Sains dan Teknologi

Inilah Keunggulan Pesawat R80 yang Belum Kamu Ketahui

Pesawat Habibie – Setelah sekian lama, akhirnya Republik Indonesia mendukung program pembuatan pesawat R80 rancangan BJ Habibie. Program ini dinyatakan sebagai program strategis nasional sejak Juni 2017, rencananya program ini akan dikerjakan oleh PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) dan disponsori oleh PT. Regio Aviasi Industri (RAI). ┬áRegio Aviasi Industri (RAI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan oleh BJ Habibie dan Ilham Akbar Habibie yang tak lain adalah putra sulung BJ Habibie. Kabarnya pesawat R80 akan lahir untuk memenuhi pasar transportasi udara untuk jarak pendek menengah yang cocok digunakan sebagai moda trasnportasi antar pulau di Indoensia. R80 sangat penting karena dapat menghubungkan pulau-pulau di Indonesia dengan cepat dan murah karena diproduksi di dalam negeri.

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat prototype pesawat R80 mencapai lebih dari Rp. 200 Milyar, sedangkan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai Rp. 20 trilyun. Menariknya uang sebanyak itu sedang digalang baik secara langsung melalui investment bankers maupun dicairkan oleh pemerintah Indonesia yakni BAPPENAS. Dan kabar baiknya program pembuatan pesawat R80 ini membuka donasi, yakni dengan patungan publik di mana kamu dapat menyumbang untuk kelancaran program ini dan sebagai bentuk dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia. Berikut adalah keunggulan-keunggulan pesawat R80 yang harus kamu tahu.

Fitur Terbaru Fly by wire

Pesawat R80 memiliki jarak tempuh maksimal 1480 KM. Di mana pesawat R80 merupakan penerus pesawat N250 yang menjadi pesawat pertama buatan Indonesia yang diterbangkan pada 10 Agustus 1995 . R80 sudah menerapakan teknologi terbaru dari fly by wire di mana teknologi ini akan membantu pilot mengendalikan pesawat dengan lebih mudah dan aman, layaknya power steering pada mobil.

Biaya Operasi yang Rendah

Pesawat R80 juga memiliki biaya operasi yang paling rendah dibandingkan pesawat pesaing di kelasnya. Sehingga tiket pesawat R80 diperkirakan akan lebih murah dan maskapai akan mendapatkan untung yang lebih besar dengan kualitas yang lebih baik dari pesawat pesaingnya, dengan harapan memenuhi pasar nasional dan global, yang memungkinkan pulau-pulau dapat terhubung dan menggerakan perekonomian di Indonesia.

Kapasitas Angkut yang Lebih Besar

R80 memiliki kapasitas angkut yang lebih besar 15% dari pesawat pesaingnya di mana pesawat pesaingnya yakni ATR72 hanya mampu menampung sekitar 78 penumpang, sementara R80 mampu menampung 80-90 penumpang. Dengan kapasitas yang lebih besar, pesawat R80 akan lebih efisien dalam penerbangan antar pulau karena mampu menampung penumpang lebih banyak dalam satu waktu.

Kecepatan Jelajah Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan pesawat pesaingnya, di mana pesawat pesaingnya hanya memiliki kecepatan jelajah maksimum 509 Km per jam. Pesawat R80 memiliki kecepatan jelajah maksimum 611 Km per jam atau lebih dari 20% dari pesawat pesaingnya.  Sehingga bisa dipastikan akan lebih cepat sampai pada tujuan.

Kabin Lebih Lebar

Pesawat ATR72 selaku pesaing hanya memiliki lebar kabin 2,57 meter sedangkan pesawat R80 memiliki lebar kabin 2.70 meter sehingga penumpang akan lebih nyaman duduk selama penerbangan karena kabin R80 didesain lebih lebar 5% dari pesawat pesaing di kelasnya.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, apakah kamu tertarik untuk terbang bersama R80 di masa depan? Yuk kita turut serta mendukung program pembuatan pesawat R80 ini. Red:Zulfa Dhya’ulhaq

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close