Bisnis

Bitcoin Gagal Lampaui Harga $10.000 setelah Kritik Pedas Bill Gates dan Warren Buffett

AkuPaham – Harga Bicoin merosot hingga 9,188.66 USD setelah naik hingga mencapai 9,900 di akhir minggu sebelumnya setelah kritik pedas dari beberapa Miliarder dunia. Di bulan lalu, harga Bintcoin cukup yaitu 6,700 USD, lalu merangkak naik dengan cepat walau tidak dapat menembus angka 10,000 USD.

CEO dan Pimpinan dari Berksire Hethaway, Warren Buffett mengatakan kritikannya tentang Bitcoin melalui CNBC “aset itu sendiri tidak menghasilkan apapun.” Dia juga menambahkan “Ketika kamu membeli aset yang tidak produktif, yang kamu andalkan hanyalah orang yang membeli setelah kamu akan membayar lebih karena mereka bersemangat tentang orang berikutnya yang akan datang.” Pendapat ini dia sampaikan di acara “Squawk Box” dari Omaha, setelah rapat tahunan pemegang saham Berkshire.

Bitcoin Gagal Lampaui Harga $10.000 setelah Kritik Pedas Bill Gates dan Warren Buffett.
Warren Buffett. Sumber: CNBC

Selama akhir pekan, Warren Buffett memanggil Bitcoin sebagai “mungkin cocok disebut racun tikus,” sementara Pemimpin lain Berkshire yaitu Charlie Munger mengatakan saat rapat tahunan bahwa perdagangan cryptocurrencies adalah “demensia semata.”

Pada wawancara yang sama co-founder dari Microsoft, Bill Gates mengatakan kepada CNBC bahwa dia akan menentang Bitcoin jika dia bisa. “Sebagai sebuah kelas aset, kamu tidak memproduksi apapun, dan kamu tidak seharusnya berharap itu (Bitcoin) akan naik. Ini adalah murni ‘teori kebodohan yang besar’ macam dari inverstasi,” ungkap Gates. “Saya akan mencekaknya jika ada satu jalan mudah untuk melakukannya.”

Bitcoin Gagal Lampaui Harga $10.000 setelah Kritik Pedas Bill Gates dan Warren Buffett.
Bill Gates. Sumber: Fortune

Pertemuan Komisi Sekuritas dan bursa Amerika Serikat (SEC) dan Komisi Komoditas Perdagangan Masa depan (CFTC) pada hari senin bisa juga memberikan dampak buruk pada harga bitcoin. “Saya pikir komentar Warren dan Bill bisa berdampak (pada harga bitcoin) tetapi saya pikir faktor lebih besar yang hari ini bermain adalah peraturan,” ungkap Spencer Bogart, partner di Blockchain Capital. Dia juga mengatakan “beberapa partisipan pasar mengkhawatirkan SEC akan mengeluarkan komentar negatif yang bisa didengar pada hari senin.”

Minggu lalu kelompok yang membuat peraturan termasuk para senior SEC dan CFTC secara resmi menjadwalkan untuk berdiskusi apakah hukum sekuritas seharusnya diaplikasikan pada cryptocurrencies termasuk Ether, cryptocurrency terbesar kedua.

“Ketika Bitcoin berada di bawah penyelidikan ketat, konsekuensi dari pertemuan ini bisa saja mempengaruhi seluruh pasar global crypto,” Ungkap Joe DiPasquale, CEO dari BitBull Capital. “Keraguan yang kita lihat saat ini dapat dengan mudah dipecahkan, dan mengarah pada permainan yang segar, sebaiknya nada yang diinginkan ditetapkan oleh para pejabat yang hadir.”

Cryptocurrency lainnya juga mengalami penurunan penjualan pada hari senin. Ether turun dengan cepat sebanyak 7 persen, sedangkan Ripple dan Litecoin turun hingga 5 persen.

Sumber: CNBC

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close