Tips dan Trik

Interview Kerja Fresh Graduate dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Fresh graduate tentu belum memiliki pengalaman menghadapi interview kerja, meskipun belum memiliki pengalaman setiap pelamar fresh graduate harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat interview kerja. Umumnya setiap perusahaan akan memanggil 3 sampai 7 kandidat untuk satu posisi pekerjaan yang sedang dibuka, tentu ini menjadi kesempatan baik bagi pelamar fresh graduate untuk mendapatkan peluang menjadi karyawan di perusahaan impiannya setelah memenangkan persaingan profil melalui Curriculum Vitae (CV) yang telah dikirimkan ke perusahaan melalui job portal tertentu. Lantas akan banyak pertanyaan di benak pelamar fresh graduate sebelum menghadapi interview kerja, seperti kesiapan diri, pertanyaan apa saja yang akan diajukan oleh recruiter, jawaban yang harus diberikan selama interview, bahkan mungkin warna pakaian apa yang cocok dikenakan. Dari sekian banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi interview kerja, menurut seorang recruiter bernama Timotius Setiawan yang saat ini menjabat sebagai People and System Development Staff di MG Group Indonesia bahwa ada 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum bertatap muka dengan seorang recruiter. Lantas apa saja sih yang harus kamu lakukan?

Timotius Setiawan

5 Hal yang Harus Dilakukan fresh graduate Sebelum Interview Kerja

1. Tepat Waktu

Dari 5 aspek yang harus kamu persiapkan selaku pelamar kerja fresh graduate, ternyata tepat waktu merupakan hal yang paling penting dan wajib dilakukan. Menurut Timotius, ketepatan waktu seorang pelamar fresh graduate saat menghadiri interview kerja adalah cerminan pribadi pelamar yang pertama kali dinilai. Bagi Timotius, pelamar harus datang sekurangnya 10 menit sebelum jadwal interview kerja dan bila pelamar fresh graduate datang terlambat dari jadwal yang sudah disepakati maka biasanya recruiter tidak akan melanjutkan proses rekrutmen ke tahap selanjutnya meskipun kamu selaku pelamar fresh graduate memiliki latar belakang dan pengalaman internship yang cukup baik. Hal ini terjadi karena kamu dianggap tidak menghargai waktu dan kurangnya manajemen waktu secara pribadi. Di sisi lain, datang tepat waktu saat interview kerja telah membuktikan bahwa kamu sangat antusias dan memiliki persiapan yang matang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

2. Penampilan yang Rapi

Tak dapat dipungkiri bahwa penampilan adalah hal yang kita nilai saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Begitupun dengan seorang recruiter ketika menemui calon karyawan sebelum interview kerja. Menurut Timotius, penampilan pelamar fresh graduate yang ideal adalah rapi. Rapi yang berarti pelamar fresh graduate harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan jenis perusahaan yang dilamar. Setidaknya pelamar fresh graduate mengenakan kemeja, celana atau rok bahan, dan sepatu formal. Tak lupa, tata rambut pun harus rapi sesuai dengan gaya rambut si pelamar sehingga tidak mengganggu penampilan pelamar secara keseluruhan. Selain penampilan, kamu pun harus pede ketika menghadapi recruiter karena hal tersebut mencerminkan bahwa kamu adalah seseorang yang optimis.

3. Mengetahui Profil Perusahaan

Setelah ketepatan waktu dan penampilan, kamu juga diharuskan mengetahui profil perusahaan loh. Menurut pengalaman Timotius selama menjadi recruiter, terdapat sekitar 30% pelamar yang tidak mengetahui profil perusahaan yang sedang dilamar. Padahal mengetahui profil perusahaan yang sedang kamu lamar sangatlah penting, karena bagaimana mungkin kamu bisa melamar pekerjaan di perusahaan yang tidak kamu ketahui sama sekali? Timotius menyarankan pelamar untuk mengunjungi laman resmi perusahaan yang dilamar sebelum interview. Hal umum yang harus pelamar ketahui tentang perusahaan adalah jenis bisnis atau jasa yang mereka lakukan dan jenis produk yang dihasilkan. Ini menjadi penting karena ketika recruiter menyampaikan job desk pekerjaan tersebut, si pelamar dapat memahami dengan baik dan dipastikan pelamar menginginkan posisi tersebut dikarenakan merasa cocok dengan jenis pekerjaan dan perusahaannya.

4. Menjaga Etika Komunikasi

Ketika kita berbicara dengan siapapun, nampaknya etika komunikasi selalu menjadi hal yang diperhatikan. Apalagi ketika kamu berbicara dengan seorang recruiter, di mana dia akan menilai bagaimana cara kamu berkomunikasi, seperti cara kamu menyampaikan pendapat tentang suatu hal. Menurut Timotius, saat kamu menyampaikan pendapat kepada seorang recruiter, tataplah mereka karena kamu sedang berkomunikasi secara langsung serta sampaikan pendapatmu tanpa harus memaksakan. Umumnya fresh graduate selalu memaksakan pendapatnya ketika interview kerja padahal dia belum memiliki pengalaman bekerja yang mumpuni. Hal ini menjadi penilaian recruiter untuk mengetahui apakah kamu seseorang yang mendominasi atau cenderung mengikuti arus. Sebaiknya sampaikanlah pendapat dengan gaya khas kamu sendiri dengan penuh percaya diri diiringi gesture tubuh yang pas.

5. Menunjukan Passion

Umumnya pemalamar fresh graduate  masih bingung dengan pilihan karier yang akan dipilih di masa depan. Menurut Timotius, hal ini wajar karena fresh graduate belum memiliki pengalaman yang cukup di dunia professional. Namun bagi Timotius, sangat penting bagi seorang fresh graduate untuk menunjukan passion atau minatnya terhadap jenis pekerjaan tertentu. Menurutnya, passion dapat membantu seorang pelamar fresh graduate untuk lebih giat dalam menekuni pekerjaannya jika diterima kelak. Berbeda dengan pelamar fresh graduate yang aji mumpung atau asal dapat, di mana pelamar hanya mengedepankan kesempatan tanpa berfikir apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan passion-nya atau tidak sehingga jika diterima maka kemungkinan besar akan mempengaruhi performa karena bekerja hanya untuk mencari uang, bukan karena menyukai jenis pekerjaannya. Setiap recruiter dapat menilai setiap pelamar fresh graduate selama interview kerja melalui beberapa pertanyaan. Jadi sebelum melamar pekerjaan, pastikan terlebih dahulu passion kamu.

Dari 5 hal tersebut, tak ada satupun yang boleh kamu lewatkan. Pasalnya itu adalah modal yang harus dimiliki oleh setiap pelamar fresh graduate sebelum menghadapi interview kerja dan jangan lupa untuk mengunjungi AkuPaham, karena banyak sekali artikel tentang strategi melamar kerja dan teknologi. Selamat berburu kerja dan menghadapi interview kerja bagi fresh graduate!

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close