PendidikanPopuler

Nadiem Makarim dan Merdekanya Pendidikan di Indonesia

AKUPAHAM.COM – Siapa tak kenal Nadiem Makarim? Sebagai tokoh yang dikenal publik sebagai founder dan mantan CEO dari GoJek, ia baru saja terpilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang juga menteri termuda. Dengan prestasi yang menggunung serta kesuksesan bisnisnya di usia 35 tahun, tentu saja banyak yang berharap bahwa ia akan melakukan gebrakan dan inovasi baru dalam dunia pendidikan Indonesia. Dalam kapasitasnya sebagai menteri pendidikan, ia pun menyempatkan hadir pada acara perayaan ke 107 tahun Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tanggal 18 November kemarin.

Dalam pidatonya, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa dirinya dan kementerian pendidikan siap berkomitmen untuk memerdekakan pendidikan Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Dirinya berharap merdekanya pendidikan serta guru dan para pelajar di Indonesia, akan membuka jalan untuk tercetusnya berbagai inovasi terbaru. Ia beranggapan bahwa tanpa kemerdekaan pendidikan, inovasi pada berbagai sektor pendidikan di Indonesia akan menjadi mustahil. Pada acara tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada organisasi Muhammadiyah dalam kiprahnya memperbaiki serta meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia bahkan sebelum Indonesia meraih kemerdekaan.

Menteri lulusan Harvard Business School tersebut pun menambahkan bahwa ia dan kementerian pendidikan berniat untuk mengedepankan pendidikan karakter bagi para pelajar. Nadiem percaya bahwa pendidikan karakter tidak akan berhasil jika hanya diajarkan. Ia beranggapan bahwa untuk menyukseskan pendidikan karakter, yang terpenting adalah menjadi contoh bagi para pelajar. Wah! Semoga Nadiem Makarim dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat mewujudkan wajah baru pendidikan Indonesia yang merdeka, demi kebaikan dan masa depan anak bangsa.

Sumber: Tempo

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close