Sains dan Teknologi

Facebook Memberitahukan 14 Juta Orang Tentang Serangan ‘Bug’

AkuPaham – Dua hari lalu Facebook mengatakan bahwa mereka telah menginformasikan kepada 14 juta pengguna Facebook tentang pengguna yang mungkin saja secara tidak sengaja membagikan post secara publik dikarenakan ‘bug.’

Perusahaan mengungkapkan bahwa bug yang  ada dari bulan lalu ini, mengubah pengaturan ‘disarankan’ dibagikan di beberapa post pengguna menjadi pengaturan ‘publik.’ Pada umumnya Facebook mengatur saran untuk dibagikan berdasarkan pengaturan pengguna dan aktivitas sebelumnya. Tetapi dalam kasus kali ini sebuah kesalahan software menyebabkan pengaturan awal diatur menjadi publik, terlepas dari apapun pengguna yang sebelumnya telah memilih untuk membagikan kepada sebuah kelompok kecil orang.

Facebook Memberitahukan 14 Juta Orang Tentang Serangan ‘Bug’
Pemberitahuan dari Facebook – The Verge

Facebook mengatakan bahwa bug ini yang aktif dari tanggal 18 Mei hingga 27 Mei. Walau pun perusahaan telah berhasil untuk menghentikan kesalahan ini pada tanggal 22 Mei, namun mereka belum berhasil mengembalikan post ke pengaturan sebelumnya hingga lima hari kemudian. Saat ini perusahaan tengah mengirimkan pemberitahuan kepada 14 juta pengguna yang terkena dampak dan memberitahukan bahwa post mereka telah dikembalikan ke pengaturan sebelumnya.

Pemberitahuan ini adalah permasalahan terakhir dari serangkaian kesalahan privasi yang membuntuti Facebook sejak skandal Cambridge Analytica. Sebelum pengumuman ini, perusahaan telah menangkis pertanyaan dari publik dan para pembuat peraturan, tentang bagaimana dia berbagi data dengan para pembuat perangkat.

“Kami telah menyelesaikan masalah ini dan mulai hari ini kami akan memberitahukan setiap orang yang terkena dampak dan meminta mereka untuk memeriksa kembali post yang mereka bagikan saat itu,” ungkap Kepala Urusan Privasi Facebook Erin Egan dalam sebuah pernyataan. “Lebih jelasnya, bug ini tidak berdampak apapun pada apa yang telah pengguna post sebelumnya dan mereka tetap bisa memilih kepada siapa mereka berbagi seperti biasa. Kami meminta maaf atas kesalahan ini,” tambah Eric.

Sumber: The Verge

Tags

Azmi Umaymah

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close