Indonesia Dijajah Belanda

Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun? Ternyata Ini Faktanya!

AkuPaham.com – Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun sudah sangat melekat di telinga masyarakat Indonesia. Mengapa tidak? Hal ini dikarenakan pelajaran sejarah yang sejak SD diterima bahwa Indonesia dijajah selama 3.5 abad lamanya oleh Belanda. Hal ini tentunya juga didukung ucapan presiden Soekarno yakni ‘Indonesia dijajah selama 350 tahun’ yang dimana ini adalah kalimat yang ditujukan untuk membangkitkan patriotisme saat masa perang kemerdekaan Indonesia. Ada juga kalimat yang teringat ‘Lebih menderita dijajah Jepang 3.5 tahun daripada dijajah Belanda 3.5 abad’ yang dimana rangkaian angka 3 dan 5 ini sangat mudah diingat dan menjadi pembenaran.

Coba kamu hitung. Jika Indonesia dijajah selama 350 tahun dan dihitung mundur dari Indonesia merdeka tahun 1945, maka artinya Indonesia dijajah Belanda mulai tahun 1595. Apakah benar Indonesia dijajah Belanda pertama kali tahun 1595?

Harus kamu ketahui bahwa pada tahun 1595 yang terjadi bukanlah penjajahan, melainkan Cornelis de Houtman mendarat di Banten untuk kepentingan berdagang dan Cornelis adalah kapten kapal Belanda pertama yang mendarat di Indonesia dan juga tidak membawa tentara. Jika saat itu Cornelis de Houtman melakukan penjajahan, dia akan membawa banyak tentara dan melakukan penguasaan politik. Selain itu, pada tahuun 1595 nama Indonesia belum ada.

Buku Bukan 350 Tahun Dijajah
Buku Bukan 350 Tahun Dijajah

Sebutan nama Indonesia sendiri ada setelah 255 tahun Cornelis de Houtman mengunjungi Indonesia. Pertama kali didefinisikan tahun 1850 oleh seorang etnolog Inggris James Richardson Logan yang kemudian dipopulerkan oleh Adolf Bastian.

VOC Menjajah Pada Tahun 1960

Pasti di telinga kamu sudah tidak aneh dengan kata VOC. VOC ini mulai menjajah beberapa wilayah di nusantara mulai tahun 1610. VOC ini membangun benteng, melakukan monopoli perdagangan, dan menunjuk gubernur Jendral Hindia Belanda. Tetapi pernyataan bahwa Belanda menjajah sejak tahun 1610 juga salah karena pada tahun 1610 belum ada Indonesia dan juga VOC ini merupakan kongsi dagang atau kumpeni. Beberapa wilayah nusantara yang resmi menjadi koloni Belanda setelah VOC bangkrut yang disebabkan oleh korupsi. Sejak tahun 1796, Pieter Gerardus yang menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda menjadi perwakilan Kerajaan Belanda.

Vereenigde Oostindische Compagnie Perusahaan Hindia Timur Belanda

Saat itupun Belanda tidak pernah menguasai dan menjajah wilayah Indonesia sepenuhnya. Wilayah koloni yang dikenal sebagai Hindia Belanda tidak bersifat permanen dalam jangka panjang dan bukan sepenuhnya menguasai semua teritori Indonesia. Misalnya Bengkulu yang dulunya dikuasai Inggris dan Malaka dikuasai Belanda dan kemudian mereka saling bertukar.

Nah, Jadi Kapan Belanda Menjajah Indonesia? Berapa Lama Indonesia Dijajah Belanda?

Indonesia menjadi identitas politik dan wilayah hukum pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan disahkannya UUD 1945. Oleh karena itu, Indonesia dijajah Belanda dari tanggal tersebut hingga 27 September 1949 dengan melalui perjuangan diplomasi yang berat, Belanda kemudian menyerah pada kedaulatan. Hal ini berarti bahwa Kerajaan Belanda menjajah Indonesia selama 4 tahunan dan Papua masih dijajah hingga bendera Belanda diturunkan hingga tahun 1962.

Selain itu, tidak semua wilayah di Indonesia yang dijajah Belanda hingga lebih dari 300 tahun. Beberapa kerajaan di Indonesia baru bisa ditaklukkan oleh Belanda pada tahun 1900an, yang pertama adalah Kota Jayakarta pada 30 Mei 1619 yang kemudian diganti namanya menjadi Batavia. Kemudian pulau Banda di Maluku diserang Belanda dan para pemimpin Banda dibunuh dan banyak rakyat Banda yang dibawa ke Batavia untuk dijual dan dijadikan budak.

Sebenarnya persoalan mengenai berapa tahun dijajah dan bangsa apa yang menajah Indonesia tidak seberapa penting jka dibandingkan dengan soal kemanusiaan, perbudakan, penindasan, diskriminasi, rasisme, feodalisme, dan pelanggaran HAM yang terjadi selama masa kolonisasi dan berlangsung selama ratusan tahun.

Seharusnya kita harus lebih cermat dengan pertanyaan apakah masih ada rasisme, penindasan, perbudakan di kehidupan saat ini di Indonesia. Apakah masih ada kecurangan dan persaingan tidak sehat di Indonesia saat ini? Apakah ada kekerasan untuk memenangkan kepentingan segelintir orang? Apakah korupsi di Indonesia masih merajalela seperti era VOC?

Kini sudah tidak relevan lagi melihat penjajah sebagai bangsa asing yang ingin menguasai suatu wilayah karena penguasa sendiri bisa menjajah rakyat dan bangsanya sendiri di tanah mereka sendiri. Suatu bangsa juga bisa mengirimkan tetangganya sendiri ke negera yang jauh dan kemudian dieksploitasi. Jadi pertanyaannya bukan lagi berapa tahun kita dijajah? Tetapi berapa ribu tahun kedepan kita akan membuka gerbang kemerdekaan jauh lebih lebar! Semoga Bermanfaat. Jangan lupa kunjungin AkuPaham ya untuk info-info menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *