Bisnis

MRT Jakarta Akan Kalahkan Singapura dan Hongkong

AKUPAHAM.COM – MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta yang baru beroperasi kurang dari satu tahun ini sudah jadi kebanggaan tersendiri nih untuk warga Jakarta. Meski terbilang sangat baru, rupanya pemerintah sudah punya target yang sangat besar. Dengan perluasan jalur, MRT Jakarta akan kalahkan MRT Singapura dan Hongkong! Perluasan MRT Jakarta sendiri diperkirakan akan menelan biaya sebesar $40 Milyar lho, Pahamers. Berbagai proyek infrastruktur berikut perluasan jalur transportasi umum dan anggaran sebesar $455 Milyar dalam lima tahun kedepan merupakan bagian dari rencana Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan ekonomi Indonesia sebesar 7 triliun di tahun 2045

MRT Jakarta Akan Kalahkan Singapura dan Hongkong. Sumber: Pixabay
MRT Jakarta Akan Kalahkan Singapura dan Hongkong. Sumber: Pixabay

Menurut penuturan William Sabandar selaku Presiden Direktur dari PT MRT Jakarta, kini baru ada 16 kilometer jalur MRT. Sementara target total yang ada di masterplan sendiri mencapai 230 kilometer lho. Menurut William Sabandar, ada kunci yang harus diutamakan demi memenuhi target ambisius yang diharapkan dapat tercapai di tahun 2030 tersebut. Ia menyatakan bahwa membangun secara cepat adalah kunci dari tercapainya target tersebut. Rencana perluasan jalur MRT Jakarta nantinya akan menambah 6 jalur bagi 1 jalur yang sudah beroperasi sejak Maret 2019. Panjang ketujuh jalur MRT Jakarta tersebut nantinya akan kalahkan sistem metro di Singapura dan Hongkong yang sudah lebih dahulu beroperasi. Wah, keren ya! Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan proyek perluasan tersebut akan dimulai. William Sabandar menyatakan bahwa pihaknya masih dalam proses mencari pemodal untuk pembiayaan proyek tersebut.

Pasti Pahamers khususnya yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya udah nggak sabar banget nih menanti jalur baru MRT di Jakarta!

Sumber : Bloomberg

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close