BisnisPopulerSains dan Teknologi

Kerjasama Lippo Group dan Softbank pada Penerapan AI dan IoT dalam Pengembangan Properti

Siapa yang tak kenal Lippo Group, konglomerat properti asal Indonesia yang juga merupakan pemegang saham di unicorn OVO Indonesia dan Investor di raksasa internet Cina Tencent Holdings Ltd.

Pada 28 November 2019 Lippo Karawaci dan Softbank Corp asal Jepang mengumumkan kerjasama untuk mengembangkan dan menerapkan kecerdasan buatan (AI) dan Internet-of-Things (IoT) dalam pengembangan kota-kota dan sistem kesehatan Lippo.

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan bahwa mereka akan menerapkan sistem AI dan IoT mulai dari kuarta pertama tahun 2020, di mana Lippo Village sudah ditetapkan sebagai proyek properti untuk penerapan AI.

Wakil presiden dan kepala strategi bisnis global Softbank Hidebumi Kitahara mengatakan penerapan teknologi IoT di Lippo Village akan melibatkan kluster pintar dan manajemen lalu lintas yang cerdas.

“Softbank akan memanfaatkan wawasan pengembangan teknologinya untuk memperkenalkan teknologi canggih ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh area Lippo Village. Melalui ini, kami bertujuan untuk mengembangkan Lippo Village sebagai model kota pintar di Asia Tenggara,” kata Kitahara saat konferensi pers pada hari Kamis.

Sumber Foto: pixabay.com

Manajemen kluster pintar menggunakan teknologi kamera canggih untuk pengenalan wajah penghuni kendaraan dan juga dapat membaca nomor plat kendaraan warga kota dan mengidentifikasi pengunjung yang tidak dikenal. Sementara itu, manajemen lalu lintas yang cerdas dapat menghitung jumlah kendaraan yang memasuki suatu daerah, sambil dapat mengidentifikasi dan membedakan jenis kendaraan termasuk sepeda motor, mobil, bus, dan truk.

Lippo mengatakan akan menerapkan semua model kota pintar dan sistem manajemen lalu lintas yang cerdas di semua properti Lippo dalam waktu dekat, termasuk proyek megacity Meikarta senilai USD 21 miliar pada kuartal pertama 2020.

Sumber: KrAsia

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close