Sains dan Teknologi

Cara Membuat Website Lebih Cepat

Membuat website – Di era digital saat ini, website atau blog memang sangat dibutuhkan bagi pelaku bisnis digital, pasalnya semua informasi dapat kita akses dengan mudah hanya dengan sentuhan di atas layar handphone kita dalam beberapa detik saja. Tak hanya pembisnis yang membutuhkan website atau blog, bahkan saat ini banyak juga orang yang memilikinya hanya sekedar untuk membagikan informasi pribadi atau umum, menyalurkan hobby menulis, atau ada juga yang memang ingin berkarya dengan memanfaatkan platform digital karena lebih mudah diakses oleh publik. Lantas untuk memulai itu semua, kita harus memiliki sebuah website atau blog. Bagi pelaku digital, membangun website atau blog memang sangat mudah karena sudah familiar dengan hal-hal tersebut namun apa jadinya jika orang awam yang ingin membuat website atau blog? Mungkin akan sangat menyulitkan dan membingungkan. Sebelum memahami lebih jauh tentang website atau blog, nampaknya kita harus memahami beberapa bagian terpenting dalam membuat website atau blog terlebih dahulu.

Bagian terpenting dalam membuat website atau blog

Domain Name

Domain Name - Pixabay
Domain Name – Pixabay

Domain name merupakan alamat jika kita ibaratkan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana setiap website atau blog adalah rumah nya dan internet sebagai jalan yang bisa menghantarkan setiap pengguna internet menuju website atau blog yang mereka tuju. Website atau blog selalu memiliki domain yang berbeda-beda, biasanya, domain name selalu diawali dengan www serta diakhiri dengan .com .org .net .go .ac dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan domain name yang diinginkan pastikan domain name tersebut belum dimiliki oleh siapapun karena domain name bisa dimiliki oleh siapapun dengan prinsip siapa cepat dia dapat, di mana kamu bisa mendaftarkan sebanyak mungkin domain name yang mungkin menurutmu unik atau komersil. Domain name biasanya terdiri dari nama perusahaan, nama sekolah, nama institusi, atau bisa juga nama merk atau nama pribadi sekali pun. Lantas bagaimana jika domain name yang kamu inginkan sudah didaftarkan dan dimiliki oleh orang lain? Langkah yang mungkin bisa kamu lakukan ialah mencari alternatif nama lain nya yang mungkin masih sama atau bisa juga membeli langsung dari pemilik domain name tersebut namun hal tersebut pasti akan sangat mahal dibandingkan kamu mencari domain name yang lain.

Website Hosting

Web Hosting - Pixabay
Web Hosting – Pixabay

Langkah selanjutnya ialah memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website atau blog yang akan kita bangun. Cara kerja web hosting seperti layaknya kita menyewa sebuah lahan atau rumah, di mana kita bisa memasukan apa saja ke dalam rumah tersebut untuk membuat website atau blog kita menarik dan bekerja dengan cepat. Web hosting menyimpan semua file, asset, dan data pada sebuah server sehingga saat pengguna internet mengetikan sebuah domain name di kolom alamat pada sebuah browser maka host akan mentransfer semua file dengan cepat untuk memenuhi permintaan dari pengguna internet. Karena prinsipnya seperti layaknya menyewa sebuah lahan atau rumah maka pemilik website atau blog harus membayar biaya yang dikenakan setiap bulannya atau waktu pembayaran bisa diatur sesuai dengan produk yang digunakan oleh pemilik website atau blog. Kita harus jeli dan teliti dalam memilih web hosting, karena akselerasi website atau blog salah satunya ditentukan oleh web hosting yang digunakan. Jenis web hosting yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia web hosting juga beragam, di mana kita bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan. Dari sekian banyak perusahaan penyedia web hosting kita harus memilih satu web hosting terbaik karena jangan sampai website atau blog kita bermasalah hanya karena kita salah memilih layanan tersebut.

Konten Website

Membuat Website Content - Pixabay
Membuat Website Content – Pixabay

Langkah yang tak kalah penting adalah kita harus menentukan apa saja yang ingin kita tampilkan di dalam website, termasuk widget, header, menu, dan isi seperti tulisan dan gambar atau video. Untuk menentukan ini nampaknya kita harus banyak mengunjungi beberapa website atau blog yang menarik agar kita dapat memiliki gambaran dan referensi untuk mengembangkan konten di website atau blog yang sedang dibangun.

Demikianlah langkah yang dapat dilakukan dalam membuat website atau blog. Pastikan setiap langkah dilakukan dengan baik dan matang agar website atau blog memiliki performa yang baik dan cepat. Hal yang mungkin diperlukan ialah kreativitas dalam mengembangkan konten agar orang tertarik mengunjungi website atau blog kita. Jika kamu masih penasaran dengan hal yang berhubungan dengan digital, kamu dapat mengunjungi AkuPaham karena ada banyak artikel dan referensi menarik terbaru lainnya di setiap harinya. Kamu juga dapat mendapatkan artikel menarik terkait perkembangan teknologi terkini serta perkembangan bisnis yang mungkin berguna bagi kamu di masa depan dalam membuat website.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close