PopulerTraveling

Mulai Dari yang Kecil Untuk Kepedulian yang Lebih Besar

Cerita ocLean Indonesia dan lalalaway dalam beraksi untuk menciptakan laut yang lebih indah.

Pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa listrik, dan tanpa sinyal? Tentu saja rasanya resah, gelisah, galau, dan marah. Apalagi sinyal tidak ada saat kita ingin memesan ojek online, atau listrik padam saat kita hendak men-charger laptop untuk mengerjakan tugas. Di zaman yang serba canggih ini sebagian besar manusia hidup bersama dengan gadget mereka, hingga menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Jika dulu, sebelum ada smartphone, saat bertemu dengan teman lama, kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu kamu untuk berbincang. Namun, saat ini kamu atau teman kamu kerap kali kehilangan bahan obrolan, yang membuat kamu dan mereka lalu sibuk dengan smartphone kalian sendiri.

Di era digital ini banyak orang yang merasa bahwa mereka lebih banyak hidup di dunia maya dari pada dunia nyata. Apakah kamu salah satunya? Lalu pernahkah kamu membayangkan, mungkin saja hidup tanpa smartphone atau sinyal tidaklah seburuk itu? Apalagi di hari-hari tanpa sinyal itu kamu ditemani oleh teman-teman yang asyik? Kamu juga melakukan hal yang membuat kamu relaks? Inilah kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman dari ocLean Indonesia. Kegiatan ini didalangi oleh Ricky Isnanto yang membawa beberapa grup orang untuk membersihkan laut. Sebagai gantinya Ricky mengatur paket perjalanan yang tidak biasa dan menyenangkan untuk mereka. Mulai dari hiking, selancar, berkemah, snorkeling, diving dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. Ditambah dengan pengalaman menarik dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Peserta dari kegiatan ini datang dari berbagai negara dan tentunya orang asli Indonesia. Tujuan masyarakat lokal diikutsertakan dalam kegiatan ini adalah memberi gambaran kepada mereka bagaimana keadaan alam Indonesia saat ini. Bukan hanya itu, Ricky memberikan fasilitas untuk masyarakat lokal memperbaiki bahasa Inggris mereka, dan belajar berkomunikasi. Karena ada saja orang asing yang peduli dengan alam Indonesia yang ikut serta acara ini, dan ini membuat kesempatan bagi masyarakat lokal belajar.

ocLean Indonesia
ocLean Indonesia

ocLean Indonesia didirikan atas dasar kepedulian terhadap laut Indonesia. Tentu kamu sudah tahu bukan, bahwa Indonesia beberapa waktu lalu menjadi sorotan dunia dikarenakan video wisatawan yang berenang di dalam lautan penuh sampah. Tentu Indonesia tidak ingin bertahan dengan gelar seperti ini bukan? Maka pada kesempatan yang baik ini, lalalaway juga tidak mau kalah untuk ambil bagian. Audrey Marc yaitu Co-Founder dari lalalaway bergabung bersama teman-teman ocLean Indonesia untuk mewujudkan pantai Indonesia yang lebih indah dan bersih tanpa sampah. Pada tanggal 7 dan 8 April mereka berkemah di Ujung Kulon, dan hidup tanpa sinyal dan tanpa listrik. Walau terasa aneh, karena biasa hidup sembari berkomunikasi lewat gadget, Audrey tetap menikmati kegiatan ini, karena pengalaman berharga yang ia dapatkan.

Lalu dari mana sampah-sampah yang mereka kumpulkan di laut? Sampah-sampah ini bisa berasal dari mana saja. Misalnya, tanpa kita sadari sampah-sampah yang dari truk sampah yang dibawa ke Bekasi, beberapa di antaranya melayang lalu jatuh ke laut seperti sampah plastik yang memang mudah terbang. Sampah ini terakumulasi selama setahun karena kejadian sampah jatuh ke laut ini tidak ditangani dengan benar. Apalagi untuk negara seluas Indonesia, masih banyak penjuru negeri yang tidak memiliki management sampah yang baik. Dari data Kementrian Lingkungan hidup bahwa 52% daerah di Bali dan Nusa Tenggara tidak memiliki management sampah, sama halnya dengan daerah Sumatra. Lalu Kalimantan dengan 53%, Jawa 41% dan Sulawesi, Maluku, dan Papua 32%.

ocLean Indonesia
ocLean Indonesia

Menurut Ricky jumlah ini terlalu banyak, karenanya Ricky berencana memperluas Jangkauan ocLean Indonesia. Ia telah membeli tanah di daerah Carita, yang akan dibangun menjadi tempat di mana orang-orang bisa melakukan Yoga, berenang atau sekedar refleksi dan relaksasi diri dan pikiran. Ia juga berkata bahwa ia akan segera membuat kapal kayu yang lebih besar, sehingga bisa membawa lebih banyak orang. Setelah ini keuntungan yang dimiliki oleh #ocLean akan dibagi menjadi tiga bagian. Dua bagian untuk pembangunan retreat, dan kolam renang, dan satu lagi akan digunakan untuk memfasilitasi anak-anak yang terjangkit HIV, supaya mereka dapat menikmati perjalanan mereka sendiri.

Nah itu tadi aksi dari ocLean Indonesia untuk membuat laut kita jadi lebih cantik, beserta lalalaway yang juga ambil bagian dan didukung teman-teman lainnya. lalu bagaimana dengan kamu, apa yang sudah kamu lakukan sebagai bentuk kepedulian kamu terhadap lingkungan? Yuk, mulai dari yang paling sederhana, yaitu buanglah sampah pada tempatnya dan bagi kamu yang tertarik dan ingin bergabung bersama ocLean Indonesia, kamu dapat follow akun instagramnya di @oclean_indonesia.

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close