Inspirasi

Rekomendasi Budget Pernikahan di Bawah 100 Juta

Pusing dengan mahalnya biaya pernikahan? Sekarang tidak lagi. Yuk simak ulasan berikut

Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh setiap pasangan yang akan menikah. Setiap orang yang akan menikah pasti menginginkan salah satu momen penting dalam hidup mereka dapat berjalan dengan lancar dan berkesan. Namun, seperti pada umumnya, salah satu yang menjadi pertimbangan dan fokus utama dalam pernikahan adalah rincian biaya pernikahan yang harus mereka persiapkan, seperti biaya catering, biaya penyewaan gedung, biaya make up, baju pernikahan, souvenir, dan masih banyak lagi.

Pernikahan sejatinya adalah momen sakral untuk mengikat janji suci kepada pasangan dan Tuhan. Namun, jangan bersedih jika kamu hanya mempunyai dana dalam jumlah sedikit, karena kamu akan tetap menjadi pasangan yang berbahagia meskipun menghelat pesta pernikahan yang sederhana. Tapi kamu akan tetap merasakan kesakralan dan kebahagiaan dari keluarga, sahabat, dan orang terdekatmu. Nah, untuk mewujudkan impian pernikahan yang sakral namun hemat, kali ini AkuPaham mencoba memberikanmu rekomendasi biaya pernikahan dengan budget di bawah 100 juta.

Tips Super Hemat dan Rincian Biaya Pernikahan

uang Sumber: Askbronny
uang. Sumber: Askbronny

Menekan Bugdet Akad Nikah

Jika kamu menikah di Kantor Urusan Agama (KUA), maka kamu akan terbebas dari biaya pernikahan karena peraturan terbaru dari pemerintah. Dengan kamu melaksanakan pernikahan di kantor KUA kamu sudah menghemat budget pernikahan kamu sendiri. Namun kebanyakan pasangan menginginkan ikrar janji suci mereka dilaksanakan di tempat yang membuat mereka nyaman dan pribadi seperti rumah atau masjid. Jika kamu ingin melakukan pernikahan di rumah atau di masjid maka kamu akan dikenakan biaya pernikahan sebesar 600 ribu dan harus ditransfer ke rekening negara. Jadi silahkan putuskan lokasi akad nikahmu bersama pasangan dengan bijak.

Tempat Resepsi

Dalam anggaran pernikahan, nampaknya tempat resepsi akan menelan biaya yang cukup banyak. Jika kamu dan pasanganmu memilih menghelat resepsi di gedung sederhana, setidaknya kamu harus mengeluarkan anggaran sebesar 20-55  juta untuk 600 tamu undangan. Nah cukup mahal bukan? Dengan menyewa gedung tersebut, kamu sudah mengurangi 50% dari total budget pernikahanmu. Namun, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan, di mana kamu bisa menghelat resepsi pernikahanmu di rumah keluargamu jika tersedia tanah yang lapang atau kamu bisa memilih gedung serbaguna di tempat tinggalmu yang pasti harganya jauh lebih murah dari biaya sewa gedung di tempat pada umumnya. Dengan cara demikian, kamu cukup menyewa tenda pernikahan sesuai dengan jumlah tamu yang akan kamu undang. Untuk biaya sewa tenda biasanya akan menghabiskan dana sekitar 60 ribu/meter. Lebih hemat bukan? Namun kembali lagi kepada pasanganmu dalam memutuskan tempat resepsi pernikahan.

Catering

Dalam melakukan pesta pernikahan, catering nampaknya akan menguras biaya yang paling banyak. Saat ini sudah banyak sekali jasa layanan catering yang menawarkan paket masakan dengan harga murah, namun kamu juga harus jeli dan hati-hati dalam memilih jasa catering tersebut. Pastikan rasa masakan tersebut sesuai dengan harapanmu dan kebersihannya terjaga atau steril. Jangan sampai tamu pernikahanmu kecewa dengan makanan yang kamu sajikan. Namun ada beberapa cara untuk menekan bugdet catering, yakni dengan memasak sendiri. Kamu bisa menggunakan jasa juru masak yang kamu percayai untuk mengolah semua menu yang akan disajikan. Selain lebih hemat, kamu juga dapat memilih menu sendiri dan seberapa banyak masakan yang akan disajikan pada tamu undangan.

Jasa Tata Rias dan Dekorasi

Bagi setiap perempuan, Make Up akan menjadi fokus utamanya karena pengantin perempuan ingin tampil cantik dan memukau pada hari istimewanya. Untuk Tata Rias kamu dapat melakukan penghematan dengan mencari vendor yang menyediakan jasa paket sekaligus. Di mana vendor tersebut akan memberikan harga paket untuk jasa make up, baju pengantin, dekorasi pelaminan, MC, hiburan, dan dokumentasi. Dengan cara seperti ini, maka kamu dapat menghemat pengeluaran dari budget yang sudah disediakan. Untuk harga paket tersebut, biasanya berkisar antara 17-25 juta. Jika kamu bisa menawar, mungkin kamu akan menemukan harga yang lebih murah.

Undangan dan Souvenir

Di era digital saat ini, undangan kertas nampaknya sudah tidak diperlukan lagi. Kamu dapat menggunakan media sosial yang sudah tersedia saat ini atau kamu dapat menelpon mereka satu persatu. Sehingga kamu bisa menganggarkan 0 rupiah pada undangan, karena kamu cukup membuat undangan digital yang sederhana dan mudah. Sedangkan untuk souvenir kamu dapat memilih souvenir yang berguna bagi para tamu undangan namun dengan biaya yang murah. Seperti kamu dapat membeli botol minum yang dapat digunakan oleh tamu undanganmu di kemudian hari. Untuk harga botol minum tersebut, biasanya berkisar di antara 5 – 10 ribu rupiah.

Berikut ilustrasi biaya pernikahan hemat

No.

Rincian Jasa Pernikahan

Biaya

1 Akad Nikah

Rp. 600.000,-

2 Sewa Tenda 100 m2 x Rp. 60.000,-

Rp. 6.000.000,-

3 Catering 500 tamu x Rp. 100.000,-

Rp. 50.000.000,-

4 Jasa Tata Rias dan Dekorasi

Rp. 30.000.000,-

5 Undangan dan Souvenir 500 tamu x Rp. 10.000,-

Rp. 5.000.000,-

Total Biaya

Rp. 97.000.000,-

Itulah tips untuk menghemat rincian biaya pernikahan yang dapat kamu lakukan. Meski menghelat pernikahan dengan bugdet yang minim namun dapat dipastikan acara istimewamu akan berjalan dengn khidmat dan bahagia. Selamat memutuskan dan berdiskusi dengan pasanganmu!

Tags

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline