Manfaat Jogging. Sumber: h-cdn.co

Olahraga Pagi: Melancarkan Metabolisme Tubuh

Manfaat Jogging –¬†Olahraga seharusnya bisa dijadikan bagian dari kebutuhan dan aktivitas yang rutin. Namun jika melihat kondisi saat ini, sepertinya hal ini adalah aktivitas yang tidak mudah. Tentu saja alasannya berkutat pada kesibukan, tidak punya waktu atau sudah terlalu capek bekerja. Jika memang demikian ada baiknya untuk meluangkan sedikit waktu di pagi hari untuk bangun dan sedikit memanaskan diri dengan berolahraga. Memang olahraga pagi adalah aktivitas yang tidak mudah dilakukan karena kecenderungan malas dan sering menunda.

Pada dasarnya, hampir semua orang sudah mengetahui apa manfaat berolahraga namun entah mengapa kesadaran untuk berolahraga masih belum tercipta. Untuk itu, berikut ini beberapa alasan tambahan mengapa Anda harus mulai berolahraga pagi secara rutin sekarang juga:

  1. Olahraga pagi membantu Anda membangun konsistensi

    Olahraga kerapkali menjadi aktivitas yang terlalu sering ditunda. Hal ini lantaran olahraga seolah menjadi prioritas ke-sekian dibanding dengan aktivitas lainnya. Untuk itu, jadikan olahraga untuk awali hari sehingga tidak ada waktu dan alasan menunda lagi. Anda juga akan terbantu dalam membangun konsistensi dimana seolah jika mengawali hari tanpa olahraga adalah hal yang tabu.

  2. Bergerak pagi hari membantu melancarkan metabolisme

    Dengan Anda melakukan latihan, apapun itu, hal ini akan mampu membantu metabolisme tubuh yang bisa bertahan sampai berjam-jam lamanya. Dengan mengaktifkan metabolisme ini sejak awal hari, maka Anda akan mampu membakar jumlah kalori lebih besar dibanding ketika Anda berolahraga di malam hari saat waktu istirahat tiba. Jika Anda adalah tipe orang yang kerap bekerja duduk seharian maka olahraga pagi akan sangat membantu. Selain itu kamu juga bisa mengkombinasikan dengan suplemen alami seperti madu.

  3. Energi tambahan untuk beraktivitas

    Kebanyakan orang mengeluh karena ketika siang hari mereka merasa lemas dan lesu. Hal ini bisa jadi karena kurangnya energi yang ada di tubuh. Selain energi bisa didapatkan dari sarapan, olahraga juga bisa membantu memperkuat energi Anda dalam beraktivitas seharian. Latihan fisik akan mampu melepas hormon endorphin serta hormon lain yang mampu memberikan tenaga lebih.

  4. Olahraga pagi akan menjernihkan pikiran

    Awal pagi hari biasanya udara di luar masih sangat segar tanpa banyak polusi. Selain itu, berolahraga sambil diiringi terbitnya matahari juga akan membantu pikiran untuk bisa rileks dan tetap tenang. Pikiran yang suntuk pun akan kembali segar dan seolah di perbarui dengan olahraga yang Anda lakukan sehingga emosi negatif dan pikiran buruk pun cenderung akan lenyap.

  5. Nafsu makan teratur

    Tak banyak yang tahu jika dengan berolahraga pagi, maka nafsu makan akan bisa teratur sepanjang hari. Mungkin hal ini tidak instan, namun nantinya Anda akan sadar jika jadwal makan Anda dan rasa lapar di perut perlahan akan mulai teratur.

  6. Kualitas tidur lebih baik

    Jika Anda adalah salah seorang yang memiliki kesulitan untuk tidur atau masalah tidur lainnya. Ada baiknya untuk mulai berolahraga saat ini juga. Olahraga akan membuat tubuh Anda bekerja lebih keras sehingga butuh waktu istirahat lebih sehingga kualitas tidur pun lebih baik dan nyenyak.

Semua manfaat baik dari olahraga pagi tersebut akan bisa Anda rasakan dengan memulainya saat ini juga. Mengingat kesehatan adalah investasi yang penting di masa depan, maka ada baiknya jika Anda menjaganya sejak muda. Aktivitas olahraga pagi termudah bisa mulai dari jalan kaki sekitaran komplek, jogging atau bersepeda santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *