Pendidikan

Kenapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda?

Meninggal karena kehabisan darah adalah hal yang umum terjadi sebelum ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini. Pemikiran bahwa transfusi darah dapat menyelamatkan hidup telah lama terbersit di kepala para dokter. Pemikiran itu kemudian direalisasikan oleh seorang dokter berkebangsaan Perancis pada tahun 1600an. Dokter ini menyuntikkan darah anak sapi kepada seoarang pasien sakit jiwa. Setelah beberapa saat setelah disuntikkan, pasien tersebut mulai berkeringat, muntah dan mengeluarkan urine berwarna gelap. Setelah satu kali disuntikkan lagi, pasien tersebut meninggal.

Kenapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda?
Pasien yang ditransfusi darah walau golongan darah belum ditemukan- BBC

Percobaan mengenai transfusi darah terus berlanjut dengan menggunakan darah manusia kepada manusia lain pada abad ke 19. Walau demikian, dokter yang berani mencoba prosedur ini hanyalah sedikit, salah satunya dokter Inggris bernama James Blundell. Dokter James kemudian mencoba mentransfusikan darah yang didapat dari beberapa donor kepada seorang pasien. Pasien tersebut merasa lebih baik setelah menerima transfusi, namun ia meninggal dua hari kemudian. Karena kepercayaannya bahwa transfusi darah dapat memberikan manfaat bagi manusia Dokter James terus melakukan percobaan transfusi darah. Total pasien yang ia berikan transfusi darah adalah sepuluh orang, dan empat diantaranya berhasil selamat.

Kenapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda?
Karl Landsteiner, Penemu Golongan darah- El Sol de Mexico

Percobaan dokter James, yang walau beberapa di antaranya berhasil, pun belum sampai pada kesimpulan perbedaan golongan darah. Sampai Karl Landsteiner menemukan bahwa penggumpalan darah hanya terjadi jika mencampurkan darah tertentu. Setelah bekerja dengan mencoba berbagai kombinasi, Karl kemudian menggolongkan darah manusia menjadi A, B, dan C (C lalu diganti menjadi O). Karena penemuannya ini Karl mendapat hadiah Nobel di bidang obat-obatan pada tahun 1930.

Yang membuat golongan darah kita berbeda

Golongan darah kita berbeda dikarenakan kita memiliki antigen yang berbeda. Orang yang memiliki antigen A memiliki golongan darah A, orang yang memiliki antigen B memiliki darah B, orang yang memiliki keduanya memiliki darah AB, dan yang tidak memiliki keduanya kemudian memiliki darah O. Antigen ini berfungsi sebagai tanda pengenal yang juga melindung tubuh dan melawan zat-zat asing yang masuk ke tubuh. Saat darah dari seseorang yang memiliki antigen A masuk ke tubuh orang yang memiliki B, maka darah dengan antigen A ini akan dianggap sebagai zat asing dan akan dilawan oleh antigen B yang ada di tubuh orang yang menerima donor darah.

Kenapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda?
Pemeriksaan golongan darah-Pixabay

Faktanya darah manusia bukan hanya memiliki golongan darah tapi juga Rhesus. Seorang yang memiliki Rhesus tidak dapat memberikan kepada orang yang tidak memiliki Rhesus, karena Rhesus kemudian juga akan dianggap sebagai benda asing dan akan mendapat perlawanan.Selain antigen, jenis protein, glikoprotein dan glikopid yang ditemukan pada sel darah merah juga menentukan golongan darah. Pada umumnya kita mengetahui golongan darah menjadi empat seperti di atas. Tetapi dengan kemajuan ilmu pengetahuan, saat ini para ilmuwan di bidang kedokteran telah menemukan lebih dari 23 sistem kelompok darah dengan ratusan ‘jenis’ yang berbeda. Tipe-tipe antigen dan antibodi yang bereaksi bersama dengan antigen ini kemudian ditemukan karena adanya kasus transfusi yang tidak sesuai.

Nah itu dia pembahasan singkat tentang golongan darah. Jika kamu merasa informasi ini masih terlalu minim ada baiknya kamu membaca buku-buku terkait. Jangan lupa bac artikel lainnya seputar pendidikan di sini ya!

Sumber: Kok-Bisa, BBC, dan  Scientif American

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close