BisnisTraveling

Jokowi, Labuan Bajo, dan KTT G20 2023

AKUPAHAM.COM – Presiden Joko “Jokowi” Widodo menaruh harapan besar pada Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dengan mengatakan bahwa pengembangannya harus dipercepat karena ia mengharapkan destinasi pariwisata siap menjadi tuan rumah acara internasional di tahun-tahun mendatang.

Jokowi kembali ke Jakarta pada hari Selasa dari kota Labuan Bajo, pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo yang populer, setelah memulai kunjungan dua hari di mana ia dan beberapa menteri kabinetnya, antara lain, berkumpul untuk membahas pengembangan daerah menjadi tujuan wisata “super premium” untuk memikat lebih banyak pengunjung asing.

“Kita perlu meningkatkan semuanya di sini, termasuk infrastruktur dan lanskap. Ada juga masalah limbah dan masalah air bersih yang harus kita tangani. Kita harus bekerja keras sehingga pada tahun 2021 Kementerian Pariwisata dapat mulai mempromosikan pulau itu,” kata Jokowi seperti dikutip dalam pernyataan yang dirilis oleh Istana Negara, Senin.

Harapan untuk Menjadi Tuan Rumah KTT G20 Tahun 2023

Sumber Foto: ekonomibisnis

“Lebih penting lagi, kami juga ingin menyiapkan Labuan Bajo [untuk menjadi tuan rumah] [KTT] G20 pada 2023 dan KTT ASEAN pada 2023,” katanya, mencatat bahwa pada 2023 Indonesia akan memegang kursi kepresidenan G20 dan kepemimpinan G20 ASEAN.

Selama rapat koordinasi hari Senin, Jokowi juga menyoroti masalah limbah baik di darat maupun di laut.

Mulai bulan Februari, kementerian dan badan harus pergi jauh ke air untuk membersihkan lautan.

Jokowi mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan akan mengembangkan insinerator untuk mengelola sampah yang diambil dari laut dan tempat pembuangan sampah saat ia menyerukan pemerintah daerah untuk mengedukasi penduduk tentang cara mengelola limbah domestik mereka dengan lebih baik. Jokowi juga memerintahkan kementerian untuk meningkatkan kapasitas instalasi pengolahan air yang ada menjadi 100 mililiter per detik dan terus meningkatkan jumlahnya.

Jokowi juga telah meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk mendirikan pembibitan yang dapat menghasilkan sekitar lima hingga tujuh juta pohon per tahun sehingga ekosistem dapat dilestarikan di Labuan Bajo.

Berharap Para Wisatawan Menghabiskan Lebih Banyak Uang dan Tinggal Lebih Lama di Labuan Bajo

Sumber Foto: thejakartapost

“Kami berharap para wisatawan akan menghabiskan lebih banyak uang dan tinggal lebih lama di sini. Ini bukan lagi tentang jumlah wisatawan, tetapi jumlah uang yang mereka habiskan ketika berada di daerah itu,” ujar Jokowi.

Pemerintahan Jokowi menargetkan Labuan Bajo menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas pemerintah sebagai bagian dari upayanya untuk menjadikan industri pariwisata salah satu pendorong baru pertumbuhan ekonomi.

Pada Juli tahun lalu, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk mempercepat pengembangan fasilitas pariwisata di Labuan Bajo untuk menarik lebih banyak pengunjung, termasuk melalui pembangunan Bandara Komodo – dengan terminal yang lebih besar dan landasan yang lebih panjang – untuk mengakomodasi lebih banyak penerbangan internasional ke wilayah.

Jokowi telah menyatakan harapan pada bulan Oktober untuk Labuan Bajo menjadi tujuan wisata “super premium” dan memerintahkan manajemen untuk tidak mencampurkannya dengan tujuan wisata untuk “turis berpenghasilan menengah ke bawah”. Jokowi bahkan meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio untuk menerapkan sistem kuota bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, kota terdekat untuk mengakses Pulau Komodo, tempat tinggal komodo.

Jokowi Membagikan Sertifikat Tanah Kepada Penduduk Sekitar

Sumber Foto: timesindonesia

Sebelum berangkat ke Jakarta, Jokowi membagikan sertifikat tanah kepada penduduk pada Selasa pagi, di mana ia mengatakan kepada mereka bahwa pemerintah berencana untuk meningkatkan Labuan Bajo sehingga dapat menerima lebih banyak kunjungan wisata internasional, yang pada gilirannya diharapkan akan membawa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Karena itu saya meminta [warga] yang tinggal di sekitar Labuan Bajo untuk bersiap-siap. Bersikap ramah kepada wisatawan dan jangan membuang sampah sembarangan; kita perlu kesiapan seperti itu di Labuan Bajo,” tambah Jokowi.

Sumber: The Jakarta Post

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close