Kesehatan

Sering Mengalami Ketindihan? Pembahasan Berikut akan Mengupas Tuntas Secara Mendetail

Ketindihan – Dalam hal tidur tidak jarang orang yang mengalami gangguan pada tidurnya. Gangguan pada tidur terjadi karena berbagai hal, bisa karena pola hidup yang tidak sehat, tidur yang tidak teratur atau bisa juga karena adanya faktor yang lainnya. Dan di sini akan menjelaskan hal mengenai gangguan tidur seperti tindihan yang sering di alami oleh sebagian orang.

Dalam dunia medis, tindihan disebut sebagai sleep paralysis. Saya yakin bahwa setiap orang tentu pernah mengalami gangguan tidur yang satu ini. Yang mana pada saat tindihan, tubuh seakan-akan menjadi seperti patung yang tidak dapat digerakkan sama sekali, yang mana seakan-akan kita berteriak meminta tolong, akan tetapi ternyata tidak satu pun orang yang mendengarnya. Tindihan terjadi hanya beberapa detik atau menit saja.

Menurut dunia kesehatan, tindihan terjadi dikarenakan otak kita sudah siap untuk bekerja, akan tetapi tubuh kita belum siap untuk bekerja. Ketidaksiapan pada tubuh tersebut terjadi karena kurangnya tidur atau istirahat atau bisa juga disebabkan karena tidak teraturnya pola hidup manusia, yang mana pada saat tindihan akan mengalami kelumpuhan sementara. Tentu hal ini akan menjadikan orang yang mengalami tindihan akan merasakan ketakutan yang luar biasa.

Adapun beberapa penyebab dari tindihan yang sering mengganggu tidur manusia, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Kelelahan

    Apabila tubuh manusia merasa lelah, maka otak tidak dapat mengalirkan darah. Hal inilah yang menjadikan terjadinya tindihan.

  2. Kurangnya tidur

    Luangkan waktu untuk istirahat sejenak.

  3. Stress

    Carilah suasana yang baru untuk menghindarkan stress, yang mana dapat menyebabkan tindihan pada tidur Anda.

  4. Pengaruh obat

    Setiap obat yang Anda konsumsi pun juga memiliki efek samping yang mana dapat menyebabkan tidur Anda mengalami gangguan.

Selain penyebab tindihan yang ada di atas, ada pula cara mengatasi gangguan pada tidur Anda, yaitu seperti berikut ini:

  1. Jangan panik

    Dalam hal ini panik adalah hal wajar yang dialami semua orang, akan tetapi ketika Anda mendapatkan gangguan tidur macam ini, maka cobalah untuk tidak panik dan tarik nafas dalam-dalam.

  2. Gerakan tubuh

    Tindihan memang menjadikan kita seakan menjadi lumpuh yang tidak dapat bergerak sama sekali, tetapi berusahalah untuk menggerakkan salah satu anggota tubuh Anda, misalnya pada jari jempol, hal ini berguna agar darah dapat mengalir.

  3. Membuat suara

    Anda dapat mencoba untuk mengeluarkan suara untuk melemaskan leher Anda. Cara ini dapat untuk Anda coba.

Memang untuk dapat terbangun dari tindihan pun tidak lah mudah untuk dilakukan, karena hal ini membutuhkan usaha serta kekuatan pada diri seseorang. Dengan begitu tidak ada salahnya jika Anda mengetahui hal ini untuk Anda pelajari lebih mendalam lagi, agar suatu saat apabila Anda mengalami gangguan tidur macam ini, maka Anda pun dapat mengatasinya dengan baik tanpa merasa panik.

Dalam hal gangguan tidur seperti tindihan memang akan dialami oleh orang yang sedang terlelap dalam tidurnya. Hal ini sering kali terjadi. Namun banyak juga diantara mereka yang takut akan hal ini, sebenarnya gangguan ini dapat untuk Anda hindarkan asalkan beberapa cara pada AkuPaham di atas dapat Anda mengerti dengan baik. Dengan begitu maka Anda pun tidak akan merasa panik lagi pada saat mengalami gangguan tindihan pada tidur Anda.

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. – Rendra Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close