setelah memiliki pengalaman bekerja sekurangnya 2 tahun di bidang yang kamu sukai. Pastikan juga bahwa jurusan yang akan kamu ambil di jenjang S2 sudah sangat sesuai dengan latar belekang pekerjaan yang sedang kamu tekuni.

Salah jurusan kuliah memang membuat seseorang tidak nyaman, tak jarang mahasiswa keluar dari jurusan tertentu dan mengulang kembali di jurusan yang mereka sukai. Namun dalam dunia pekerjaan, tidak semua perusahaan akan melihat jurusan kuliahmu selama kamu mampu dan memiliki kapabilitas di bidang tertentu. Meskipun kamu salah jurusan kuliah, tak akan menutup kemungkinan untuk kamu berkarier di bidang yang kamu sukai selama kamu mampu membuktikan bahwa kamu layak dan bisa menjalaninya. Namun, jika kamu masih galau dengan jurusan kuliahmu, silahkan kunjungi AkuPaham karena banyak sekali informasi pendidikan yang mungkin akan membantu kamu dalam menentukan jurusan dan banyak sekali informasi pekerjaan yang menarik untuk disimak oleh mahasiswa yang salah jurusan.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close