Tips dan Trik

Perusahaan Tidak Adil. Inilah Cara Menghadapinya!

Perusahaan tidak adil kerap kali terjadi kepada siapapun tak terkecuali bagi seseorang yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan tersebut. Namun apa saja kategori ketidakadilan di dalam perusahaan sih? Ada banyak sekali yang mendeskripsikan tentang perusahaan tidak adil namun menurut undang-undang mengenai ketenagakerjaan di Republik Indonesia bahwa perusahaan harus adil dalam hal; kesempatan dan kesehatan kerja, moral dan kesusilaan, dan perlakukan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai agama. Namun kasus perusahaan tidak adil kepada karyawannya bisa juga di luar tiga point tersebut karena bentuk ketidakadilan kadang terkesan samar atas nama profesionalisme. Lantas bagaimana jika kamu mengalami hal yang tidak adil di perusahaanmu?

Cara Menghadapi Perusahaan Tidak Adil;

  • Komunikasi dengan Jelas

Jika kamu merasa mendapatkan perlakuan yang tidak adil di kantor, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan komunikasi dengan Boss atau HR (Human Resources) secara pribadi. Sampaikan kepada mereka bentuk ketidakadilan yang kamu rasakan dan mintalah tanggapan mereka dengan seksama. Jika mereka mengakui bahwa hal yang kamu sampaikan adalah bentuk ketidakadilan perusahaan, maka mintalah solusi yang menguntungkan kedua belah pihak yakni antara kamu dan perusahaan tersebut. Kamu juga perlu mencatat setiap tindakan perusahaan yang tidak adil selama ini, agar kamu mempunyai barang bukti kuat sehingga mereka tidak dapat mengelak saat kamu menyampaikan semua keluh kesah kamu atas tindakan mereka.

  • Mengumpulkan Bukti

Jika komplain kamu ditolak oleh atasan kamu, maka hal penting selanjutnya adalah mengumpulkan bukti sebanyak mungkin agar mereka sadar bahwa selama kamu bekerja di perusahaan tersebut mendapatkan hal-hal yang tidak adil dan bertentangan dengan undang-undang ketenagakerjaan di Indonesia. Cara mengumpulkan bukti yang paling dasar adalah dengan bertanya kepada rekan kerja kamu, apakah mereka mendapatkan perlakuan perusahaan tidak adil. Jika mereka merasakan hal yang sama maka sebaiknya segera mengumpulkan bentuk pelanggaran dan bentuklah kongsi sesame karyawan agar atasan kamu segera sadar dan terbuka bahwa kebijakan mereka merugikan karyawannya.

  • Berikan Tenggat Waktu
Waktu Cepat Berlalu
Waktu Cepat Berlalu. Sumber: rummuser

Sebelum memutuskan untuk keluar dari perusahaan tidak adil. Sebaiknya kamu bernegosiasi kembali kepada atasan perusahaan untuk berlaku adil kepada semua karyawan. Berikanlah tenggat waktu bagi perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika perusahaan tetap berlaku tidak adil kepada semua karyawan maka hal yang mungkin kamu lakukan adalah menuntut keadilan di jalan hukum sesuai perundang-undangan di Indonesia. Jangan khawatir jika kamu memang benar dan memiliki banyak bukti karena keadilan harus selalu diperjuangkan meskipun itu hal yang remeh-temeh.

  • Keluar dari Perusahaan
Mengenal Lebih Jauh Si ‘Nona Mandiri’
Mengenal Lebih Jauh Si ‘Nona Mandiri’ -freepik

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengundurkan diri dari perusahaan tidak adil tersebut. Carilah perusahaan lainnya yang tidak melakukan praktik ketidakadilan kepada karyawannya. Tetapi pastikan juga bahwa kamu tetap professional meskipun merasa mendapatkan tindakan yang tidak adil. Patuhi semua kontrak kerjamu dan mengajukan diri sesuai aturan perusahaan yang umumnya adalah one month notice sehingga perusahaan dapat berfikir dua kali untuk melepaskanmu dan kamu pun mempunyai banyak waktu untuk berburu pekerjaan yang baru di tempat yang lebih baik. Bila kamu sudah keluar dari perusahaan tersebut, jagalah kerahasiaan perusahaan tersebut di tempat baru kamu karena itu adalah bagian dari professionalisme meskipun hal tersebut tidak menyenangkan bagi diri kamu sendiri.

Jika kamu masih ragu untuk keluar dari perusahaan tidak adil, sebaiknya menunggu sampai kamu mendapatkan tempat baru yang sesuai dengan harapanmu dan jangan lupa untuk membaca AkuPaham setiap harinya karena ada banyak sekali artikel yang dapat menginspirasi kamu. Ada banyak artikel menarik yang mungkin membantu kamu sebelum memutuskan hubungan dengan perusaan tidak adil.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close