Pendidikan

Hukum Newton: Hukum Dasar Fisika yang Berusia 350 Tahun

Hukum Newton – Kita semua pasti sudah tidak asing dengan salah seorang ilmuwan paling berpengaruh dan populer di dunia. Sir Isaac Newton adalah fisikawan sekaligus matematikawan inggris yang sangat terkenal dengan penemuan pentingnya di bidang sains. Pada 1666, Sir Isaac Newton mengembangkan teori gravitasi ketika ia baru berusia 23 tahun. Kemudian pada 1686, ia menjelaskan tiga hukum gerak Newton di dalam bukunya yang berjudul “Principia Mathematica Philosophiae Naturalis”. bahwa ia pertama mempelajari tentang efek gravitasi setelah melihat apel jatuh dari pohonnya. Kenapa apel bisa jatuh, dan apa yang menentukan kecepatan apel saat jatuh? dipercaya bahwa kejadian ini memacu rasa keingintahuannya untuk mengamati bintang dan planer diatas tanpa jatuh ke tanah yang menyebabkannya mengembangkan hukum gerak.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai penemuannya yang lain yang tidak kalah penting bagi dunia sains di bidang dinamika yaitu Hukum Newton.

Hukum Newton
Hukum Newton

 

Hukum Newton

Pasti kamu yang anak IPA sudah tidak asing mendengar nama hukum ini. Ya, Hukum Newton merupakan hukum dasar dari fisika khususnya bidang mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara resultan gaya pada suatu benda beserta gerak yang disebabkan olehnya.

Hukum Newton 1

Hukum Newton 1
Hukum Newton 1

Hukum Newton pertama mengatakan bahwa suatu benda cenderung untuk mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya. Oleh karena itu, hukum Newton 1 berlaku untuk beda diam maupun benda bergerak lurus beraturan.

Contoh Soal dan Pembahasan Hukum Newton 1

 

Hukum Newton 2

Hukum Newton 2
Hukum Newton 2

Hukum Newton 1 berkaitan dengan gerak benda saat resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol. Sehingga kecepatan benda tetap atau dengan kata lain benda mengalami gerak lurus beraturan.

Hukum Newton 2 berbeda dengan Hukum Newton pertama karena pada benda bekerja gaya yang resultannya tidak sama dengan nol atau bisa kita bisa mengatakan bahwa benda mengalami percepatan. Kaitan antara percepatan dan resultant gaya itulah yang berhasil ditemukan hubungannya oleh Isaac Newton dalam Hukum Newton 2.

Contoh Soal dan Pembahasan Hukum Newton 2

 

Hukum Newton 3

Hukum Newton 3
Hukum Newton 3

Hukum 3 Newton mengatakan bahwa untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar, tetapi berlawanan arah. Jika A memberikan gaya pada B, maka B akan memberikan gaya pada A, yang besarnya sama namun berlawanan arah.

Contoh Soal dan Pembahasan Hukum Newton 3

 

Mengapa Penemuan Newton Sangat Penting?

Kita menggunakan hukum newton untuk menjelaskan berbagai jenis gerak dan reaksi baik di bumi maupun luar angkasa. Penemuan Newton sangatlah penting karena dapat membantu mendefinisikan hukum fisika dan berkontribusi pada pengembangan di berbagai teknologi modern seperti pesawat udara dan pengembangan roket dan pesawat luar angkasa. Penemuan hukum newton telah diterapkan oleh fisikawan lebih dari 300 tahun lamanya, dan menjadi studi teori utama pada fisika modern.

Tags

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline