Info BeasiswaPendidikan

Online Assessment LPDP dan Cara Menaklukannya

Online Assessment LPDP – Sejak tahun 2017, LPDP menambahkan satu rangkaian dalam proses seleksi beasiswa, baik dalam maupun luar negeri. Banyak yang bertanya mengapa LPDP menambahkan satu tahapan seleksi sebelum menuju ke meja interviewer dan seperti apa bentuknya. Ternyata tahapan yang harus kamu lalui adalah tes Online Assessment LPDP di mana seleksi ini sebenarnya akan membantu LPDP dalam menyaring calon kandidat yang akan maju ke tahap selanjutnya. Tujuan dari Online Assessment LPDP itu sendiri adalah untuk mencari kandidat yang dirasa fit atau cocok dengan tujuan atau visi misi LPDP. Dengan kata lain, mereka hanya akan melakukan interview kepada kandidat yang dirasa cocok dengan visi misi LPDP, baik dari segi kepribadian dan kepemimpinan.

Lantas apakah kamu adalah kandidat yang dicari oleh LPDP? Untuk menjawab pertanyaan ini, hanya diri kamu sendiri yang dapat menjawabnya karena Online Assessment LPDP tidak dapat dikerjakan oleh orang lain. Semua pertanyaan hanya dijawab dalam bentuk pilihan ganda dan tidak ada jawaban yang dianggap benar atau pun salah. Sebelum kamu menghadapi tes yang sebenarnya, yuk kita simak langkah dan kiat dalam menghadapi Online Assessment LPDP.

Berikut adalah hal teknis yang harus kamu pahami.

Setelah kamu mendaftar LPDP dengan mengisi borang online, maka akan tiba saatnya kamu mendapatkan pengumuman kelulusan administrasi. Jika kamu lulus seleksi administrasi maka kamu berhak menghadapi seleksi Online Assessment LPDP. Sebelum mengkuti tes ini kamu akan mendapatkan jadwal, akun untuk log in, serta beberapa penjelasan teknis melalui email yang kamu gunakan saat pendaftaran LPDP. Pastikan bahwa kamu mengerti perintah teknis dari email yang kamu terima. Dan jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan teknis yang disyaratkan oleh Online Assessment LPDP, kini saatnya menghadapi tes yang sesungguhnya. Untuk tes ini, terdapat dua rangkaian tes di mana:

VMI (Values and Motives Inventory)

adalah sebuah asesmen yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang akan dikeluarkan seseorang di tempat kerja. Asesmen ini terdiri dari 122 item dan biasanya diselesaikan dalam waktu ±20 menit.

15FQ+ (Fifteen Factors Questionnaire Plus)

adalah sebuah kuesioner yang dirancang untuk melihat gambaran umum kepribadian seseorang. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam menjawab kuesioner ini. Kuesioner ini terdiri dari 200 pertanyaan. Tidak ada batasan waktu namun umumnya orang-orang menyelesaikannya dalam waktu ±30 menit.

Pelaksanaan Online Assessment LPDP

  1. Setelah kamu berhasil log in, maka akan muncul petunjuk pengerjaan, mulai dari pengenalan jenis tes, tombol keyboard yang digunakan dan catatan teknis pengerjaan. Untuk bagian ini wajib dibaca, diperhatikan, dan dipahami.
  2. Pengisian kuesioner akan dibagi 2 tahap, tes Online Assessment LPDP yang pertama adalah tes VMI yang terdiri dari 122 pertanyaan dengan masing-masing 5 pilihan jawaban. Setelah kamu siap, klik dan mulai.
  3. Tidak ada durasi waktu, jadi jangan terburu-buru tapi jangan terlalu terjebak pertanyaan dan berfikir lama. Nah, setelah semua terjawab kamu dapat memilih untuk menyelesaikan atau ingin mengubah jawaban kamu di nomor soal terdahulu, caranya tinggal klik nomor sebelumnya untuk kembali ke pertanyaan sebelumnya dan akan muncul soal yang kamu pilih. Jika sudah mantap, klik selesai dan klik OK. Setelah itu sistem akan menampilkan bahwa tes VMI sudah selesai dengan tanda centang disampingnya.
  4. Tes Online Assessment LPDP selanjutnya adalah tes 15FQ+. Untuk mengerjakan tes ini kamu cukup klik saja dan ulangi caranya seperti tes VMI.
  5. Terdapat sedikit perbedaan antara VMI dan 15FQ+, pertama dari jumlah soal. Jika VMI hanya 122 soal, maka 15FQ+ adalah 200 soal. Dan pilihan jawaban yang berbeda d mana jika di VMI ada 5 pilihan jawaban sementara di 15FQ+ ada 3 saja.
  6. Setelah tes 15FQ+ selesai, maka semua rangkaan tes Online Assesment LPDP sudah selesai. Kamu cukup klik selesai dan akan ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa kamu telah menyelesaikan test ini, dan klik selesai. Setelah di klik maka data disimpan.

