Populer

Hebat! Pusat Penelitian Fisika LIPI Menciptakan Kartu Ucapan Tahun Baru Sebesar Virus Polio

Puspitek Serpong – Menjelang pergantian tahun 2018, para peneliti di Pusat Penelitian Fisika menciptakan inovasi terbaru untuk kartu ucapan tahun baru, biasanya kartu ucapan tahun baru memiliki ukuran hanya sebesar kartu pos, namun kali ini para peneliti menciptakan kartu ucapan tahun baru yang hanya sebesar ukuran virus polio untuk pertama kalinya di Indonesia.

Dr. Eni Sugiarti, M.Eng

Inovasi kartu ucapan tahun baru ini digagas oleh Peneliti Muda Indonesia berbakat yang telah meraih banyak penghargaan baik nasional maupun internasional, yakni Dr. Eni Sugiarti, M.Eng yang merupakan peneliti di laboratorium High Temperature Materials and Coating (HTMC). Untuk menciptakan kartu ucapan tahun baru yang amat kecil, Dr. Eni Sugiarti, M.Eng menggunakan metode ukiran (engraving) di atas material wafer silikon dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan dari tembakan ion galium yang difokuskan. Sementara alat yang digunakan untuk menangkap citra dari bahan tersebut ialah Dual-Beam FIB yang merupakan teknologi satu-satunya yang ada di Indonesia.

Lab. FIB

Saat ditemui oleh AkuPaham di Laboratorium FIB pada Jumat (29/12/2017), Muslim yang merupakan seorang operator alat tersebut, menuturkan bahwa untuk mengambil ukuran sekecil itu, dia harus melakukan trial and error sebanyak 5 kali. Pada awalnya direncanakan akan ditembak pada ukuran yang lebih kecil namun bahan tersebut tidak dapat mencitrakan gambar yang jelas sehingga Muslim menaikkan resolusinya dan berhasil mendapatkan citra gambar yang jelas seperti saat ini. Dia hanya membutuhkan waktu 30 menit dan sekali tembakan untuk menangkap citra yang jelas.

Sebelum ini, National Physical Laboratory (NPL) Inggris, telah membuat kartu ucapan natal terkecil di dunia. Namun kali ini Dr. Eni Sugiarti, M.Eng telah berhasil menciptakan kartu ucapan tahun baru terkecil di Indonesia dan di dunia untuk pertama kalinya. Lantas kejutan apalagi yang akan diciptakan oleh para peneliti berbakat di Indonesia? Kita tunggu kejutannya di tahun 2018 dengan segala inovasi dan pembaharuannya di bidang teknologi.

 

 

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close