Sains dan Teknologi

Remaja 17 Tahun Temukan Planet Baru!

AKUPAHAM.COM – Prestasi membanggakan baru saja diukir oleh remaja usia 17 tahun asal Amerika Serikat nih Pahamers! Wolf Cukier, seorang remaja 17 tahun temukan planet baru saat menjadi karyawan magang di NASA. Tak tanggung-tanggung, remaja penggemar Star Wars tersebut berhasil menemukan planet dalam hari ketiga magang. Wah, hebat ya!

Pada musim panas lalu, Cukier bergabung dengan NASA’s Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland. Sebagai karyawan magang, Cukier diberikan tugas untuk mencari planet yang mengorbit dua bintang dengan mengamati kecerahan dan peredupan melalui teleskop satelit milik NASA. Ketika sedang melakukan tugasnya, Cukier melihat sebuah sinyal dari sebuah sistem yang bernama TOI 1338 b. Ia tidak menyangka bahwa sinyal tersebut adalah planet, Cukier awalnya mengira bahwa sinyal tersebut adalah gerhana bintang. Planet yang kini diberi nama TOI 1338 b tersebut menjadi planet yang mengorbit dua bintang pertama yang pernah ditemukan oleh NASA.

Remaja 17 Tahun Temukan Planet Baru! Sumber: Pixabay
Remaja 17 Tahun Temukan Planet Baru! Sumber: Pixabay

TOI 1338 b berlokasi sejauh 1,300 tahun cahaya, lebih tepatnya di konstelasi bernama Pictor. Sebagai penggemar dari Star Wars, Cukier beranggapan bahwa planet yang baru ia termukan tersebut mirip dengan Tatooine, rumah dari tokoh utama Star Wars yaitu Luke Skywalker. Hal tersebut dikarenakan planet yang berukuran hampir 7 kali lebih besar dari bumi tersebut juga kemungkinan memiliki sunset ganda. Dikenal dunia sebagai seorang remaja yang sukses temukan planet, Wolf Cukier juga berharap dapat meneruskan pendidikan dalam fisika dan astrofisika di kemudian hari.

Sumber: Business Insider

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close