Tips bagi kamu yang akan menghadapi tes ini

Kerjakan Sesuai Jadwal

Online Assessment LPDP
Online Assessment LPDP – Pixabay.com

Setelah kamu menerima email untuk mengkuti tes Online Assessment LPDP, maka kamu harus mengingatnya. Karena jika kamu mengerjakan di luar jadwal, kamu tidak akan bisa lagi mengakses akun tersebut dan dianggap gugur. Di mana tes Online Assessment LPDP hanya berlaku satu hari atau 24 jam di tanggal tersebut.

Internet Stabil

Online Assessment LPDP
Online Assessment LPDP – Pixabay.com

Carilah area yang memiliki jaringan internet yang stabil dan cepat sehingga kamu tidak akan terganggu dengan masalah teknis saat mengerjakan tes Online Assessment LPDP ini. Usahakan mengerjakannya dengan laptop atau komputer yang sesuai dengan persyaratan teknis Online Assessment LPDP ya.

Fokus

Online Assessment LPDP
Online Assessment LPDP – Pixabay.com

Sebelum mengerjakan Online Assessment LPDP, carilah tempat yang menurut kamu tenang dan dapat menjaga fokus karena kamu tidak bisa diganggu saat mengerjakan tes Online Assessment LPDP. Dan disarankan kamu tidak bertanya kepada orang lain, karena tes ini untuk mengukur kepribadianmu, bukan pribadi kawan mu. Percaya diri lah.

Jangan Buang Waktu

Online Assessment LPDP
Online Assessment LPDP – Pixabay.com

Jika kamu dihadapkan pada pernyataan yang bukan dirimu sama sekali, atau bingung dalam menjawab. Maka jangan terlalu membuang banyak waktu dalam pernyataan soal tersebut, segeralah memilih jawaban dan pindah pada soal berikutnya karena pada umumnya tes Online Assessment LPDP dikerjakan dalam waktu 1 jam saja. Baik untuk tes VMI maupun 15FQ+.

Jawab dengan Baik

Online Assessment LPDP
Online Assessment LPDP – Pixabay.com

Saat mengerjakan tes Online Assessment LPDP, di bagian VMI akan terdapat 5 opsi jawaban, di antaranya adalah pilihan “ragu-ragu” maka jangan pernah memilih jawaban tersebut meskipun kamu merasa itu bukan diri kamu dan pilihlah jawaban yang menurut kamu lebih condong ke dirimu. Untuk tes 15FQ+ terdapat 3 opsi jawaban dan salah satunya juga “ragu-ragu” maka hindari lah. Karena jika kamu memilih jawaban ini, itu tandanya kamu pribadi yang belum memiliki sikap tegas.

Jika kamu sudah mengerjakan semua rangkaian tes ini, yakinlah kamu akan lulus dan maju ke tahap selanjutnya. Jika kamu sudah maju ke tahapan selanjutnya, jangan lupa untuk membaca kembali artikel AkuPaham terkait seleksi interview LPDP, di mana kamu akan mendapatkan pengetahuan yang berguna. Selamat menghadapi Online Assessment LPDP!

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close