Info Beasiswa

LPDP 2018 Resmi Dibuka!

AkuPaham – LPDP merupakan beasiswa yang sedang menjadi incaran setiap pemburu beasiswa atau scholarship hunter. Hal tersebut terjadi karena LPDP merupakan beasiswa yang memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup bagi awardeenya. Dari tahun ke tahun pun LPDP selalu melakukan evaluasi dan perbaikan dari setiap tahapan prosesnya, hal ini dilakukan guna mendapatkan awardee yang sesuai dengan visi misi LPDP. Tak pelak, karena proses evaluasi yang cukup lama, membuat para pemburu beasiswa gelisah untuk menunggu jadwal seleksi terbaru di tahun 2018.

Setelah mendapatkan banyak laporan atau aduan terkait proses seleksi LPDP 2017 ke komnas HAM. LPDP tak lantas mengumumkan jadwal pembukaan seleksi di tahun 2018 ini. Butuh waktu sekitar 5 bulan dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya LPDP sudah mengumukan jadwal seleksi per Januari atau setiap awal tahun, namun tahun 2018 ini LPDP mengumumkan jadwal lebih lama dari biasanya.

LPDP
LPDP

Pada tanggal 3 Mei 2018, LPDP akhirnya mengumumkan bahwa seleksi beasiswa LPDP 2018 telah dibuka. Program Beasiswa yang dibuka ialah Program Beasiswa Reguler, Beasiswa Dokter Spesialis, dan Beasiswa Afirmasi (kecuali Beasiswa Santri, BIT, dan BUDI) untuk dalam negeri. Sementara untuk tujuan luar negeri LPDP membuka Program Beasiswa Reguler, dan semua Beasiswa Afirmasi (untuk Beasiswa Afirmasi Santri, perguruan tinggi tujuan dalam negeri dan luar negeri).

Menariknya, periode pendaftaran beasiswa ini hanya dibuka dua gelombang. Gelombang pertama ialah untuk tujuan dalam negeri dan gelombang kedua untuk tujuan luar negeri. Untuk waktu pendaftaran beasiswa tujuan dalam negeri terbilang sangat singkat dari sebelumnya, yakni hanya satu bulan, sementara untuk tujuan luar negeri dibuka lebih panjang, yakni selama 1 bulan 20 hari.

LPDP Buka Lagi! Yuk Buruan Daftar!
Sumber: Ican-education

Saat ini banyak sekali pemburu beasiswa yang mulai bertanya-tanya mengenai kelengkapan berkas yang harus dipenuhi, namun sayangnya sampai saat ini laman resmi LPDP belum dapat diakses karena masih dalam tahap perawatan. Kabarnya laman resmi LPDP baru dapat diakses per tanggal 7 Mei 2018. Di sisi lain, LPDP juga memberikan kejutan baru untuk proses seleksi, di mana ada tambahan atau modifikasi seleksi terbaru. Setiap pelamar harus melewati tahapan Seleksi berbasis computer, yang dulunya bernama tes online assessment.

Apakah kamu sudah siap menghadapi seleksi beasiswa LPDP 2018? Jika kamu merasa memerlukan informasi tambahan, jangan lupa untuk membaca AkuPaham karena di sini banyak sekali berita yang mengulas mengenai beasiswa LPDP dan informasi menarik lainnya. Selamat berjuang dalam seleksi beasiswa LPDP 2018!

Tags

Darwin Nursams

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close