Tips dan Trik

Mudah Diikuti! 5 Gerakan Efektif Buat Pemanasan Sebelum Olahraga

Tentunya kita tidak asing dengan istilah pemanasan sebelum berolahraga ataupun melakukan aktivitas lain yang memerlukan banyak gerakan otot seperti menari. Meskipun telah diajarkan sejak bangku sekolah, namun masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya melakukan pemanasan. Layaknya sebuah mesin, tubuh kita perlu penyesuaian ketika hendak melakukan kegiatan yang memaksa kerja otot, hal ini tidak lain agar otot tidak terkejut ketika dipaksa bekerja lebih berat dari pada biasanya. Selain itu pemanasan yang dilakukan secara benar juga dapat mencegah terjadinya cedera otot dan meminimalisir pegal-pegal pada otot setelah berolahraga, hal ini khususnya untuk teman-teman yang jarang berolahraga. Pemanasan harus dilakukan dengan benar, pemanasan yang asal-asalan tidak akan memberikan manfaat yang telah disebutkan di atas. Pemanasan tersebut harus dilakukan merata pada seluruh bagian tubuh khususnya sendi-sendi, mulai dari kepala, tangan, pinggang hingga kaki. Nah, sekarang apa saja bentuk pemanasan yang dapat teman-teman lakukan sebelum berolahraga.

Olahraga Lari
  • Gerakan kepala

Umumnya pemanasan dilakukan dari tubuh bagian atas terlebih dahulu, yaitu kepala. Gerakannya dapat dilakukan dengan memutar kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian, kemudian menyatukan kedua ujung tangan di bawah dagu untuk mengarahkan kepala menghadap atas dan menahannya beberapa saat. Setelah itu bergantian dengan mendorong bagian belakang kepala untuk menunduk mengarah ke bawah. Posisi badan saat melakukan ini yaitu berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Gerakan ini dapat dilakukan selama 20 detik.

  • Gerakan Tangan

Gerakan pemanasan untuk tangan diantaranya adalah dengan meluruskan tangan ke depan, lalu menekuk punggung tangan ke atas dan ke bawah secara bergantian. Selain pergelangan tangan, otot tangan lain yang tidak kalah penting adalah lengan. Untuk lengan pemanasan dilakukan dengan menarik tangan ke arah berlawanan, yaitu tangan kanan dibawa kearah kiri badan, kemudian tangan kiri menekan dari arah luar pada bagian lengan. Lakukan gerakan ini pada tangan kiri dan kanan secara bergantian. Gerakan lain untuk merilekskan sendi lengan adalah dengan memutar lengan ke arah dalam dan luar secara bergantian.

  • Gerakan Pinggang

Caranya dengan meletakkan kedua tangan di atas pinggul, lalu putar pinggang searah jarum jam sebanyak 10 kali. Lakukan pula pada arah sebaliknya ya teman-teman.

  • Lunges and Half Squat

Lunges merupakan gerakan yang sangat baik untuk melatih otot paha hingga betis. Caranya letakkan satu kaki maju ke depan, dan satu kaki di belakang. Lalu turunkan badan secara lurus hingga posisi kaki depan tegak lurus dengan lantai. Tarik nafas saat posisi badan turun, dan hembuskan saat naik. Lakukan secara perlahan selama 30 detik untuk kaki kanan dan kaki kiri. Selain itu gerakan lain yang juga dapat merilekskan otot bokong dan tulang belakang adalah half squat. Caranya buka kaki selebar bahu sambil dua tangan disisi tubuh, lalu tekuk lutut secara perlahan dan turunkan badan hingga paha sejajar dengan lantai, seraya mendorong pinggul kearah belakang dan kedua tangan membentang ke depan. Lakukan secara perlahan selama 30 detik.

  • Lari dan lompat di tempat.

Gerakan ini dilakukan untuk menaikkan suhu tubuh agar siap berolahraga. Ada banyak variasi untuk gerakan ini, bisa dengan melompat sembari membuka dan menutup kaki secara bergantian, ataupun melompat ke depan dan ke belakang secara bergantian.

Apabila kelima gerakan tersebut dilakukan dengan benar maka manfaat dan pentingnya pemanasan pasti akan teman-teman rasakan. Tidak hanya mengurangi resiko cedera dan meningkatkan fleksibilitas, gerakan-gerakan pemanasan tersebut juga dapat memperlancar aliran darah, sehingga teman-teman dapat terhindar dari resiko penyakit kardiovaskuler. Setelah berolahraga, pastikan teman-teman mengkonsumsi nutrisi yang cukup untuk menggantikan energi dan cairan yang hilang. Makanlah makanan dengan gizi seimbang, semakin baik jika menambahnya dengan asupan susu untuk kesehatan tulang dan sendi. Pilihlah susu atau suplemen yang mengandung kalsium, kolagen, dan vitamin yang dapat menjaga tulang dan sendi agar tetap kuat dalam beraktivitas. Selain kalsium, kolagen, dan vitamin kandungan lain yang tidak kalah penting adalah asam amino yang bermanfaat dalam pembentukan jaringan otot pasca berolahraga.

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Rendra Saputra

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button