BisnisPopuler

Berhasilkah Facebook Mengembalikan Kepercayaan Melalui Konferensi F8?

AkuPaham – Acara ini mungkin akan menjadi acara terbesar Facebook. Sekitar 5000 orang pengembang dari seluruh dunia akan berkumpul di konferensi F8 untuk berdiskusi tentang banyak hal. Konferensi ini akan memberikan para pengembang kesempatan untuk bertemu tim senior Facebook, mendengarkan rencana besar Facebook ke depan untuk ekspansi ke bidang seperti Virtual Reality hingga kecerdasan buatan, dan keuntungan apa yang dapat mereka dapatkan dari platform powerful yang sangat banyak digunakan di seluruh dunia.

Bagaimana pun sejak skandal Cambridge analytic banyak hal berubah. Co-founder dari Whatapps telah mengumumkan pengunduran dirinya, yang disinyalir akibat skandal tersebut. Dan mungkin hal yang paling penting diperhatikan dalam Konferensi F8 adalah peraturan yang mengatur akses para pengembang telah diperketat.

Berhasilkah Facebook Mengembalikan Kepercayaan Melalui Konferensi F8?
Sumber: F8

Jika melihat dari forum online para pengembang Facebook, akan didapati suasana yang cukup suram. Beberapa berkomentar “Oh nak, tidak ada yang bekerja,” tulisan ini sepertinya cukup marah. Tulisan lainnya berbunyi “Apakah ini akhir dari Facebook?,” bahkan ada yang menulis “Kamu telah membunuh platform ini.” Tidak dapat dipungkiri bahwa skandal Cambridge Analytic berdampak pada banyak orang. Seperti sebuah perusahaan start-up Octane AI yang membatu para retailers meraih pelanggan mereka melalui Facebook Messenger. Mereka mengatakan “Perubahan semacam ini yang harus Facebook lakukan setelah apa yang terjadi, akan berdampak pada banyak orang,” mereka melanjutkan “kamu tidak bisa mendapatkan pelanggan baru saat platform diberhentikan sementara.”

“Facebook tentu tidak ingin membuat kacau hubungan dengan pengembang. Saya harap semua kembali normal secepatnya” kata perusahan start up ini. Selain hubungan dengan para pelanggan dan pengembang, Facebook juga harus menghadapi para perusahaan besar yang selama ini menggunakan jasa Facebook. Beberapa dari mereka bahkan meninjau ulang anggaran yang mereka habiskan di Facebook dan perjanjian terbaru mereka.

Sharon O’Dea seorang konsultan sosial media juga turut hadir di San Jose. “Saya rasa para perusahaan mencari jaminan tentang model baru bisnis mereka, masa depan mereka dan teknologi mereka,” terang Sharon. Jaminan inilah yang semua orang inginkan, maka mereka hadir di Konferensi F8 ini, dan jaminan ini tentunya datang dari Mark Zuckerberg.

Sumber: BBC

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close