Inspirasi

Apakah Sebuh Rubik dengan Bluetooth diperlukan?

AkuPaham – Rubik dibuat pertama kali pada tahun 1974, dengan berbagai macam varian seperti bentuk, dimensi, ukuran, dan berbagai tingkat kerumitan yang dapat dipikirkan dari sebuah permainan puzzle klasik. Profesor Erno Rubik, seorang profesor dari Budapest, membuat permainan ini untuk membantu para muridnya memahami permasalahan terkait 3 dimensi, hingga kini rubik bisa dikatakan sebagai permainan paling laris di dunia, dan dimainkan oleh berbagai tingkatan usia.

Tentu permainan ini belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh Kickstater untuk dijadikan sebuah ‘alat pintar,’ karena tentu permainan ini tidak perlu. Namun Kickstarter telah meningkatkan tantangan dalam membuat Rubik menjadi sebuah permainan dengan alat pintar yaitu the Go Cube, sebuah rubik dengan Bluetooth.

Walau sebuah Rubik pintar dirasa tidak perlu, namun GoCube bukanlah sepenuhnya ide buruk. Rubik dengan Bluetooth ini dapat tersambung dengan aplikasi yang dapat memberi tahu bagaimana sebuah rubik dapat tersusun dari berbagai sudut, jadi inovasi ini dapat membantu pemula untuk belajar menguraikan dan menyusun kembali rubik tanpa perlu bantuan orang lain. Bukan hanya itu, untuk pemain yang telah cukup mahir, alat ini dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan mereka seperti mencatat perkembangan dari kemampuan pemain dan berlomba dengan teman secara online melalui leaderboard.

Kickstater juga akan membuat versi lebih mahir dari GoCube yaitu the GoCube Edge yang akan menawarkan keakuratan mendeteksi dan mencatat hingga 0.001 detik sedangkan GoCube biasa hanya menawarkan keakuratan 0.25 detik. Bukan hanya itu GoCube Edge juga memiliki statistik lebih lanjut seperti kecepatan rotasi dan kemampuan untuk menyimpan hasil statistik secara offline.

GoCube direncanakan akan dijual dengan harga awal $59 dan $79 untuk GoCube Edge. Walau pun harga ini cukup jauh diatas harga sebuah rubik biasa tanpa Bluetooth, namun bagi para pecinta rubik dan para pemain rubik professional, GoCube dapat dikatakan layak untuk dibeli. GoCube berharap di Maret 2019, keluaran pertama GoCube sudah dapat beredar di pasaran.

Sumber: The Verge| Rubiks

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close