Sains dan TeknologiTips dan Trik

Ini Dia Tips Mengoptimalkan Pemakaian SSD Laptop

SSD atau Solid State Drive adalah salah satu teknologi media penyimpanan terbaru yang sedang naik daun. Berbagai macam keunggulan dari SSD dipaparkan dan dibandingkan dengan media penyimpanan lain, seperti HDD misalnya. Namun dibalik segala kelebihan dan keunggulan yang dimiliki, SSD masih memiliki satu isu yang relatif belum mempunyai solusi jitu.

SSD Laptop Berkualitas

Faktanya, SSD memiliki harga jual yang masih tinggi. Baik itu SSD laptop, PC atau pun eksternal semuanya
memiliki masalah yang sama. Dibandingkan dengan HDD, media penyimpanan SSD bisa memiliki harga hingga lebih dari dua kali lipat harga sebuah HDD untuk kapasitas yang sama. Hal ini menyebabkan pertumbuhan penggunaan SSD dari sisi pengguna masih sedikit. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengguna agar dapat mulai menggunakan SSD. Dengan mengoptimalkan cara pemakaian, sambil berharap harganya kedepan bisa lebih terjangkau, kita bisa mulai menggunakan SSD dari sekarang. Berikut ini tips yang bisa dicoba.

Mengukur Kapasitas Penggunaan

Bisa membeli SSD dengan kapasitas besar adalah hal yang patut disyukuri. Karena bisa jadi orang lain harus berpikir berulang kali sebelum melakukannya. Bagi yang belum bisa melakukan hal tersebut, bisa memulai dengan membeli SSD yang kapasitasnya kecil. Kapasitas yang kecil ini tentunya tidak untuk langsung diisi dengan berbagai file dan data yang berukuran besar dan banyak. Namun lebih kepada pembiasaan penggunaan SSD untuk sehari-hari.

SSD memiliki teknologi yang relatif berbeda dengan HDD. Penggunaan SSD untuk pembiasaan pemakaian harian akan memberikan kita gambaran mengenai plus minus dari media penyimpanan ini. Dari sini kita bisa mulai mengira-ngira kebutuhan dan kapasitas baik untuk SSD laptop atau PC yang sebaiknya dibeli. Sehingga tidak harus mengeluarkan biaya berlebih untuk sebuah media penyimpanan yang memang diakui harganya masih tinggi.

Memisahkan data dan program aplikasi

Diantara cara yang bagus untuk mencoba mengetahui kelebihan SSD adalah dengan menggunakannya untuk mencoba memasang dan menjalankan aplikasi. Dari sini, kita bisa menilai seberapa jauh performa dari SSD jika dibandingkan dengan HDD laptop. Hanya mengisi SSD dengan berkas-berkas dan data bisa jadi kurang begitu bermanfaat, mengingat harga dari SSD yang masih tinggi dan kapasitasnya yang belum begitu lega. Sehingga, daripada membeli SSD laptop dan PC hanya untuk menyimpan data, sebaiknya data tersebut disimpan pada media penyimpanan lain.

Diantara media alternatif untuk menyimpan data yang bisa digunakan hari ini adalah media penyimpanan berbasis cloud . Dengan menyimpan data “di atas awan”, kita bisa fokus menggunakan SSD untuk keperluan pengujian performa maupun menguji kelebihan-kelebihan lainnya.

Menggunakan Hybrid Media

Cara ini adalah di antara alternatif yang masih banyak dilakukan oleh produsen perangkat komputer untuk menekan biaya pemasangan SSD. Hybrid-media yang dimaksud ini adalah memasang SSD dan HDD dalam satu perangkat. Seperti misalnya SSD laptop yang dipasang dengan HDD laptop dalam satu workstation . Cara ini juga bisa dilakukan untuk poin diatas, dimana HDD bisa digunakan untuk menyimpan data dan SSD untuk
menaruh program aplikasi.

Menggunakan media penyimpanan hybrid adalah cara yang masuk akal sambil menunggu harga SSD menjadi lebih ramah bagi mereka yang memiliki kantong pas-pasan. Selain hybrid antara SSD dan HDD, memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud juga bisa ditambahkan lagi sebagai alternatif yang lain.

Diantara cara lain untuk bisa menggunakan SSD agar tidak menghabiskan banyak biaya adalah dengan membeli SSD di Bukalapak. Di Bukalapak kita bisa membeli SSD laptop, speaker komputer dan aksesoris komputer lainnya dengan harga yang terjangkau. Selain harga terjangkau, kita juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan tambahan lainnya yang hanya bisa didapatkan dengan berbelanja di Bukalapak.

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close