BisnisInspirasiPopuler

Perang Bisnis Supermarket Tanpa Kasir

AKUPAHAM.COM Di zaman yang serba modern ini, tidak heran pengalaman belanja praktis dan hemat waktu menjadi sangat diminati. Selain layanan belanja online, konsep supermarket tanpa kasir pun banyak dilirik para pebisnis dan tentunya juga para pembeli. Dengan berbelanja di supermarket tanpa kasir, pembeli tidak perlu lagi antre panjang yang terkadang membuang waktu. Konsep supermarket tanpa kasir pertama kali dipopulerkan oleh Amazon, dimana pada May 2019, mereka meluncurkan toko retail Amazon Go di New York. Setelah berbelanja, pembeli dapat langsung keluar dari toko lho. Tagihan belanja kemudian akan dikirim melalui aplikasi Amazon Go yang menjadi syarat bagi para pembeli yang ingin masuk ke toko retail tersebut. Pihak Amazon pun telah merencanakan ekspansi besar-besaran untuk konsep supermarket yang laris manis ini.

Apakah ekspansi Amazon tersebut akan menindas bisnis retail lain? Jawabannya mungkin tidak. Pebisnis lain yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia retail nampaknya sudah siap nih, untuk berperang dengan Amazon. Beberapa bisnis retail besar di Amerika sedang mempersiapkan amunisi berupa teknologi yang kurang lebih sama dengan sistem Amazon Go. Hal ini tentu saja demi memenangkan hati para pembeli. Walmart contohnya, telah sukses menerapkan sistem Scan n Go dan sedang melakukan uji coba jalur khusus pembayaran melalui aplikasi di Kanada.

Amazon Go juga mendapat pesaing baru dalam bisnis ini, salah satunya adalah Grabandgo. Grabandgo menggunakan teknologi computer vision, dimana kamera tersembunyi akan melacak ketika produk di dalam supermarket tersebut diambil atau dipindahkan. Selain pembayaran melalui aplikasi, pembeli juga dapat melakukan pembayaran di kasir canggih tanpa harus mengeluarkan barang belanjaan dari dalam keranjang. Apakah terobosan ini juga akan hadir di Indonesia? Kita lihat saja.

Sumber: CNBC

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close