InspirasiPopuler

Inilah Sembilan Perilaku yang Meningkatkan Kebahagiaan Menurut Sains.

Ilmu Pengetahuan Mengungkapkan, Orang yang Lebih Bahagia Memiliki 9 Hal Berikut ini!

Semua orang tentu ingin bahagia, itulah sebabnya mengapa suatu “kebahagiaan” mendapat perhatian serius dalam beberapa tahun terakhir. Peneliti di seluruh dunia telah mulai mempublikasikan laporan tentang faktor-faktor kebahagiaan dan psikologi positif yang berfokus pada apa yang membuat individu dan komunitas berkembang serta merasa lebih bahagia dan sejahtera.

Pada hal ini, kita harus benar-benar mengetahui bagaimana perilaku, sikap, dan pilihan tertentu yang berhubungan dengan kebahagiaan, walaupun kebanyakan penelitian tentang kebahagiaan hanya dapat menemukan korelasi dan faktor kebahagiaan itu sendiri.
Peneliti berpendapat bahwa kira-kira 40% kebahagiaan kita berada di bawah kendali kita sendiri. Sisanya ditentukan oleh genetika dan faktor eksternal, ini berarti ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan kebahagiaan kita sendiri.

Inilah Sembilan Perilaku yang Meningkatkan Kebahagiaan Menurut Sains:

1) Hubungan Sangat Penting

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Sebuah studi besar telah melakukan penelitian dengan mengikuti ratusan pria selama lebih dari 70 tahun, dan menemukan bahwa yang paling bahagia (paling sehat) adalah orang-orang yang membina hubungan yang kuat dengan orang-orang yang mereka percaya untuk mendukung mereka.

2) Waktu Mengalahkan Uang

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang lebih bahagia, biasanya lebih memilih untuk memiliki lebih banyak waktu dalam hidup mereka daripada memiliki lebih banyak uang. Bahkan menjalani hidup dengan pola pikir seperti itu, nampaknya membuat orang lebih puas dengan kehidupannya sendiri tanpa cemas memikirkan materi yang harus dimiliki.

3) Mempunyai Cukup Uang untuk Membayar Tagihan

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Kesejahteraan masyarakat meningkat seiring dengan tingkat pendapatan yang meningkat. (Jumlah pendapatan mungkin bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan biaya hidup kamu). Sehingga pastikan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan pokokmu.

4) Perlu Sesekali Berhenti dari Rutinitas

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Orang yang santai dalam hidupnya untuk merenungkan dan merefleksikan hal-hal baik yang terjadi dalam kehidupan mereka, biasanya merasa lebih puas dengan kehidupan yang sedang mereka jalani. Karena mereka akan sangat bersyukur dengan setiap capaian dalam hidup meskipun tidak begitu signifikan. Intinya tetap hargai dan apresiasi dirimu sendiri.

5) Sebuah Kebaikan Mampu Meningkatkan Mood

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Berikan teman kamu tumpangan ke kantor atau luangkanlah waktumu untuk menjadi seorang relawan dalam kegiatan sosial. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan tindakan seperti itu merasa lebih bahagia dan bersyukur dengan apa-apa yang mereka miliki dalam hidup.

6) Berolahraga adalah Lebih dari Sekedar Membakar Kalori

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Studi terakhir menunjukkan bahwa peningkatan tingkat aktivitas fisik memiliki hubungan yang erat dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Olahraga terbukti mampu membantu mengurangi beberapa gejala penyakit jiwa atau yang berhubungan dengan masalah psikologis.

7) Berpetualang Lebih Berharga daripada Memiliki Barang-barang Mahal dan Branded

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Orang cenderung lebih bahagia jika mereka mengeluarkan uang mereka untuk pengalaman dan petualangan daripada membelanjakan uang mereka untuk membeli barang-barang mahal dan ber-merk. Peneliti juga mengungkapkan bahwa membeli barang-barang yang membantu kamu untuk memiliki pengalaman dari sebuah petualangan, seperti membeli sepatu gunung untuk naik gunung atau membeli buku baru untuk dibaca, juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

8) Fokus untuk Tetap Berada di Masa Sekarang pada Saat ini

Kebahagiaan
Kebahagiaan-iflscience

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang mempraktikkan meditasi mindfulness atau sadar penuh atas hari-hari yang dijalani tanpa mencemaskan masa lalu dan masa depannya, lebih merasakan kebahagiaan yang lebih baik.

9) Menghabiskan Waktu Bersama Teman dengan Baik

Teman
Teman-Pixabay.com

Interaksi dengan teman secara santai bisa membuat orang lebih bahagia, dengan menjalin pertemanan bersama orang yang tepat, terutama dengan orang yang selalu memancarkan aura positif dan kebahagiaan, memiliki efek yang kuat terhadap kebahagiaan kamu sendiri.

Yuk kita praktikan sembian perilaku positif yang dapat membuat kamu semakin bahagia. Jika kamu sudah bahagia, jangan lupa untuk berbagi kepada sesama ya! dan selalu baca AkuPaham sebagai sumber informasi positif sebagai pelengkap bahagiamu.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close